pijarbelajar

Bahasa Inggris

Congratulation and Compliment - Materi Kelas 10

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Congratulation and Compliment - Materi Kelas 10 image

Saat seseorang mencapai sebuah keberhasilan atau memiliki pengalaman yang menyenangkan, sudah sepatutnya kita memberikan ucapan selamat atau memujinya, bukan? Nah, dalam artikel kali ini, Pijar Belajar mau ajak kamu sama-sama memahami materi congratulation and compliment dalam Bahasa Inggris. Penasaran?


Well, ternyata ada cara tertentu seperti kalimat dan ekspresi yang harus kamu gunakan pada saat memberikan congratulation dan compliment, lho. Begitu juga ketika kamu menerima sebuah pujian atau ucapan selamat, kamu juga harus tahu bagaimana cara meresponnya dengan benar. 


Yuk, simak penjelasan materi congratulation and compliment kelas 10 berikut ini!


Baca juga: Imperative Sentence: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh


Giving Congratulation and Compliment

Untuk memahami materi congratulation and compliment, kamu harus lebih tahu terlebih dahulu tentang pengertian, fungsi, dan contohnya. Setelah itu, kamu pasti akan bisa menggunakannya di dalam dialog. Yuk, ikuti terus penjalasan di bawah ini. 


Pengertian Congratulation

Apa itu arti congratulation? Congratulation merupakan sebuah ekspresi yang menggambarkan bahwa kita senang dengan pencapaian orang lain. Kalimat dari congratulation and compliment perlu diucapkan dengan ekspresi yang sukacita.


Ekspresi yang satu ini memiliki struktur yang terdiri dari expressions and responses. Kalimat expressions akan disampaikan oleh orang yang mengucapkan ekspresi ini, sementara responses adalah orang yang menerima ekspresi tersebut.


Penggunaan ungkapan congratulation juga seringkali diikuti dengan beberapa adjective dengan makna yang positif. Beberapa contohnya adalah: nice, great, amazing, good, excellent, awesome, dan fantastic. Artinya, kamu memuji betapa baiknya prestasi tersebut.


Fungsi Congratulation

Sementara itu, bagaimana dengan fungsi congratulation and compliment? Kalimat ini memiliki fungsi untuk menyampaikan sukacita dalam berbagai keadaan. Jadi, orang yang menerima tidak harus memenangkan sebuah perlombaan saja.


Kamu bisa mengungkapkan kalimat ini ketika ada orang yang sedang merayakan sesuatu, mendapatkan benda baru yang mereka inginkan, menikah, hingga kelulusan. Cara penyampaiannya pun tidak monoton karena banyak ekspresi yang bisa digunakan.


Contoh Kalimat Congratulation

Contoh 1:

Qila baru saja memenangkan perlombaan menyanyi solo yang diadakan di sebuah mall terbesar di Jakarta. Saat turun dari podium setelah menerima hadiah, teman-teman Qila memberikan ucapan selamat. Nah, contoh expression of congratulation yang bisa kamu sampaikan adalah: 


“Qila, you are so wonderful on the stage. Congratulations! You deserve it!” (Qila, kamu terlihat menawan di panggung. Selamat! Kamu pantas memenangkannya.)


Contoh 2:

Faraz memiliki rambut yang gondrong, kemudian ia memotong rambutnya. Keesokan harinya, ia pergi ke sekolah dengan rambut yang pendek. Dia pun terlihat lebih segar dari biasanya. Kamu bisa menyampaikan congratulation and compliment kepada Faraz.


“Faraz, you look great with your new hair. You won’t get punishment again this time because of your hair. I am happy for you, man!” (Faraz, kamu menawan dengan rambut baru. Kamu tidak akan dihukum lagi karena rambutmu. Aku ikut senang.)


Contoh 3:

Pamanmu membuka sebuah cabang toko baru setelah sekian lama membuka usaha minuman es teh. Hal ini merupakan impiannya sejak lama. Kamu bisa menggunakan ungkapan congratulations untuk pamanmu.


“Congratulations, Uncle! This is what you wait for, we should celebrate it! I hope you are more successful with your business.” (Selamat, Paman! Hal inilah yang paman tunggu, jadi kita harus merayakannya. Semoga paman lebih sukses dengan bisnisnya.)


Contoh 4:

Lukisan temanmu berhasil masuk ke dalam sebuah pameran museum dan kamu datang untuk melihatnya. Kemudian, kamu bertemu dengan temanmu. Contoh compliment expression dan congratulation yang perlu kamu ucapkan adalah sebagai berikut.


“Your painting is beautiful and artistic. No wonder, they choose yours. Congratulations! I hope you never give up!” (Lukisanmu sangat cantik dan artistik. Tidak heran jika mereka memilih lukisanmu. Selamat! Aku harap, kamu tidak pernah menyerah.)


Baca juga: Invitation Letter: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh


Responding to Congratulation and Compliment

Nah, setelah kita sama-sama memahami cara memberikan congratulation and compliment kepada orang lain, sekarang saatnya kita masuk ke pembahasan berikutnya, yaitu menanggapi congratulation and compliment. 


Saat itu mendapatkan pujian, tentunya kita perlu meresponnya dengan baik dan benar, ya. Hal tersebut adalah bentuk kamu mengapresiasi orang tersebut. Berikut beberapa contoh kalimat responding congratulation and compliment yang bisa kamu gunakan: 

  1. Thank you very much for your compliment. (Terima kasih atas pujian kamu).
  2. I’m glad you like it. (Aku senang kalau kamu menyukainya).
  3. Thank you, I’ll do my best. (Terima kasih, saya akan selalu mengusahakan yang terbaik.)
  4. That’s very kind of you. (Kamu baik sekali).
  5. It’s nothing compared to what you’ve done. (Ini tidak ada apa=apanya jika dibandingkan dengan hal yang kamu lakukan).


Contoh Dialog Congratulation

Dialog saat berada di acara kelulusan teman

A : “Wow, you look stunning on your graduation day. Congratulations and be successful in the future.”

B : “Thank you very much, my best friend.”

Artinya:

A : “Wow, kamu terlihat sangat memukau di acara kelulusanmu. Selamat dan semoga sukses di masa depan.”

B : Terima kasih banyak sobat.”


Dialog saat pengumuman lomba cerdas cermat

A : “You’ve done your best for this. It’s paid off, congratulations!”

B : “That’s kind of you. You’ve worked hard too.”

Artinya:

A : “Kamu sudah bekerja keras untuk perlombaan hari ini dan terbayar dengan kemenangan. Selamat!”

B : “Kamu baik sekali. Kamu juga sudah bekerja keras.”


Dialog saat teman menunjukkan sepatu barunya.

A : “Hi, look at my new shoes. The shoes are nice, aren’t they?”

B : “Wow, I agree with you. Aren’t they the latest edition from its brand?

A : “Yes. It’s a gift from my aunt. She gave it to me yesterday.”

B : “I am happy for you. She must be a nice aunt.”

Artinya:

A : “Hi, lihat sepatu baruku. Sepatunya terlihat cocok untukku, kan?”

B : “Wow, aku setuju. Bukankah sepatunya edisi terbaru dari brand tersebut?”

A : “Ya, ini hadiah dari bibi.”

B : “Aku turut senang. Dia pasti bibi yang sangat baik.”


___________________________________________________________________


Penggunaan congratulation and compliment bisa disampaikan di dalam berbagai kesempatan. Kamu harus menyesuaikannya dengan kondisi dan kepada siapa kamu berbicara. Kamu juga perlu mengungkapkan respon yang baik ketika menerima ungkapan tersebut dari orang lain.


Pelajari lebih lengkap tentang materi congratulation and compliment bareng Pijar Belajar, yuk! Kamu bisa banget coba mengukur kemampuan dengan mengerjakan berbagai latihan soal yang ada di Aplikasi Pijar Belajar. Lalu, pastikan kamu juga menyimak rangkuman dan video materinya, ya!


Ayo download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved