pijarbelajar

Bahasa Inggris

Pengertian, Rumus dan Contoh Past Perfect Continuous Tense

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Pengertian, Rumus dan Contoh Past Perfect Continuous Tense image

Sama seperti Bahasa Indonesia, dalam menggunakan Bahasa Inggris, kamu juga perlu memperhatikan aturan penulisannya. Salah satunya adalah memperhatikan tenses. Nah, terdapat 16 tenses Bahasa Inggris yang perlu kamu tahu, salah satunya adalah past perfect continuous tense. Apakah Sobat Pijar Belajar sudah pernah mempelajari tenses ini sebelumnya?


Tenses past perfect continuous memang jarang sekali dibahas secara detail karena penggunaannya yang jarang, tetapi kamu harus tetap memahami tenses ini untuk menyempurnakan konteks tulisan dan percakapan. Simak penjelasan rumus dan contoh past perfect continuous tense lengkapnya di sini.


Baca juga: Materi Bahasa Inggris Elliptical Construction


Apa Itu Past Perfect Continuous Tense

Definisi past perfect continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk menggambarkan sebuah kejadian yang sedang berlangsung di masa lalu dan selesai di masa lalu pula. Namun, kejadian tersebut tidak ada hubungannya dengan masa kini.


Past perfect continuous tense digunakan untuk menulis sebuah teks report, recount, dan narrative. Kamu akan menemukan kalimat jenis ini di dalam jenis teks tersebut karena penulis ingin menjelaskan secara lebih dalam tentang konteks waktu sebuah kejadian.


Tenses ini jelas berbeda dengan present perfect continuous tense karena tenses tersebut masih memiliki keterkaitan akibat di masa kini. Sementara itu, past perfect continuous sama sekali tidak ada hubungannya dengan masa kini.


Kemudian, adverb of time past perfect continuous tense juga tidak memiliki konteks yang jelas seperti simple past tense. Kebanyakan, kalimat dengan tenses ini tetap menggunakan periode yang indefinite seperti penggunaan since dan for.


Rumus Past Perfect Continuous Tense

Apa rumus past perfect continuous tense itu? Sama seperti jenis tenses lain, kalimat past perfect continuous tense terbagi ke dalam kategori positive, negative, dan interrogative yang masing-masing memiliki pola berbeda. Berikut adalah rumus dan penjelasannya.


Kalimat Past Perfect Continuous Tense Positive

Membuat kalimat positive dengan menggunakan kalimat ini harus mengikuti susunan pola berupa Subject + Had been + Verb-ing + Complement. Semua jenis subjek dalam kalimat ini tidak memiliki perbedaan ketika menggunakan kata had been.


Contoh : They had been traveling for 3 years straight without working.


Kalimat Past Perfect Continuous Tense Negative

Kalimat negatif dari past perfect continuous tense mengikuti pola Subject + Had not been + Verb-ing + Complement. Kata not diselipkan di antara had been sebagai penanda negatif.


Contoh : They had not been traveling for 3 years straight without working.


Kalimat Past Perfect Continuous Tense Interrogative

Kalimat interrogative dari past perfect continuous tense mengikuti rumus Had + Subject + Been + Verb-ing + Complement + ? Bentuk jawabannya adalah yes atau no dan diikuti had atau had not saja.


Contoh: Had they been traveling for 3 years straight without working?


Baca juga: Caption text: Struktur, Pengertian, Kaidah, dan Contoh


Contoh Past Perfect Continuous Tense

Memahami past perfect continuous tense akan lebih mudah apabila kamu bisa membuat kalimatnya. Jika masih bingung, simak beberapa contoh kalimat di bawah ini yang disertai dengan terjemahannya.


1. Contoh kalimat past perfect continuous tense tentang peristiwa kontiyu di masa lalu

  1. The girl had been running through the forest for two nights. (Perempuan itu sedang telah berlari melewati hutan selama dua malam).
  2. She had been teaching biology in that school for ten years already. (Dia sedang telah mengajar biologi di sekolah itu selama sepuluh tahun).
  3. My dad had been cutting the plants since they grew very fast. (Ayahku sedang telah memangkas tanaman karena tumbuhnya cepat).
  4. My cats had been eating the dry food even though I prepared other food. (Kucingku telah sedang makan makanan kering meski saya menyiapkan makanan lain).
  5. The children had been playing scrabbles happily through the lesson. (Anak-anak telah sedang bermain scrabbles dengan senang sepanjang pelajaran).


2. Contoh kalimat past perfect continuous tense di periode tertentu di masa lalu

  1. My sister had been reading her new novel since two months ago. (Adikku sedang telah membaca novel barunya sejak dua bulan lalu).
  2. My dad and mom had been preparing the party when I went home. (Ayah dan ibuku sedang telah menyiapkan pesta ketika saya pulang).
  3. My friend had been writing the letter when I started my own. (Temanku telah sedang menulis surat ketika saya baru memulai).
  4. Her grandmother had been waiting for him until he came to her house. (Neneknya sedang telah menunggu sampai dia datang ke rumahnya).


3. Contoh kalimat past perfect continuous tense sebagai indirect speech

  1. He said he had been doing homework for an hour. (Dia bilang dia telah sedang mengerjakan PR selama sejam).
  2. My aunt said she had been washing the dishes since an hour ago. (Bibiku bilang dia sedang telah mencuci piring sejak sejam lalu).
  3. They said you had been swimming at the beach for an hour. (Mereka bilang kamu sedang telah berenang di pantai selama sejam).


__________________________________________________________


Baca juga: Conjunction: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya


Penggunaan past perfect continuous tense dalam Bahasa Inggris sangat penting untuk menuliskan ragam teks. Kamu bisa mengikuti pola rumus di atas dan beberapa contoh yang sudah diberikan supaya bisa memahami konteks kalimatnya dengan lebih baik, ya.


Kalau kamu masih ingin belajar lebih banyak tentang materi Bahasa Inggris, tak perlu khawatir karena Pijar Belajar punya banyak konten pembelajaran untuk kamu. Mulai dari latihan soal, rangkuman, video materi, mini quiz, hingga tes minat bakat ada semua, lho, di Pijar Belajar.


Nggak cuma Bahasa Inggris aja, Pijar Belajar juga menyediakan banyak materi untuk mata pelajaran lainnya.


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved