pijarbelajar

Universitas

Pendaftaran Ujian Mandiri Universitas Jember - Ketentuan, Syarat, dan Jadwal Pelaksanaannya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Pendaftaran Ujian Mandiri Universitas Jember - Ketentuan, Syarat, dan Jadwal Pelaksanaannya image

Sesuai dengan namanya, Universitas Jember merupakan universitas yang berlokasi di kota Jember, Jawa Timur dan menjadi salah satu PTN yang cukup banyak diminati. Bagi Sobat Pijar yang berminat masuk PTN ini, di samping jalur SNBP dan SNBT, Universitas Jember juga membuka jalur mandiri, lho. Ujian Mandiri Universitas Jember di tahun 2023 ini akan dilaksanakan pada 4–8 Juli 2023. 


Lantas, bagaimana ketentuan dan jadwal lengkap pelaksanaan Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Universitas Jember (SEMMABA) itu? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 


Baca juga: Pendaftaran Universitas Andalas - SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri


Apa itu Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Universitas Jember (SEMMABA)

Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Universitas Jember (SEMMABA) merupakan jalur ujian mandiri yang dibuka oleh Universitas Jember. SEMMABA Universitas Jember ini terbuka untuk seluruh calon mahasiswa di Indonesia, ya. Jalur mandiri ini juga menetapkan biata pendaftaran sebesar Rp350.000. 


Nah, dalam Ujian Mandiri Universitas Jember ini berlaku sistem seperti UTBK SNBT, nih. Jadi, nantinya calon mahasiswa akan diminta mengikuti seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Universitas Jember (UTBK-SEMMABA). Lalu, skor yang didapat itulah yang akan digunakan untuk mendaftar di jurusan yang diminati. 


Soal UTBK-SEMMABA ini akan dibuat langsung oleh pihak Universitas Jember, sehingga soalnya pasti berbeda dengan UTBK SNBT. Akan tetapi, materi yang diujikannya sama, kok. Terdapat tiga materi yang diujikan dalam UTBK-SEMMABA, yaitu Tes Potensi Skoolastik (TPS), Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika. 



Ketentuan Pelaksanaan Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Universitas Jember (SEMMABA)

Nah, bagi Sobat Pijar yang ingin mengikuti Ujian Mandiri Universitas Jember ini, berikut ketentuan pelaksanaan Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Universitas Jember (SEMMABA) yang perlu kamu tahu. 

  • Peserta disyaratkan mengikuti UTBK SEMMABA UNEJ 2023 sebanyak satu kali.
  • SEMMABA UNEJ 2023 berdasarkan nilai/skor hasil UTBK-SEMMABA UNEJ 2023 .
  • Peserta yang lulus SEMMABA UNEJ 2023 dinyatakan sebagai calon mahasiswa Universitas Jember apabila lolos verifikasi data dan melunasi biaya Pendidikan yang terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).


Kemudian, berikut adalah persyaratan yang perlu dipenuhi peserta Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Universitas Jember (SEMMABA). 

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).
  • Memiliki Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah, tanda tangan kepala sekolah. 
  • Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra


Tahapan Pendaftaran Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Universitas Jember (SEMMABA)

Kalau Sobat Pijar sudah memenuhi persyaratan peserta dan memahami ketentuan pelaksanaan ujian mandiri Universitas Jember, sekarang saatnya kamu menyimak tahapan pendaftarannya, nih. Catat, ya! 


1. Registrasi Awal SEMMABA

Registrasi awal di laman https://semmaba.unej.ac.id pada menu “Daftar”, calon pendaftar SEMMABA menggunakan NIK, dan tanggal lahir sesuai data pribadi calon pendaftar, untuk mencetak lembar pembayaran SEMMABA UNEJ 2023  yang berisi Kode Akses Pendaftaran (KAP), Personal Identification Number (PIN) dan nomor Virtual Account (VA) Bank BRI.


2. Pembayaran SEMMABA 

Melakukan pembayaran di bank BRI sebelum masa jatuh tempo nomor VA.


3. Login Pendaftaran SEMMABA

Login menggunakan Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN) SEMMABA  di https://semmaba.unej.ac.id pada menu “Login” dan mengisi data yang wajib diisi, antara lain :

  • Biodata dan unggah pas foto berwarna terbaru;
  • Data asal sekolah;
  • Data prestasi dan talenta;
  • Memilih Program Studi;
  • Memilih besaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sesuai kemampuan orangtua/wali dan menyetujui pernyataan kesediaan melunasi SPI yang telah dipilih sebelum masa registrasi;
  • Mencetak Kartu Peserta SEMMABA
  • Pilih Simpan untuk melakukan penyimpanan permanen dan unduh/cetak Kartu Peserta SEMMABA UNEJ Tahun 2023
  • Pilih Kembali untuk ubah biodata, foto, dan pilihan program studi.


Jadwal Ujian Mandiri Universitas Jember

Jadwal penerimaan mahasiswa baru melalui ujian mandiri Universitas Jember pada tahun 2023 sebagai berikut :

  • Pendaftaran Online: 20–30 Juni 2023
  • Seleksi atau Ujian: 4–8 Juli 2023
  • Pengumuman Kelulusan: 21 Juli 2023
  • Verifikasi Berkas: 22–29 Juli 2023
  • Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan SPI: 26 Juli–2 Agustus 2023
  • Registrasi: 8 Agustus 2023


Jadwal diatas sewaktu–waktu dapat berubah. Kamu bisa untuk memantau di website resmi Universitas Jember untuk mengetahui adanya perubahan jadwal atau pengumuman menyusul yang lainnya. 


__________________________________________________________


Baca juga: Informasi Lengkap Seputar Ujian Mandiri Universitas Andalas



Nah, itu tadi adalah daftar fakultas serta jadwal ujian mandiri Universitas Jember. Semoga informasinya membantu Sobat Pijar. Sekarang mulai persiapkan dirimu untuk menghadapi ujian mandiri Ujian Mandiri Universitas Jember, yuk! 


Untuk mempersiapkan diri terkait pemahaman dan soal-soal seleksi masuk PTN, kamu bisa banget mengandalkan Pijar Belajar, lho. Pijar Belajar merupakan bimbel online yang menyediakan banyak rangkuman materi dan latihan soal terkait UTBK SNBT untuk siswa SMA. Jadi, kamu bisa berlatih mengerjakan contoh soal UTBK SNBT kapan aja dan dimana aja, deh


Selain itu, Pijar Belajar juga punya banyak rangkuman dan latihan soal untuk siswa SD dan SMP juga, lho. Lengkap banget, kan? 


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang! 




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved