pijarbelajar

Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan - IPA Kelas 4

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan - IPA Kelas 4 image

Sobat Pijar sudah tahu belum apa itu perkembangbiakan generatif pada tumbuhan? Pada dasarnya, tumbuhan ada yang berkembang biak dengan cara alami (perkawinan) dan ada yang tidak alami atau tidak melalui proses perkawinan. Nah, perkembangbiakan generatif ini termasuk dalam perkembangbiakan alami. Ada yang tahu nggak apa perkembangbiakan generatif pada tumbuhan itu? Yuk, cek pembahasan lengkap tentang perkembangbiakan tumbuhan generatif di bawah ini!


Baca juga: Cara Penyebaran Biji Tumbuhan Berdasarkan Perantaranya


Apa yang Dimaksud dengan Perkembangan Generatif?

Perkembangbiakan pada tumbuhan secara garis besar terbagi menjadi 2, yaitu generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan generatif dan vegetatif pada tumbuhan dibedakan dengan caranya, generatif menggunakan cara alami dengan penyerbukan atau perkawinan, sedangkan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif tidak melalui perkawinan. 


Contoh perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah perkembangbiakan pada tanaman berbunga. Bagian bunga yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan generatif adalah benang sari sebagai alat kelamin jantan, dan putik sebagai alat kelamin wanita. Benang sari letaknya berada di bagian dalam atau inti bunga, sementara putik letaknya ada di atas, cukup jauh dari benang sari. Lalu, bagaimana bisa perkembangbiakan pada tumbuhan berbunga ini terjadi?


Tanaman berbunga umumnya membutuhkan bantuan hewan agar perkawinan terjadi, misalnya kupu-kupu. Saat kupu-kupu menghisap nektar pada bunga, maka kaki kupu-kupu akan bersandar di putik dan benang sari bunga. Dari sinilah putik dan benang sari akhirnya bertemu dan proses penyerbukan pun terjadi. 


Alat Perkembangan Generatif pada Tumbuhan

Dalam penjelasan sebelumnya, kita sudah kenalan dengan alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan, yaitu putik dan benang sari. Letak alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah pada bunga. Putik letaknya di atas, dan benang sari letaknya di bagian bawah bunga. Agar sel kelamin jantan dan betina bisa bertemu, dibutuhkan media lain seperti hewan atau angin. 


Berikut gambar alat perkembangan generatif pada tumbuhan yang bisa kamu simak. 



Ciri-ciri Perkembangan Generatif pada Tumbuhan

Sobat Pijar juga bisa mengenali perkembangan generatif pada tumbuhan dengan melihat ciri-cirinya. Terdapat empat ciri-ciri perkembangan generatif pada tumbuhan. Berikut keempat ciri-cirinya:

  1. Perlu 2 Orang Tua (Jantan & Betina). Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan membutuhkan alat kelamin jantan dan betina dalam proses pembuahannya. 
  2. Pembuahannya Terjadi dengan Penyerbukan. Proses pembuahan tumbuhan generatif menggunakan cara penyerbukan. Artinya, sel kelamin jantan harus bertemu dengan sel kelamin betina. 
  3. Terjadi Peleburan Sel Kelamin Jantan & Betina. Setelah sel kelamin jantan dan betina bertemu, maka sel kelamin jantan akan membuahi sel kelamin betina. Pada saat inilah sel kelamin jantan dan betina melebur. 
  4. Sifat Keturunan Tidak Sama Persis dengan Induk. Saat peleburan, maka materi genetik sel kelamin jantan dan betina juga melebur dan membentuk zigot. Kedua materi genetik ini kemudian menghasilkan keturunan yang tidak sama persis dengan induknya, karena sudah bercampur dengan sel kelamin lain. 


Proses Perkembangan Secara Generatif

Nah, selanjutnya kita kenalan sama proses perkembangan secara generatif, yuk. Ada yang tahu nggak perkembangbiakan generatif ada berapa dan Apa saja contoh perkembangbiakan generatif pada tumbuhan? 

Yup, betul banget. Perkembangbiakan generatif terbagi menjadi empat, yaitu anemogami, zoidiogami, hidrogami, dan antropogami. Di bawah ini, kita akan membahas tentang setiap jenisnya dan contoh perkembangbiakan generatif pada tumbuhan:


Perkembangbiakan Tumbuhan Anemogami 

Anemogami adalah perkembangbiakan dengan bantuan angin. Contohnya adalah tanaman jagung yang tidak dihinggapi kupu-kupu melainkan benang sari jagung jatuh ke putik karena tertiup angin. Ciri-ciri tanamannya haruslah yang benang sarinya kering dan ringan, serta mahkota bunganya kecil. 


Perkembangbiakan Tumbuhan Zoidiogami

Zoidiogami adalah perkembangbiakan tumbuhan yang proses penyerbukannya dibantu oleh hewan. Seperti contoh di atas, bertemunya putik dan benang sari terjadi karena kupu-kupu. Selain itu, hewan lain yang bisa membantu proses ini adalah lebah dan burung. Sama dengan kupu-kupu, lebah dan burung juga menghisap nektar bunga. 


Selain tanaman penghasil madu, tanaman dengan aroma yang kuat juga bisa menjadi daya tarik terhadap hewan, Contohnya raflesia arnoldi yang baunya busuk dan mengundang lalat. Lalat membantu proses penyerbukannya. 


Perkembangbiakan Tumbuhan Hidrogami

Hidrogami adalah perkembangbiakan tumbuhan yang terjadi dengan bantuan air. Contohnya adalah tanaman ganggang yang hidup di air. Seluruh bagian ganggang tertutup air. Benang sarinya yang hanyut akan menempel pada putik. Saat itulah penyerbukan baru bisa terjadi. 


Perkembangbiakan Tumbuhan Antropogami

Terakhir adalah perkembangbiakan antropogami, yaitu perkembangbiakan yang dibantu oleh campur tangan manusia. Bantuan ini bisa dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja. Untuk yang sengaja, misalnya pada tanaman anggrek yang dibudidayakan oleh manusia karena anggrek hanya punya 1 alamat kelamin, antara putik saja atau benang sari saja. Karena itu, anggrek butuh bantuan manusia untuk penyerbukan. 


Sementara itu, penyerbukan yang dibantu manusia secara tidak sengaja misalnya pada benang sari rerumputan yang menempel di baju manusia dan akhirnya bertemu dengan putik. Hal yang sama juga bisa terjadi pada tanaman jagung. 


______________________________________________________


Baca juga: Yuk, Simak Jenis-Jenis Penyerbukan pada Tumbuhan di sini!


Nah, sekarang Sobat Pijar sudah paham kan apa itu perkembangbiakan generatif pada tumbuhan? Di atas juga sudah diberikan contoh tumbuhan vegetatif dan generatif. Kalau tertarik tentang tumbuh-tumbuhan atau topik IPA lainnya, Sobat Pijar bisa menemukannya di Pijar Belajar. Selain IPA, temukan juga berbagai topik tentang IPS, Bahasa Indonesia, dan Matematika, lengkap di Pijar Belajar!


Download Pijar Belajar sekarang dan rasakan keseruan belajarnya!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved