pijarbelajar

Bahasa Inggris

Imperative Sentence : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Imperative Sentence : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh image

Apakah Sobat Pijar pernah memerintahkan orang lain untuk melakukan sesuatu yang kamu inginkan? Nah, dalam bahasa Inggris, ketika kamu melakukan tindakan tersebut berarti kamu sedang mengaplikasikan imperative sentences.


Banyak orang menganggap jika imperative sentences hanya digunakan untuk kalimat perintah saja. Padahal, ada banyak sekali jenis imperative sentences yang bisa kamu gunakan. Yuk, simak definisi, rumus, fungsi, jenis, dan juga contoh imperative sentences, berikut ini!


Pengertian Imperative sentences

Dalam bahasa Inggris, Imperative Sentences adalah salah satu jenis kalimat yang digunakan untuk membuat perintah, peringatan, instruksi, nasihat, dan juga permintaan.


Jadi, gak heran kalau Sobat Pijar bisa menemukan imperative sentences di papan peringatan yang ada di tempat-tempat umum. Karena imperative text adalah sebuah perintah, maka jenis kalimat ini umumnya diakhiri dengan exclamation mark atau tanda seru (!).


Namun, tak jarang juga imperative sentences akan diakhiri dengan tanda tanya (?) atau question mark. Kamu bisa melihatnya dalam imperative sentences yang mengandung kata “please”.


Nah, agar Sobat Pijar tidak bingung untuk membedakannya, kamu bisa mengidentifikasikan sebuah kalimat tidak hanya melalui tanda bacanya saja tetapi dari isinya.


Rumus Imperative sentences

Kini saatnya Sobat Pijar mengetahui seperti apa rumus imperative sentences agar memudahkan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam imperative sentences rumus, ada dua jenis, nih, positif dan negatif, dengan penjelasan sebagai berikut:


1. Positive

Pada kalimat imperative sentences positif, kamu tinggal menambahkan verb aja di bagian depan, kemudian diikuti dengan objek atau complement-nya. Untuk rumusnya, yaitu sebagai berikut:


2. Negative

Berbeda dengan kalimat imperative sentences positif, pada kalimat negatif kamu harus menambahkan Do not/Don’t pada bagian awal, baru, deh kamu tambahkan verb dan dilanjutkan dengan object/ complement. Nah, biar lebih jelas, begini ya, rumusnya:



Fungsi Imperative sentences

Imperative sentences gak cuma kamu pakai untuk menyuruh orang saja, lho! Ada juga fungsi imperative sentences lainnya, yaitu:


1. Memberikan Perintah

Fungsi imperative sentence yang paling utama pasti kamu udah tahu ya, Sobat Pijar. Jenis kalimat ini umum digunakan untuk memberikan perintah. Itulah kenapa banyak orang yang menambahkan tanda seru di akhir kalimatnya.


2. Menyatakan Instruksi

Imperative sentences berfungsi untuk menyatakan prosedur atau instruksi. Kamu bisa melihat berbagai contoh imperative sentences di banyak tempat, misalnya panduan memasak di bungkus makanan atau panduan penggunaan pada box barang elektronik.


3. Mengajukan Permintaan

Kamu juga bisa menggunakan imperative sentences untuk menyatakan permintaan. Bentuk kalimat ini identik dengan menambahkan kata please atau do sehingga imperative sentences terdengar menjadi lebih sopan.


4. Memberikan Nasihat

Fungsi terakhir pada imperative sentences adalah untuk memberikan advice atau nasihat. Kalimat imperative sentences saat memberikan nasihat diucapkan menggunakan intonasi yang normal dan ringan.


Jenis Imperative Sentences

Menurut fungsinya, imperative sentences terdiri dari beberapa jenis, yaitu command, warning, advice, dan request. Berikut ini adalah macam-macam imperative sentences yang sebaiknya kamu ketahui:


1. Command/Perintah

Sobat Pijar pasti pernah menyuruh atau memberikan perintah pada orang lain di kehidupan sehari-hari bukan? Nah, jika kamu pernah melakukannya, berarti kamu sudah mengaplikasikan imperative sentences.


Dalam jenis ini, imperative sentences bermaksud untuk memberikan perintah pada orang lain. Imperative sentences command bisa dinyatakan dalam bentuk lisan maupun tulisan.


Kemudian, imperative sentences umumnya digunakan oleh seseorang yang memiliki kewenangan atau kekuasaan lebih terhadap lawan bicaranya. Misalnya, seperti atasan pada karyawannya, guru dengan muridnya, dan lain-lain.


2. Request/ Permintaan

Dalam imperative sentences, menyatakan permintaan berarti kamu meminta tolong seseorang untuk melakukan sesuatu namun tidak secara terpaksa. Saat Sobat Pijar ingin menyatakan permintaan, kamu bisa membubuhkan kata please agar memberikan kesan yang lebih sopan.


3. Warning/ Peringatan

Jenis imperative sentences ini digunakan untuk menunjukkan sebuah peringatan atau himbauan pada seseorang. Biasanya intonasi yang digunakan meninggi pada akhir kalimat.


Atau, pada jenis imperative sentences ini juga bisa kamu gunakan ketika memberikan larangan pada orang lain agar tidak melakukan sesuatu hal.


4. Advice/ Nasihat

Ketika kamu memberikan nasihat pada orang lain, berarti kamu juga mengaplikasikan imperative sentences, lho. Intonasi yang digunakan ringan, berbeda ketika kamu menyatakan perintah atau peringatan.


Contoh Kalimat Imperative sentences

Nah, untuk memudahkan Sobat Pijar memahami imperative sentences, sekarang saatnya mengetahui berbagai contohnya. Yuk, simak contoh 30 imperative sentences di bawah ini:


1. Command

Sebelumnya sudah dibahas, ya, kalau dalam imperative sentences kamu bisa menyatakan perintah pada lawan bicara. Ini dia beragam contohnya:

  • Turn on the air conditioner! (Nyalakan AC!)
  • Close the windows tightly! (Tutup jendela dengan rapat!)
  • Turn off the heating! (Matikan pemanas ruangan!)
  • Clean your bedroom now! (Bersihkan kamar tidurmu sekarang!)
  • Give me a cold drink! (Berikan saya minuman dingin!)
  • Don't cheat on a test! (Jangan menyontek saat ujian)
  • Hit the brakes now! (Injak remnya sekarang)


2. Request

Ketika kamu ingin meminta tolong pada orang lain untuk melakukan sesuatu, kamu akan menyatakan request atau kalimat permintaan. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini contohnya:

  • Please get hot water for me (Tolong ambilkan saya air hangat)
  • Call me in an hour, please (Tolong telepon saya satu jam lagi)
  • Tell me your class schedule today, will you? (Akankah kamu beritahu saya jadwal kelas kamu hari ini?)
  • Please make me a cup of hot coffee (Tolong buatkan saya segelas kopi hangat)
  • Help him clean his bag, can you? (Bisakah kamu membantu dia membersihkan tasnya?)
  • Show me which menu is the best, can you? (Bisakah kamu menunjukkan pada saya mana menu terbaik?)
  • Please don't be late (Tolong jangan terlambat)


3. Warning

Kamu juga bisa memberikan peringatan atau warning pada orang lain menggunakan imperative sentences. Ragam contohnya yaitu sebagai berikut:

  • Don't breathe the smoke! (Jangan hirup asap itu!)
  • Watch out for traps! (Awas jebakan!)
  • Don't touch the painting! (Jangan sentuh lukisan itu!)
  • Kill that mosquito! (Bunuh nyamuk itu!)
  • Don't step on a wet floor (Jangan injak lantai basah!)
  • Watch your step (Awasi langkahmu!)
  • Don't turn on the radio (Jangan nyalakan radio!)


4. Advice

Jika ingin memberikan nasihat kepada orang lain, kamu juga bisa, lho, menggunakan imperative sentences. Nah, untuk contohnya, kamu bisa lihat di sini:

  • You should drink 8 glasses of water per day so that your body is healthier. (Kamu sebaiknya minum 8 gelas per hari agar tubuh anda lebih sehat)
  • Don't stay up late if you don't want to be late for school. (Jangan begadang jika kamu tidak ingin terlambat datang ke sekolah)
  • I suggest you to go to a psychologist immediately. (Saya sarankan kamu untuk datang ke psikolog segera)
  • You can ask your friend why he left you. (Kamu bisa bertanya pada temanmu mengapa ia meninggalkanmu)
  • I would be very happy if you eat more vegetables. (Saya sangat senang jika kamu makan lebih banyak sayur)
  • You shouldn't wear a blazer to a birthday party. (Jangan mengenakan blazer ke pesta ulang tahun)
  • It will be better if you pay your debt this week. (Lebih baik kamu membayar hutangmu pada minggu ini)
  • I recommend you to eat steak at Good Mess restaurant. (Saya sarankan kamu untuk makan steak di restoran Good Mess)



____________________________________________________


Itulah ulasan yang menarik tentang imperative sentences yang sebaiknya Sobat Pijar ketahui. Dari contoh-contoh yang telah diberikan di atas, kamu akan lebih paham menggunakan imperative sentences dalam kehidupan sehari-hari.


Jika tertarik untuk belajar materi imperative sentence, kamu bisa gunakan aplikasi Pijar Belajar, nih. Selain materi Bahasa Inggris, tersedia juga konten-konten belajar menarik untuk mata pelajaran lain seperti Bahasa Indonesia, Fisika, Geografi, hingga Sejarah, lho! Wah, asyik banget, kan?


Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved