pijarbelajar

Unggulan

Seleksi Mandiri Undip 2024 - Syarat, Biaya, dan Tata Caranya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Seleksi Mandiri Undip 2024 - Syarat, Biaya, dan Tata Caranya image

Apa Sobat Pijar punya keinginan untuk bisa berkuliah di Universitas Diponegoro? Tahu nggak, kalau Universitas Diponegoro punya jalur masuk selain lewat UTBK-SNBT? 


Yup, betul! Seleksi mandiri UNDIP atau yang biasa dikenal juga dengan istilah tes mandiri UNDIP mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untukmu, lho. Simak informasi lengkap mengenai seleksi mandiri Universitas Diponegoro di bawah ini ya.


Baca juga: Ujian Mandiri UNDIP (Universitas Doponegoro): Persyaratan, Jadwal Seleksi, dan Materi Ujian


Apa itu Ujian Mandiri UNDIP?

Ujian Mandiri Universitas Diponegoro merupakan seleksi secara mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro. Tes ini memiliki dua metode penilaian, yaitu Tes tertulis dan dan Makalah Wawasan Kebangsaan. Jadi, semua peserta yang ingin menjadi mahasiswa Universitas Diponegoro harus mengikuti dan lolos dua seleksi ini ya, Sobat Pijar.


Persyaratan Peserta Seleksi Mandiri Undip 2024

Sebelum mengikuti ujian, pastikan kamu memenuhi syarat untuk menjadi peserta, ya. Berikut beberapa persyaratan peserta seleksi Mandiri Undip 2024, yaitu:


Persyaratan Umum

  1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2021, 2022 dan siswa yang lulus tahun 2023.
  2. Usia pendaftar paling tinggi 22 tahun pada saat mendaftar seleksi mandiri UNDIP.


Persyaratan Khusus

  1. Lulus tes membedakan warna. Program studi yang mensyaratkan tes ini adalah Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Gizi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Peternakan, Teknologi Pangan, Agroekoteknologi, Agribisnis, Fisika, Informatika, Bioteknologi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Akuakultur, Perikanan Tangkap, Ilmu Kelautan, Oseanografi, Teknologi Hasil Perikanan, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi yang akan dibuktikan dengan tes Kesehatan.
  2. Lulus ujian Psikometri untuk program studi Kedokteran, Keperawatan, Farmasi dan Kedokteran Gigi. Ujian akan dilakukan pada saat Registrasi Online calon mahasiswa baru.


Berapa Biaya Masuk UNDIP Jalur Mandiri?

Biaya pendaftaran yang harus dibayar peserta untuk bisa mengikuti seleksi mandiri Undip 2024 adalah Rp. 350.000 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah).


Tata Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri Undip 2024

Beberapa tata cara pendaftaran seleksi mandiri Undip 2024 yang harus dipenuhi siswa, yaitu:

  1. Buat akun di website https://pendaftaran.undip.ac.id/ menggunakan email
  2. Isi data diri, data orang tua, serta Riwayat pendidikan.
  3. Pilih jalur pilihan “UM Sarjana”, dan isi data sesuai dengan form isian. Pastikan pilihan kamu sudah benar. Setelah itu simpan dan dapatkan Nomor Billkey untuk biaya pendaftaran.
  4. Bayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank Jateng, dan Bank BSI). 
  5. Setelah melakukan pembayaran siswa bisa login kembali ke Akun Pendaftaran dengan klik “Lihat Data”
  6. Lakukan refresh browser untuk mengecek status bayar.
  7. Isi makalah Wawasan Kebangsaan.
  8. Upload Berkas dengan format .pdf.
  9. Apabila status bayar telah berubah segera Klik “Cetak Kartu Peserta”. Pastikan data kartu ujian sudah sesuai dan telah tertera jadwal ujian. Peserta yang bisa ikut ujian adalah peserta yang telah melakukan cetak kartu peserta ujian.
  10. Ikut ujian sesuai jadwal dan ketentuan yang tertera pada kartu peserta.


Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Diponegoro: SNBP, SNBT, dan Mandiri


Nah, itulah informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri UNDIP 2024, Sobat Pijar. Setelah mengetahui informasi lengkap, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum mengikutinya ya!


Eits, tentunya kamu perlu mempersiapkan diri dengan belajar sebaik mungkin menjelang Seleksi Mandiri Undip 2024, nih. Jika kamu ingin belajar dengan yang menyenangkan, yuk gunakan aplikasi Pijar Belajar! Kamu bisa belajar materi-materi seperti Tes Potensi Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, hingga Penalaran Matematika. Lengkap banget, ‘kan? 


Jadi, tunggu apa lagi? Yuk unduh Pijar Belajar sekarang dan persiapkan diri menuju kampus impianmu!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved