pijarbelajar

Kimia

Pengertian Hukum Dalton, Rumus dan Contoh Soal

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Pengertian Hukum Dalton, Rumus dan Contoh Soal image

Apakah kamu pernah mendengar istilah hukum perbandingan ganda? Istilah tersebut bisa ditemukan dalam ilmu kimia dan biasanya dikenal dengan nama hukum Dalton. Secara garis besar, hukum tersebut mempelajari bagaimana unsur-unsur pada makhluk hidup maupun tidak hidup.


Gambaran sederhana dari hukum tersebut adalah: jika ada dua macam unsur yang kemudian membentuk lebih dari satu senyawa, maka massa dari salah satu unsur senyawa akan berbanding menjadi kelipatan bilangan bulat dan sederhana.


Hukum perbandingan ganda sendiri adalah pengembangan dari hukum perbandingan tetap yang ditemukan Proust serta hukum kekekalan massa yang dikemukakan Lavoisier. Nah, agar kamu semakin paham dan tidak bingung, berikut adalah pembahasannya.


Baca juga: Kesetimbangan Kimia: Pengertian, Ciri, Hubungan Kc dan Kp, serta Contoh Soalnya


Pengertian Hukum Dalton

Seperti yang sudah disinggung di awal, hukum Dalton disebut juga hukum perbandingan ganda. Hukum Dalton ini merupakan salah satu hukum dasar kimia. Lantas, siapa yang mengemukakan hukum Dalton? Sesuai dengan namanya, penemu hukum Dalton adalah John Dalton (1766-1844) yang juga merupakan ahli fisika dan meteorologis asal Inggris.


Namun, sebelum masuk lebih jauh ke pembahasan tentang hukum perbandingan ganda, kamu perlu mengetahui apa saja 4 hukum dasar kimia. Sebagai informasi, di awal abad ke-18, banyak ilmuwan yang melakukan berbagai percobaan untuk mempelajari susunan zat dari reaksi kimia secara kuantitatif.


Dari berbagai percobaan yang telah dilakukan ,ditemukan 4 hukum dasar kimia, yaitu Hukum Kekekalan Massa yang ditemukan Lavoisier, Hukum Perbandingan Tetap yang ditemukan Proust, Hukum Kelipatan Perbandingan yang ditemukan Dalton serta Hukum Perbandingan Volume (Gay Lussac).


Secara garis besar, Hukum Dalton adalah kelanjutan dari Hukum Perbandingan Tetap. Dalam pengamatannya, Dalton menemukan adanya keteraturan terkait perbandingan massa unsur-unsur di dalam senyawa.


Adapun, ciri ciri Hukum Dalton adalah:

  1. Memiliki nama lain yang dikenal dengan hukum kelipatan berganda atau hukum perbandingan berganda.
  2. Pengembangan hukum perbandingan berganda berlandaskan hukum perbandingan tetap yang dikemukakan Proust, serta hukum kekekalan massa yang dikemukakan Lavoisier.


Bunyi Hukum Dalton

Apa isi dari hukum perbandingan berganda? Pada tahun 1803, John Dalton merumuskan Hukum Kelipatan Perbandingan Dalton yang isinya adalah seperti berikut:


“Jika ada 2 jenis unsur yang bergabung membentuk lebih dari 1 senyawa, dan massa yang ada pada salah satu unsur senyawa tersebut sama, sedangkan massa unsur lainnya berbeda, maka perbandingan massa unsur lainnya di dalam senyawa tersebut adalah bilangan bulat sederhana.”


Dalam percobaannya, Dalton melakukan perbandingan massa unsur-unsur yang terdapat dalam beberapa senyawa, yaitu karbon monoksida (CO) dan karbon dioksida (CO2). 


Berdasarkan pengertian tersebut, kira-kira apa saja ya contoh hukum Dalton dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini beberapa contohnya:


1. Menghela Napas

Salah satu contoh Hukum Perbandingan Berganda Dalton adalah menghela napas. Aktivitas yang dilakukan sehari-hari ini akan mengeluarkan CO2 atau karbondioksida sebagai hasil atau limbah respirasi. Nah, perbandingan massa antara senyawa C dan O pada CO2 akan selalu sama, yaitu 1:2.


CO2 sendiri merupakan senyawa kimia yang didalamnya terdapat 1 atom karbon dan 2 atom oksigen. Jadi atom C pada senyawa tersebut akan membutuhkan 2 atom O untuk mengikat molekul.


2. Ammonia

Contoh lainnya bisa ditemukan pada amonia, yaitu sejenis senyawa yang dikeluarkan ketika buang air kecil. Tahu nggak sih kalau ternyata NH3 memiliki perbandingan yang selalu sama, yaitu 1:3. Jika N itu 1 maka bisa dipastikan kalau H adalah 3.


Rumus Hukum Dalton

Selain dua contoh diatas, penerapan Hukum Dalton juga akan memberikan kemudahan bagi para ilmuwan yang ingin menentukan perbandingan dari unsur-unsur yang bereaksi dalam membentuk senyawa. 


Misalnya saja menentukan perbandingan unsur Nitrogen (N) dan Oksigen (O) jika kedua unsur direaksikan sehingga membentuk beberapa jenis senyawa, seperti NO atau NO2.


Meskipun kedua senyawa terbentuk dari unsur N dan O, namun rasio perbandingan massanya berbeda. Misalnya rasio perbandingan massa pada NO adalah 28:32 maka berdasarkan Hukum Dalton bisa diubah sebagai bilangan bulat. Sehingga perbandingan unsur N dan O pada senyawa NO memiliki rasio 1:1.


Demikian juga percobaan Hukum Dalton dengan senyawa NO2 yang memiliki perbandingan unsur nitrogen dan oksigen dengan rasio sebesar 1:2. Agar lebih jelas, kamu bisa simak tabel di bawah ini:


Jenis Senyawa

Massa Nitrogen 

yang Direaksikan

Massa Oksigen 

yang Direaksikan

Massa Senyawa 

yang Terbentuk

Nitrogen Monoksida (NO)

0,875 gram

1,00 gram

1,875 gram

Nitrogen Dioksida (NO2)

1,75 gram

1,00 gram

2,75 gram


Dengan massa oksigen (O) yang sama ternyata perbandingan massa nitrogen (N) dalam senyawa NO2 dan senyawa NO merupakan bilangan bulat sederhana. Adapun perbandingannya bisa ditulis seperti berikut:

Massa N dan senyawa NO2  = 1,75 gram  =  2

Massa N dalam senyawa N     0,875 gram     1


Contoh Soal Hukum Dalton

Untuk lebih memahami tentang hukum perbandingan berganda yang dirumuskan Dalton, berikut ini contoh soal yang bisa kamu pelajari.


Karbon (C) bereaksi dengan Oksigen (O) membentuk senyawa A dan B dengan komposisi seperti berikut:

  1. Senyawa X = 2,41 gram C (karbon) dan 3,22 gram O (oksigen)
  2. Senyawa Y = 6,71 gram karbon dan 17,9 oksigen


Berapakah angka perbandingan karbon (C) paling sederhana yang bereaksi dengan oksigen (O) jika keduanya memiliki massa yang sama.


Penyelesaian:

Jenis Senyawa

Karbon

Oksigen 


Karbon : Oksigen

Senyawa X

2,41

3,22

1:1,33 = 075:1

Senyawa Y

6,71

17,9

1:2,67 = 0,37:1


Jadi perbandingan antara jumlah atom C dalam senyawa X dan senyawa Y adalah 2:1.


_________________________________________________________________


Baca juga: Konsep Termokimia - Hukum Kekekalan Energi, Persamaan Termokimia, dan Perubahan Entalpi


Hukum Dalton atau dikenal juga dengan nama hukum perbandingan berganda merupakan salah satu hukum kimia dasar yang dirumuskan oleh John Dalton. Hukum ini adalah pengembangan dari hukum-hukum sebelumnya, yaitu hukum kekekalan massa dan hukum perbandingan tetap.


Pelajari lebih banyak tentang hukum dalton dan hukum-hukum dasar kimia lainnya bareng Pijar Belajar, yuk! Melalui Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan konten soal kapan aja dan dimana aja. Nggak cuma itu, ada juga video materi dan rangkuman materi yang bisa kamu gunakan untuk belajar.


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved