pijarbelajar

Pengertian Pubertas dan Ciri-Cirinya - IPA Kelas 6

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Pengertian Pubertas dan Ciri-Cirinya - IPA Kelas 6 image

Pengertian pubertas sering diartikan sebagai sebuah fase pertumbuhan yang ditandai dengan masa anak mengalami kematangan atau mencapai fase kematangan pada reproduksinya. Sobat Pijar tahu nggak, ternyata pada masa pubertas sistem tubuh lain juga akan mengalami kematangan, lho, begitu juga dengan perkembangan otak dan juga identitas diri. 


Sebagai masa perkembangan yang pasti dialami seseorang, tentunya kamu harus memahami ciri dan pengertian pubertas itu, ya. Yuk, kita kenalan dengan masa pubertas melalui penjelasan di bawah ini! 


Baca juga: Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia - Faktor dan Tahapannya


Pengertian Pubertas

Apa itu pubertas? Pubertas merupakan masa ketika semua organ utama dan sistem yang ada di dalam tubuh benar-benar sudah matang. Pada masa akhir pubertas, seorang remaja akan mendapatkan kematangan seksual dan juga reproduktif. Nggak cuma itu, masa pubertas juga membuat perubahan bentuk tubuh kita, lho, seperti badan meninggi, pinggul melebar untuk perempuan, dan tumbuhnya jakun pada laki-laki. 


Semua perubahan itu disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Perubahan hormon ini umumnya dimulai pada usia sekitar 10 tahun untuk anak perempuan dan 11 tahun untuk anak laki-laki. Tapi, nggak jarang juga seseorang mengalami masa pubertas lebih cepat atau lebih lambat, ya. 


Biasanya, pubertas juga lebih cepat terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki. Ciri-ciri pubertas yang dialami pun berbeda, ya, antara perempuan dan laki-laki. Walaupun begitu, saat memasuki masa pubertas, baik perempuan maupun laki-laki, akan mengalami perubahan emosional dan nggak jarang hal ini memunculkan konflik internal dan eksternal pada diri mereka. 


Ciri Ciri Masa Pubertas Bagi Anak Laki Laki

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, perempuan dan laki-laki memiliki ciri pubertas yang berbeda. Biasanya pubertas laki-laki terjadi sampai umur berapa, ya? Nah, umumnya anak laki-laki memulai pubertasnya mulai umur 11 sampai 16 tahun. 


Selama menjalani masa pubertas, berikut ciri-ciri masa pubertas bagi anak laki-laki. 

  1. Perubahan Bau Badan, ciri pertama yang perlu dipahami adalah cirinya kelenjar keringat akan lebih aktif pada masa pubertas. Nantinya, ketika anak laki-laki sudah masuk masa pubertas, keringatnya akan lebih banyak dan menimbulkan bau badan. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kebersihan tubuh, ya.  
  2. Timbul Jerawat, ciri kedua adalah biasanya timbul jerawat sebagai dampak hormon yang mulai berkembang di dalam tubuh. Ketika fase ini muncul, Sobat Pijar yang baru mengalami pubertas nggak perlu panik. Kamu bisa mengurangi atau mengobati timbulnya jerawat dengan rajin mencuci muka. 
  3. Tumbuhnya Bulu di Area Tubuh, ciri ketiga adalah adanya pertumbuhan rambut atau bulu di beberapa area tubuh, biasanya untuk anak laki-laki ada di ketiak, kemaluan dan di atas bibir maupun kumis bahkan ada yang tumbuh di pipi maupun dagu. 
  4. Perubahan Suara, ciri selanjutnya adalah perubahan ukuran laring yang nantinya membuat suara menjadi lebih tebal dan berat. 
  5. Perubahan Bentuk Tubuh, ciri berikutnya adalah bisa dilihat dari perubahan bentuk tubuh lengan dan kaki membesar bahu melebar dan ototnya akan lebih terlihat. 
  6. Mimpi Basah, ciri keenam adalah mengalami mimpi basah atau ejakulasi dini. masa pubertas ditandai dengan dihasilkan dan dikeluarkannya sel sperma sebagai produksi banyak dari hormon testosteron selama masa pubertas berlangsung. 
  7. Perubahan Ukuran Penis dan Testis, ciri selanjutnya adalah perubahan ukuran penis dan testis karena peningkatan hormon testosteron di dalam tubuh. Pertumbuhan ini disertai dengan adanya tumbuhan rambut juga di sekitar kemaluan. 


Ciri Ciri Masa Pubertas Bagi Anak Perempuan

Pubertas bagi anak perempuan biasanya terjadi pada umur lebih awal dibanding laki-laki. Biasanya, usia pubertas pada anak perempuan adalah sudah dimulai sejak usia 10 tahunan. Nah, apa saja ciri fisik pubertas pada anak perempuan? Sobat Pijar yang penasaran bisa langsung cek ciri-ciri pubertas pada perempuan di bawah ini!

  1. Bau Badan, sama seperti anak laki-laki, anak perempuan juga akan mengalami bau badan pada masa pubertas karena meningkatnya kelenjar keringat. Jadi, saat masa pubertas tiba, lebih baik kamu imbangi dengan menjaga kebersihan lebih maksimal. 
  2. Pertumbuhan Fisik, ciri kedua adalah terjadinya perubahan fisik. Biasanya kalau pada anak perempuan ditandai dengan pertumbuhan berat badan dan tinggi badan yang lebih cepat. Alasannya adalah kondisi ini dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan dari kelenjar pituitari di dalam otak. 
  3. Perubahan Suasana Hati, ciri ketiga adalah akan terjadi perubahan suasana hati. Hal ini memang sangat wajar. Bisa saja kamu merasakan senang secara tiba-tiba tapi juga cepat tergantikan oleh sedih. Alasannya adalah karena adanya peningkatan hormon estrogen dan hormon progesteron. 
  4. Tumbuhan Rambut di Bagian Tertentu, ciri keempat adalah yang sangat khas pada anak perempuan yakni tumbuhnya rambut halus di area ketiak dan kemaluan. Rambut tersebut biasanya lebih tipis halus dan lurus. Kemudian seiring bertambahnya usia rambut tersebut nantinya menjadi lebih kasar dan keriting. Tahap ini menjadi tahapan yang muncul lebih awal bahkan sebelum payudara muncul atau menonjol.
  5. Tumbuh Payudara, ciri selanjutnya adalah pubertas untuk anak perempuan ditandai dengan tumbuhnya payudara. Biasanya payudara ini sudah akan muncul pada 2 sampai 3 tahunan bahkan sebelum menstruasi didapatkan. Pertumbuhan ini disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen dan prosesnya memang lebih bertahap. Dimulai dari munculnya benjolan kecil di bawah puting dengan tekstur yang lembut namun padat. Kemudian, akan tumbuh areola atau bagian coklat di sekeliling puting. Bagian ini nantinya akan semakin melebar dan berbentuk bulat bahkan menggelap seiring waktu. Barulah seluruh bagian payudaranya akan membesar. 
  6. Timbulnya Jerawat, ciri keenamnya adalah biasanya muncul jerawat diakibatkan pertumbuhan hormon di dalam tubuh. Hal ini akan meningkatkan produksi sebum yang membuat jerawat menjadi lebih mudah muncul di wajah. 
  7. Mengalami Menarche, ciri selanjutnya adalah anak perempuan akan mengalami menarche atau menstruasi pertama. Biasanya menstruasi ini didapatkan pada usia 12 tahun dan siklus awalnya memang nggak langsung teratur. Biasanya anak akan mengalami keputihan namun nggak berbau warnanya putih atau bening. Jadi kamu tidak perlu khawatir!


____________________________________________________________


Baca juga: 10 Manfaat Membaca Buku yang Bagus untuk Perkembangan Otak


Nah, Sobat Pijar jadi tahu kan pengertian dan ciri-ciri dari pubertas untuk laki-laki dan perempuan. Selain memahaminya jangan lupa ketahui juga bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas agar tidak terjadi pertumbuhan bakteri atau penyakit yang tidak diinginkan.


Belajar tentang IPA dan pubertas dengan lebih mudah bareng Pijar Belajar, yuk. Melalui Pijar Belajar, materi jadi mudah dipahami dan belajar jadi menyenangkan! Ditambah latihan soal yang akurat untuk menguji kemampuan pemahaman yang lebih maksimal.


Yuk, download Pijar Belajar sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved