pijarbelajar

Sejarah

Peradaban Yunani Kuno: Sejarah, Kepercayaan, Peninggalan dan Runtuhnya Yunani Kuno

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Peradaban Yunani Kuno: Sejarah, Kepercayaan, Peninggalan dan Runtuhnya Yunani Kuno image

Berbicara tentang peradaban Yunani Kuno, pasti tidak akan terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan. Tahu nggak sih, kalau Yunani Kuno merupakan salah satu peradaban yang sangat berpengaruh pada peradaban di dunia?


Yups, Yunani Kuno memiliki peran yang sangat penting dalam peradaban dunia karena menjadi salah satu tempat lahirnya ilmu pengetahuan. Tentunya perkembangan peradaban pada masa Yunani Kuno tidak berlangsung instan dan membutuhkan proses yang cukup panjang.


Selain itu, peradaban di Yunani Kuno juga bisa dibedakan menjadi beberapa beberapa periode. Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung ikuti pembahasan berikut ini.


Baca juga: Peradaban Awal Dunia: Mesopotamia, Mesir Kuno, dan Yunani Kuno


Peradaban Yunani Kuno

Awal mula peradaban Yunani kuno diyakini sudah berlangsung sejak tahun 3000 SM. Pada masa tersebut diketahui ada beberapa kelompok bangsa besar yang hidup, yaitu Bangsa Doria yang bermukim di Peloponesos dengan nama ibukota Sparta, Bangsa Ionia yang bertempat tinggal di wilayah Attica dengan ibukota Delphi. Serta Bangsa Aeolia yang menempati Yunani Utara dengan ibukota Olympia.


Tahu nggak, sih, peradaban Yunani Kuno dikenal sebagai cikal bakal peradaban Eropa, lho. Mengapa peradaban Yunani Kuno dikatakan sebagai peletak dasar peradaban Eropa? Karena berbagai kemajuan yang dicapai saat ini sangat dipengaruhi oleh peradaban Yunani di masa lalu. 


Lalu, bagaimana perkembangan peradaban Yunani kuno? Secara umum, perkembangan peradaban pada masa Yunani Kuno dikelompokkan menjadi beberapa periode seperti berikut: 


Peradaban Mycenaean

Peradaban Mycenaean sudah berlangsung sejak 1600 SM sampai 800 SM. Nama Mycenaean sendiri merupakan nama sebuah kota yang saat ini menjadi salah satu bagian dari negara Prancis. Di wilayah ini terdapat sebuah istana dengan raja bernama Raja Agamemnon yang memimpin Perang Trojan.


Pada masa ini ada banyak skill yang kemampuan yang sudah dimiliki bangsa Yunani Kuno. Mulai dari merancang bangunan dengan gaya arsitektur megah, membuat masker emas, membangun jembatan, hingga sistem penyerapan air yang terbilang rumit.


Peradaban Archaic

Setelah berakhirnya peradaban Mycenaean, bangsa Yunani Kuno sempat mengalami masa kegelapan dengan tidak adanya bukti tertulis terkait kehidupan di masa tersebut. Peradaban berlanjut memasuki masa Archaic yang dimulai tahun 800 SM – 500 SM. 


Pada masa tersebut muncul istilah polis. Apa yang dimaksud polis dalam peradaban Yunani Kuno? Di masa Archaic, banyak sejarawan yang mempelajari kondisi sosial politik dan mulai terbentuknya koloni-koloni yang kemudian dikenal dengan sebutan polis serta pos-pos niaga atau perdagangan.


Polis sendiri dibentuk untuk mendapatkan sumber makanan yang cukup. Selain itu, polis-polis menyebar di sepanjang garis pantai dengan tujuan untuk mengontrol jalur perdagangan laut. Masa peradaban ini juga menjadi awal munculnya filsafat yang dipelopori oleh Thales.


Peradaban Klasik

Periode peradaban Yunani Kuno selanjutnya adalah peradaban klasik yang berlangsung mulai tahun 500 SM – 323 SM. Masa peradaban ini termasuk yang istimewa dan disebut sebagai masa kejayaan Yunani Kuno.


Karena pada masa tersebut lahirlah demokrasi di Athena yang memungkinkan rakyat untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di pemerintahan. Selain demokrasi, di bidang kesenian juga sangat maju. Periode klasik berakhir ketika Alexander Agung meninggal pada tahun 232 setelah bertahta 13 tahun.


Peradaban Helenistik

Periode ini merupakan peradaban tersingkat karena hanya berlangsung selama kurang lebih 300 tahun, yaitu sejak 323 SM sampai 31 SM. Wilayah Yunani Kuno yang sebelumnya berhasil diperluas oleh Alexander Agung terpecah menjadi 3 dinasti dengan rajanya masing-masing.


Meski begitu, perdagangan pada masa tersebut sangat maju dengan berbagai komoditas yang diperdagangkan dan diimpor. Seperti rempah-rempah, gading, kain, anggur hingga perak dan emas. Keberhasilan peradaban Helenistik bisa dilihat dari megahnya istana dan karya sendi yang diciptakan.


Selain kemajuan di bidang perdagangan, kemajuan di bidang pendidikan juga berkembang pesat. Diantaranya bisa dilihat dari perpustakaan dan universitas yang menjadi tempat pendidikan tokoh ilmu pengetahuan terkenal seperti Archimedes, Euclid dan Apollonius.


Runtuhnya Peradaban Yunani Kuno

Dikenal sebagai pusat peradaban yang tertua di wilayah Eropa, Yunani Kuno sendiri berlangsung sejak tahun 800 SM – 146 SM. Meskipun pernah mengalami masa keemasan dan kejayaan, namun peradaban tersebut mengalami kemunduran dan akhirnya berakhir.


Adapun, penyebab runtuhnya peradaban pada masa Yunani Kuno lebih disebabkan karena perang Peloponesos menyebabkan Yunani terpecah belah. Perpecahan ini melemahkan Yunani sehingga Makedonia berhasil menaklukkan Yunani. Selain itu, pada masa ini peradaban Yunani Kuno juga terserang wabah penyakit, yaitu wabah Athena. Wabah ini terjadi pada dalam perang Peloponnesia melawan Sparta dan membunuh setengah penduduk pada masa Yunani Kuno. 


Kepercayaan Peradaban Yunani Kuno

Sebagai bangsa dengan peradaban yang sudah sangat maju, Yunani Kuno dikenal memiliki kepercayaan seperti berikut:


Politeisme

Politeisme merupakan suatu kepercayaan yang menyembah banyak dewa. Dewa menurut Bangsa Yunani memiliki tubuh layaknya manusia namun lebih indah, tidak bisa mati dan posturnya lebih besar dari manusia. Dewa-dewa tersebut juga memiliki sifat seperti manusia, baik sifat baik maupun buruk.


Hellenisme

Raja Yunani Kuno yang menaklukkan wilayah kekuasaannya akan memadukan budaya setempat dengan budaya Bangsa Yunani sehingga menghasilkan sebuah ajaran baru. Ajaran baru tersebut kemudian lebih dikenal dengan agama Hellenisme.


Peninggalan Peradaban Yunani Kuno

Seperti halnya peradaban lainnya di dunia, peradaban pada masa Yunani Kuno juga memiliki beberapa peninggalan. Peninggalan tersebut bahkan memiliki peran yang sangat penting bagi peradaban di dunia. Lantas, apa saja peninggalan peradaban Yunani Kuno?


Filsafat

Peninggalan yang sangat berharga dari peradaban di masa Yunani Kuno adalah filsafat yang disebut sebagai ibu dari segala ilmu. Filsafat sendiri diartikan sebagai cara berpikir dan menemukan ide baru dalam kehidupan sehingga menciptakan sistem kehidupan yang lebih maju.


Demokrasi

Peninggalan lainnya adalah demokrasi yang kemudian diadopsi oleh berbagai negara di dunia. Dalam sistem demokrasi, rakyat dilibatkan dalam pengambilan keputusan di pemerintahan. Salah satu negara yang menerapkan sistem demokrasi adalah Indonesia.


Olimpiade

Kamu pasti pernah nonton pertandingan olahraga yang dikenal dengan olimpiade. Perlu diketahui bahwa kompetisi olahraga tersebut merupakan peninggalan peradaban Yunani Kuno yang sudah berlangsung sejak tahun 800 SM dengan tujuan menghormati Dewa Zeus di Gunung Olympus.


Jam Alarm

Salah satu peninggalan yang cukup unik dari Bangsa Yunani Kuno adalah jam alarm yang cara kerjanya cukup sederhana. Yaitu ketika tiba waktu yang diinginkan, jam akan menjatuhkan batu pada benda semacam gong. 


_____________________________________________________________


Baca juga: Peradaban Amerika Kuno : Suku Maya, Suku Aztec, dan Suku Inca


Muncul dan runtuhnya peradaban Yunani kuno sudah dibahas secara lengkap di atas. Hingga saat ini ada banyak peninggalan yang masih bisa dinikmati dan bahkan sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Diantaranya adalah ilmu pengetahuan, demokrasi dan jam alarm.


Yuk, belajar lebih banyak tentang peradaban awal dunia bareng Pijar Belajar! Nggak cuma peradaban Yunani Kuno saja, ada banyak materi lengkap tentang sejarah dunia lainnya, lho. Semua itu bisa kamu akses lewat rangkuman materi ataupun video materi Pijar Belajar. Pastikan kamu juga mengasah pemahaman dengan mengerjakan latihan soalnya, ya.


Download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved