pijarbelajar

Bahasa Inggris

Caption Text: Pengertian, Fungsi, Generic Structure, Language Feature, dan Contoh Teksnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Caption Text: Pengertian, Fungsi, Generic Structure, Language Feature, dan Contoh Teksnya image

Apa Sobat Pijar aktif menggunakan media sosial? Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dong dengan istilah caption. Hampir semua orang menambahkan caption untuk konten yang mereka unggah di media sosial sebagai konteks. Dengan begitu, para pengikut bisa memahami maksud dari postingan dengan lebih mudah dan mendapatkan informasi lebih jelas melalui teks ini.


Jika kamu masih bingung mengenai apa itu teks caption, apa fungsi dan jenisnya, serta contoh-contohnya dalam Bahasa Inggris, yuk simak ulasan lengkap tentang teks ini di sini ya Sobat Pijar!


Baca juga: Opinion and Thoughts - Materi Bahasa Inggris Kelas 11


Apa Itu Caption Text?

Caption text merupakan jenis teks yang menjadi pelengkap dari sebuah konten foto, video, tabel, poster, atau gambar. Caption tidak akan bisa disebut caption apabila tidak ada konten yang akan diterangkan. Caption bisa memiliki teks pendek maupun panjang.


Dalam Bahasa Inggris, caption biasanya berupa deskripsi dari sebuah gambar yang akan menerangkan isi dari konten itu sendiri. Pembaca caption akan lebih mudah memahami konten foto yang tersedia. Pemilihan kata sangat penting untuk caption sehingga kalimatnya efektif dan mudah dipahami.


Apa Fungsi Caption Text?

Di dalam bab caption text kelas 12, kamu perlu mengetahui beberapa fungsi yang ada di dalam sebuah teks caption. Hal ini akan membuatmu lebih mudah dalam membuat teks dan tidak dibuat secara asal-asalan pula. Berikut adalah beberapa fungsinya:


Pelengkap gambar

Fungsi utama dari sebuah caption text adalah untuk melengkapi sebuah gambar. Apabila kamu hanya melihat sebuah gambar atau foto di media sosial tanpa caption, kamu bisa mengartikannya dengan bebas. Dengan caption, gambar pun langsung memiliki konteksnya.


Membuat konten lebih kredibel

Dengan adanya teks caption, maka kamu juga membuat konten gambar menjadi lebih kredibel karena kamu memberikan informasi yang terkait dengan gambar itu sendiri. Pembacanya pun jadi lebih mudah mengerti.


Membuat konten lebih menarik

Fungsi lain dari sebuah caption adalah untuk menyajikan konten supaya terlihat lebih menarik. Dengan caption, gambar pun menjadi lebih jelas di mata pembaca. Mereka juga bisa menyumbangkan opininya terlepas dari apapun contoh caption dan gambarnya.


Generic Structure Caption Text (Struktur Caption Text)

Meskipun terlihat sederhana, struktur caption text dalam Bahasa Inggris memiliki sebuah ketentuan. Berikut ini adalah strukturnya sehingga terlihat rapi.


Title

Bagian utama dari sebuah caption text adalah title atau judul. Alangkah baiknya jika title bisa membangun rasa penasaran pembaca, sehingga mereka membaca isi caption seterusnya.


Lead

Lead merupakan sebuah isi yang menginformasikan tentang hal-hal yang ada di gambar. Isi lead harus ditulis dengan spesifik, sehingga pembaca pun bisa tertarik.


Section heading

Bagian ini lebih pendek isi tulisannya. Tujuan section heading adalah untuk memberikan keterangan pada setiap gambar yang tersedia.


Language Feature Caption Text

Kaidah kebahasaan di dalam sebuah caption text juga penting untuk dipahami. Pasalnya, kamu menyajikan informasi yang sifatnya faktual dan juga harus bisa menarik minat pembacanya. Berikut adalah beberapa language features dalam caption text.


Present tense

Kaidah kebahasaan yang paling penting di dalam sebuah caption text adalah menggunakan simple present tense. Di sini, kamu perlu menyajikan informasi yang akurat dan faktual. Oleh karena itu, simple present tense digunakan.


Menggunakan exclamation

Exclamation atau tanda seru menjadi salah satu ciri untuk menarik perhatian pembaca. Dengan adanya seruan, pembaca pun menjadi lebih tertarik untuk menangkap info secara keseluruhan.


Menggunakan adjective dan adverb phrase

Kedua frasa tersebut sangat penting dalam caption. Adjective phrase akan membangun deskripsi lebih akurat di pemikiran pembaca. Sementar adverb akan membantu mereka untuk membayangkan latar waktu dan tempat kejadiannya.


Jenis Caption Text

Selain memahami apa itu caption text, kamu juga harus tahu beragam jenis caption text yang akan kamu temukan di berbagai media sosial. Berikut macam-macam caption text beserta deskripsi singkatnya.


Quote 

Quote atau kutipan adalah salah satu caption populer yang disertakan dalam foto. Kutipan berasal dari orang yang ada di foto itu sendiri. Panjang kutipan tergantung dari ucapan pembicara dan isinya sama sekali harus murni tanpa diedit.


Summary

Summary di dalam caption text diartikan sebagai sebuah rangkuman kejadian. Isinya mirip seperti sebuah teks report, namun lebih ringkas dengan poin-poin. Isi summary akan mewakili gambar dengan informasi seperti waktu, lokasi, dan pihak yang ada di dalam kejadian.


Identification

Identification merupakan jenis caption yang menggambarkan setiap orang di dalam gambar tersebut. Apabila di foto bukanlah orang melainkan benda, maka isi captionnya akan menjelaskan benda tersebut. Gunanya adalah memberi kejelasan tentang seluk-beluknya.


Story-telling

Caption yang satu ini banyak menarik minat pembaca. Isinya adalah narasi yang disertai dengan beberapa kutipan. Biasanya, caption jenis ini akan mewakili banyak jenis gambar di dalamnya. Banyak teknik marketing yang mengandalkan caption jenis ini untuk menjangkau targetnya.


Expanded

Expanded adalah jenis caption yang paling panjang. Jumlahnya tidak dibatasi karena tujuannya adalah memberikan informasi yang lengkap untuk pembaca. Penulis juga mengembangkan informasinya agar tidak kabur dari konteks.


Cutline

Cutline adalah caption yang sangat pendek dan letaknya ada di bawah gambar yang ada di media massa. Cutline akan menjelaskan gambar dengan satu kalimat saja.


Group

Group caption adalah jenis caption yang menjelaskan per gambar yang pemilik postingannya mengunggah banyak gambar dalam satu post. Caption biasanya memiliki nomor gambar untuk konteks yang lebih jelasnya.


Contoh Caption Text

Example caption text bisa membantumu untuk membuat caption yang lebih menarik di mata pembaca dan tidak lagi menulis secara asal-asalan. Simak beberapa contoh caption di bawah ini ya, Sobat Pijar!


Contoh Cutline

“The graphic of birth rate in South East Asia countries.” (Grafik angka kelahiran di negara-negara Asia Tenggara).


Contoh Quote

“About 80% of success is showing up.” – Woody Allen (Sekitar 80% kesuksesan adalah dengan muncul – Woody Allen).


Contoh Identification

“The picture of President Joko Widodo in Indramayu farmland.” (Gambar Presiden Joko Widodo di area sawah Indramayu).


Contoh Summary

Indonesia has entered the El-Nino phase in July 2023! El-Nino is the phase where Indonesia will get longer dry season. It is expected that el-Nino brings effects to dry season until early 2024 with crops failure. This extreme phenomenon is based on ENSO+ and people should be ready for drought in many areas. (Indonesia telah memasuki fase El-Nino pada Juli 2023! El-Nino adalah fase ketika Indonesia mengalami kekeringan lebih lama. Efek El-Nino akan sampai awal 2024 dengan kasus gagal panen. Fenomena yang ekstrim ini didasarkan oleh ENSO+ dan orang-orang harus bersiap dengan kekeringan).


Menulis caption text bisa dilatih karena kita hampir melakukannya dalam kegiatan bermedia sosial sehari-hari. Teks ini tidak boleh kabur dari gambar yang disediakan karena fungsinya hanya menjelaskan apa yang terjadi di dalam gambar.


_______________________________________

Baca juga: Congratulation and Compliment - Materi Kelas 10


Nah, itulah penjelasan mengenai Caption Text ya, Sobat Pijar! Semoga bisa membantumu memahami materi ini secara menyeluruh.


Eits, kamu masih semangat untuk belajar Caption Text? Pijar Belajar punya rangkuman lengkap yang menjelaskan pengertian, struktur, kaidah kebahasaan, hingga jenis-jenisnya, lho! Gak cuma itu, kamu juga bisa melatih kemampuanmu melalui mini quiz dan latihan soal. Aplikasinya lengkap banget, ‘kan?


Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved