pijarbelajar

Universitas

Info Lengkap Seleksi Mandiri IPB

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Info Lengkap Seleksi Mandiri IPB image

Salah satu universitas negeri terkemuka di Indonesia, yaitu Institut Pertanian Bogor atau IPB memiliki jalur masuk lain selain SBMPTN lho, yaitu Seleksi Mandiri. Nah, kalau kamu tertarik untuk daftar seleksi mandiri IPB, simak informasinya di bawah ini ya.


Baca juga: Cek Info Seleksi Mandiri UNY Mulai Dari Jadwal, Persyaratan, Hingga Biayanya

 

Tentang Seleksi Mandiri IPB

Seleksi Mandiri IPB merupakan salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang terbuka untuk seluruh calon mahasiswa. Berbeda dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Seleksi Mandiri IPB dilaksanakan secara mandiri oleh pihak universitas. 


Oleh karena itu, pelaksanaannya biasanya nggak dilaksanakan secara serentak bersamaan dengan kampus lainnya, ya. Namun, pelaksanannya diatur sesuai dengan timeline yang disepakati masing-masing universitas. 


Nah, kalau kamu tertarik mencoba jalur mandiri IPB ini, berikut beberapa kualifikasi calon mahasiswa Program Sarjana IPB. 

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahlian tertentu, sehingga bisa menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya,
  2. Bisa menerapkan ilmu pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan bidang keahlian dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap serta perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama,
  3. Bisa bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri, berkarya di bidang keahliannya maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat,
  4. Bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang merupakan keahliannya.


Persyaratan Seleksi Mandiri IPB

Seperti yang sebelumnya disampaikan, IPB memiliki beberapa ketentuan dan persyaratan dalam pelaksanaannya. Persyaratan seleksi mandiri IPB yang harus dipenuhi peserta adalah melengkapi menyiapkan beberapa dokumen di bawah ini:

  1. Kartu peserta SNBP 2024
  2. Rapor semester 1-5 (lengkap dari bagian biodata sampai ttd kepala sekolah)
  3. Surat Keterangan Lulus Asli (Jika belum ada maka cantumkan surat keterangan kelas XII)
  4. Ijazah Asli (Bagian depan dan belakang jadikan satu file)
  5. Akta kelahiran
  6. Kartu Keluarga (KK)
  7. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  8. Pas foto terbaru (latar belakang merah/putih)
  9. Formulir Kesediaan Menjadi Calon Mahasiswa Baru IPB University ( template terdapat pada halaman https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/Account/Login?ReturnUrl=%2FBiodata )
  10. Formulir Pernyataan Kesanggupan Orang Tua/Wali Membayar Biaya Pendidikan (template terdapat pada halaman https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/Account/Login?ReturnUrl=%2FBiodata )
  11. Formulir Pernyataan Mengikuti Program Pendidikan di IPB (template terdapat pada halaman https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id/Account/Login?ReturnUrl=%2FBiodata )
  12. Kartu BPJS, jika sudah memiliki
  13. Kartu anggota asuransi kesehatan lain yang masih berlaku, jika ada.
  14. Bukti pembayaran tagihan listrik 3 bulan terakhir.
  15. Slip penghasilan orang tua (Upload Surat Penghasilan Total/Slip Gaji bagi pekerja di sektor formal atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW atau Lurah/Kepala Desa setempat bagi pekerja di sektor informal/tidak bekerja)
  16. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk pelamar KIP-K


Biaya Seleksi Mandiri IPB

Tentunya Sobat Pijar penasaran, kan, tentang biaya seleksi mandiri IPB ini. Namun, saat ini belum ada informasi valid tentang besaran biaya seleksi mandiri IPB. Informasi biaya seleksi mandiri IPB ini akan diinformasikan kemudian. 

 

Jadwal Seleksi Mandiri IPB 

Untuk kamu yang ingin ikut seleksi mandiri IPB, simak jadwal pentingnya di bawah ini ya:

  1. Pendaftaran :  22 Februari 2024 – 6 Mei 2024
  2. Pengumuman : 27 Mei 2024
  3. Registrasi online : 27 Mei 2024 – 7 Juni 2024
  4. Periode Pembayaran UKT : 27 Mei 2024 – 7 Juni 2024


_________________________________________________________


Baca juga: Seleksi Mandiri Undip 2024 - Syarat, Biaya, dan Tata Caranya


Nah, itulah informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri IPB. Setelah mengetahui informasi lengkap jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum mengikuti ya. Selain itu, jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri dengan belajar sebaik mungkin menjelang Seleksi Mandiri IPB ya. 


Kalau kamu ingin belajar dengan yang menyenangkan, yuk gunakan Pijar Belajar. Karena di Pijar Belajar, kamu bisa belajar materi-materi seperti Tes Potensi Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, hingga Penalaran Matematika. Lengkap banget, ‘kan? Jadi, tunggu apa lagi unduh Pijar Belajar sekarang dan persiapkan diri menuju kampus impianmu!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved