pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Struktur dan Ciri-Ciri Teks Ceramah | Materi Bahasa Indonesia Kelas XI

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Struktur dan Ciri-Ciri Teks Ceramah | Materi Bahasa Indonesia Kelas XI image

Dalam kehidupan sehari-hari, Sobat Pijar tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah ceramah, bukan? Ceramah atau khotbah merupakan aktivitas berbicara di depan banyak orang untuk menyampaikan informasi atau gagasan. Lalu, apa itu ceramah dan ciri ciri teks ceramah


Teks ceramah biasanya berisi gagasan atau informasi yang bertujuan untuk mempersuasi atau membujuk orang lain atau pendengar. Untuk mengetahui pengertian, ciri-ciri, dan contoh teks ceramah beserta strukturnya, berikut ulasan selengkapnya. 


Baca Juga: Teks Resensi : Pengertian, Objek, Tujuan, Fungsi, dan Struktur


Pengertian Teks Ceramah

Teks ceramah bisa diartikan sebagai teks yang berisi informasi atau gagasan dari seseorang yang disampaikan di hadapan banyak orang. Teks ceramah biasanya mengacu pada kegiatan keagamaan untuk menyebarkan syiar atau ajaran agama. 


Teks ceramah juga memiliki perbedaan dengan sambutan yang hanya dibawakan sebagai pembuka atau pengantar dari suatu kegiatan. Salah satu ciri ciri teks ceramah yaitu adanya fokus pembicaraan yang disampaikan seperti ajaran agama, nasihat, kisah tokoh agama, dan lain-lain. 


Ada beberapa unsur yang terdapat di dalam kegiatan ceramah antara lain penceramah, pendengar, materi, metode ceramah, dan media yang digunakan dalam berceramah. 


Struktur Teks Ceramah

Dalam penulisannya, teks ceramah harus dibuat sesuai struktur yang berlaku. Hal ini bertujuan agar pendengar atau pembaca bisa memahami dengan mudah isi dari teks ceramah. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai struktur teks ceramah. 


Pendahuluan

Bagian pendahuluan pada teks ceramah terdiri dari pembuka dan pengantar. Pada bagian pembuka, terdapat salam pembuka dan dilanjutkan dengan ucapan penghormatan dan ucapan syukur. 


Setelah pembuka, dilanjutkan dengan pengantar di mana penceramah akan memperkenalkan topik yang akan dibahas. Agar lebih mudah dipahami para pendengar, bagian ini biasanya menggunakan berita faktual yang berhubungan dengan topik yang dibahas di dalam teks ceramah. 


Isi 

Bagian isi pada teks ceramah terdiri dari inti dan gagasan. Pada bagian inti terdapat pemaparan informasi secara umum dan pengilustrasian materi yang disampaikan oleh penceramah. Bagian selanjutnya dari struktur isi dalam teks ceramah yaitu bagian gagasan. 


Pada bagian ini, penceramah akan menyampaikan ide dan gagasan menurut pandangannya. Isi ceramah yang baik biasanya akan membahas satu gagasan besar yang dikembangkan menjadi beberapa sub topik tertentu. 


Penutup

Struktur teks ceramah yang terakhir yaitu bagian penutup. Pada bagian ini terdiri dari kesimpulan, permohonan maaf, dan salam penutup. 


Ciri ciri Teks Ceramah

Berbeda dari teks pidato dan teks sambutan, ciri ciri teks ceramah terletak pada isi gagasan yang dibahas dan strukturnya. Berikut ini ciri ciri atau karakteristik dari teks ceramah.

  • Teks ceramah dilakukan dalam aktivitas belajar mengajar klasikal di mana kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama di dalam ruang atau kelas. 
  • Teks ceramah digunakan untuk menunjukkan keterampilan dalam mengolah bahasa dan berbicara satu arah di depan audience.
  • Teks ceramah disampaikan secara individu di mana pembicara akan menyampaikan materi atau gagasannya di depan para pendengar.  
  • Teks ceramah termasuk dalam kegiatan pasif reseptif yang bersifat terbuka dan tanggap terhadap pendapat atau gagasan orang lain. 


Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Setelah mengetahui ciri ciri teks ceramah, dalam penulisannya teks ini juga menggunakan kaidah kebahasaan tertentu yang membedakannya dengan jenis teks lain seperti teks pidato atau sambutan. 


Karena kegiatan ceramah ini sering dilakukan secara berulang, ciri ciri kebahasaan yang digunakan di dalam penulisan teks ceramah terbilang sederhana. Nah, berikut ini kaidah kebahasaan yang digunakan pada teks ceramah. 

  • Menggunakan kata ganti orang pertama tunggal seperti saya, aku, atau hamba dan kata ganti orang kedua jamak seperti kalian sebagai kata sapaan. 
  • Menggunakan kata-kata teknis atau istilah tertentu yang berhubungan dengan topik yang disampaikan kepada audience. Contoh kata teknis yang digunakan di dalam teks ceramah antara lain tata krama, etika berbahasa, eufemistis, sarkastis, dan lain-lain.
  • Menggunakan konjungsi atau kata hubung yang menunjukkan argumentasi atau hubungan sebab dan akibat seperti oleh karena itu, oleh sebab itu, karena, dan lain-lain.
  • Menggunakan kata yang menunjukkan hubungan temporal atau perbandingan seperti sebaliknya, kemudian, setelah itu, namun, dan lain-lain. 
  • Menggunakan kata kerja mental untuk menunjukkan atau mengekspresikan perasaan, sikap, atau respons seseorang seperti mengharapkan, mengagumkan, berpendapat, menduga, menyimpulkan, berasumsi, dan lain-lain.
  • Menggunakan kata persuasif yang bertujuan untuk mengajak atau membujuk seperti marilah, hendaklah, sebaiknya, seharusnya, dan lain-lain.  



Contoh Teks Ceramah

Setelah mengetahui struktur dan ciri ciri teks ceramah, Sobat Pijar tentunya makin paham mengenai teks ceramah, bukan? Untuk memudahkan dalam memahami dan membuatnya, berikut ini contoh teks ceramah tentang kesehatan beserta strukturnya. 


Pembuka 

Assalamualaikum wr. wb.


Yang terhormat Bapak Sukirjo selaku Takmir Masjid Nurul Huda. 

Yang terhormat pengurus masjid beserta hadirin sekalian. 


Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah, dan karunia-Nya kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul pada pagi hari ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun. 


Pada kesempatan ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan ceramah secara singkat mengenai pentingnya istirahat yang cukup untuk kesehatan tubuh. 


Begadang mungkin menjadi salah satu kebiasaan yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Kebiasaan begadang saat menyelesaikan pekerjaan atau tugas ini ternyata memberikan dapat buruk bagi kesehatan. 


Satu dua kali, kebiasaan begadang ini mungkin tidak menjadi masalah yang berarti. Namun, tahukah Saudara, jika dilakukan secara terus-menerus, kebiasaan begadang ini akan mengganggu waktu tidur? Kebiasaan buruk ini juga bisa menyebabkan beberapa masalah atau gangguan kesehatan. 


Isi

Kebiasaan begadang atau jam tidur yang tidak normal ini bisa disebabkan karena beberapa hal seperti tuntutan pekerjaan, penggunaan gadget sebelum tidur, kebiasaan minum kopi di malam hari, dan interaksi yang dilakukan hingga larut malam seperti nongkrong. 


Padahal, orang dewasa idealnya memerlukan waktu istirahat atau waktu tidur malam sekitar 6 – 8 jam. Apabila kebutuhan tidur tidak terpenuhi dengan baik, maka akan berdampak pada produktivitas sehari-hari yang membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah. 


Kurangnya waktu tidur juga dapat menyebabkan penurunan konsentrasi secara signifikan. Kurangnya istirahat di malam hari juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga lebih mudah terserang penyakit. 


Dengan menerapkan waktu istirahat yang tepat, Anda akan merasakan dampak positifnya bagi tubuh. Dibandingkan begadang, Anda bisa berangkat tidur lebih cepat dan menggunakan waktu malam hari hingga dini hari untuk berdzikir atau tahajud. 


Penutup

Maka dari itu, sebaiknya kita mulai memperbaiki jam tidur agar tubuh lebih sehat dan bugar. Hindari menggunakan gadget secara berlebihan, terutama pada jam-jam mendekati waktu tidur.  


Mungkin cukup sekian ceramah yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan kata yang kurang berkenan di hati Saudara sekalian dalam penyampaian materi. 


Wassalamualaikum wr. wb. 


_________________________________________________________


Baca juga: Pengertian Teks Drama: Objek, Tujuan, Fungsi, Struktur


Dari ulasan di atas, Sobat Pijar bisa menyimpulkan bahwa teks ceramah merupakan teks yang berisi gagasan atau informasi untuk mempersuasi atau mengajak orang lain. Dengan mengetahui struktur dan ciri ciri teks ceramah, maka memudahkan Sobat Pijar dalam menulis teks ceramah, bukan?


Pelajari lebih lengkap seputar teks kebahasaan dan materi Bahasa Indonesia lainnya di Pijar Belajar! Melalui Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses berbagai konten pembelajaraan kapan pun dan dimana pun. Mulai dari latihan soal sampai video pembahasannya, ada semua deh di Pijar Belajar.


Wah, tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved