pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Kumpulan Contoh Majas Sinisme Lengkap Dengan Penjelasannya

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Kumpulan Contoh Majas Sinisme Lengkap Dengan Penjelasannya image

Nggak cuma sebagai sifat saja, kata “sinis” juga disematkan pada salah satu jenis majas, lho. Yup, majas tersebut adalah majas sinisme. Sesuai dengan namanya, majas sinisme bisa diartikan sebagai majas menyindir. Contoh majas sinisme bisa kamu lihat pada saat menyampaikan kritik, rasa kesal hingga ejekan kepada pihak lain.


Bisa dibilang, majas sinisme adalah cara menyampaikan perasaan tidak suka akan suatu hal dengan lebih bergaya. Penyampaian rasa tidak suka tersebut menggunakan gaya bahasa sinisme yang dilakukan secara langsung. Oleh karena itu, majas sinisme tidak menggunakan kiasan apapun.


Karena majas sinisme disampaikan secara langsung tanpa menggunakan kiasan apapun membuat sindiran yang disampaikan tampak lebih tajam dan kasar bagi sebagian orang. Sobat Pijar bisa belajar bagaimana cara membuat majas sinisme dengan menyimak contoh majas sinisme. 


Baca juga: Jenis Majas Lengkap dengan Contohnya


Pengertian Majas Sinisme

Arti sinisme di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI diartikan sebagai ungkapan yang berisi ejekan kepada pihak lain atau pandangan yang menganggap rendah orang lainnya. Sinisme juga sering disebut sebagai ungkapan berisi sindiran secara langsung atas kejelekan pihak lain yang tidak kita sukai.


Sementara itu, pengertian majas sinisme adalah gaya bahasa yang berbentuk sindiran terhadap pihak lain dan diungkapkan secara terang-terangan. Contoh majas sinisme dalam percakapan sehari-hari adalah “Kepalamu yang besar itu apa pernah sekali saja kau pakai untuk berpikir?”.


Kalimat berisi majas sinisme di atas terdengar sangat menyakitkan meskipun tidak menggunakan kata-kata kasar. Namun isi kalimat tersebut menyinggung kecerdasan seseorang dalam berpikir seolah-olah orang tersebut sangat bodoh.


Hm... ternyata nggak sedikit juga, nih, yang masih bingung bedanya majas sinisme dengan sarkasme dan ironi. Jadi, majas sinisme, sarkasme, dan ironi sebenarnya tergabung dalam kategori yang sama, yaitu majas sindiran. Makanya, nggak heran kalau ketiganya sama-sama menyampaikan sindiran kepada pihak lain.


Nah, kamu bisa membedakan ketiganya melalui cara penyampaian. Perbedaan majas sinisme dan sarkasme adalah majas sinisme menyampaikan sindiran secara langsung tanpa menggunakan kata kasar, sedangkan sarkasme menggunakan kata kasar. Lalu, kalau majas ironi disampaikan secara tersirat.


Ciri-Ciri Majas Sinisme

Jika melihat contoh majas sinisme, Sobat Pijar bisa melihat bahwa majas ini memiliki beberapa karakteristik khusus yang membedakannya dari jenis majas sindiran lainnya. Agar kamu bisa membedakan majas sinisme dari majas sindiran yang lain, berikut ciri-ciri yang harus diketahui:


1. Cara Pengungkapan Secara Terang-Terangan

Sebagai salah satu bentuk majas sindiran, hal yang sangat membedakan majas sinisme dari jenis majas sindiran lainnya adalah dari cara pengungkapannya secara terang-terangan. Jika Sobat Pijar ingin mengungkapkan sindiran melalui majas sinisme, maka penyampaian tidak boleh ada yang ditutup-tutupi. 


Hanya saja, contoh majas sinisme tidak bisa digunakan di setiap waktu atau setiap orang. Cara penyampaian yang dilakukan secara langsung bisa menyebabkan sebagian pihak mungkin sakit hati sehingga tetap harus berhati-hati memilih kosakata. 


2. Cara untuk Menyampaikan Penilaian

Ciri majas sinisme berikutnya adalah sebagai sarana untuk memberikan penilaian atas suatu hal. Penilaian yang diberikan bisa berbentuk penilaian atas performa kerja seseorang, sifat, kebiasaan, kesalahan dan sebagainya.


Misalnya pada contoh majas sinisme berikut ini, "Sebenarnya kamu itu cerdas, tapi entah kenapa setiap kali melakukan perhitungan kamu selalu ceroboh."


Kalimat berisi majas sinisme di atas berisi penilaian atas kemampuan seseorang. Tujuan majas sinisme tersebut sebenarnya sangat bagus, yakni agar orang mengetahui letak kekurangannya dan mengubah kebiasaan buruk tersebut.


3. Terkadang Berbentuk Ejekan atau Hinaan

Ciri-ciri majas sinisme berikutnya adalah seringkali cara pengungkapannya dalam bentuk ejekan atau hinaan. Tujuan sebenarnya majas sinisme sebenarnya bukan untuk menyakiti hati pihak yang dikritik melainkan agar pihak tersebut mengetahui kesalahan apa yang mereka perbuat. 


Hanya saja, karena penyampaian kritik tersebut dilakukan secara terang-terangan sehingga bentuknya mirip seperti ejekan atau hinaan. 


Contoh majas sindiran sinisme yang tampak seperti hinaan atau ejekan adalah ucapan berikut, "Tidakkah otakmu itu pernah dipakai sekali saja? Bisa-bisanya perhitungan sederhana seperti ini saja salah."


Contoh Majas Sinisme

Masih banyak contoh majas sinisme lainnya yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Majas sinisme umumnya diucapkan langsung ke pihak yang dituju secara jujur. Berikut adalah beberapa bentuk majas sinisme populer yang diucapkan di kehidupan sehari-hari


  • Dia terlalu malas sampai-sampai badannya mirip dengan gentong air

Arti: Komentar di atas berisi sindiran terhadap fisik seseorang yang sangat gemuk seperti "gentong" karena malas


  • Negeri ini hampir-hampir tidak ada harapan. Setiap hari ada saja yang tertangkap korupsi. 

Arti: Majas sinisme tidak hanya bisa ditujukan kepada orang saja namun juga instansi dan negara. Komentar menyindir di atas diberikan karena rasa muak dan kesal atas tingkah para koruptor.


  • Politikus itu, tiba-tiba jadi shaleh dan suka pergi ke masjid saat akan pemilihan saja. Selepas terpilih sholat pun entah-entah. 

Arti: Majas sinisme atas tingkah tidak layak para politikus yang hanya berbuat baik agar dipilih saja


  • Zaman sekarang susah sekali mencari orang yang benar-benar berbakat. Hampir semua orang yang viral hanya bermodal sensasi saja. 

Arti: Sindiran ditujukan kepada fakta sosial secara umum berupa maraknya orang-orang terkenal hanya modal sensasi tanpa punya bakat


  • Suara dia terlalu merdu hingga membuat sakit kepala

Arti: Kalimat berupa kritik atas suara orang yang jelek


__________________________________________________________________________


Baca juga: Jenis dan Contoh Majas Repetisi


Majas sinisme termasuk ke dalam jenis majas sindiran yang disampaikan secara langsung tanpa menggunakan kiasan untuk mengejek atau mengkritik suatu hal yang tidak disukai. Sobat Pijar bisa melihat berbagai contoh majas sinisme di atas untuk lebih memahami cara menyampaikan sindiran yang tepat.


Yuk, pelajari lebih banyak tentang majas sinisme bareng Pijar Belajar! Aplikasi bimbel online Pijar Belajar merupakan aplikasi belajar yang menyediakan berbagai konten pembelajaran untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Mulai dari latihan soal, video pembahasan, hingga rangkuman materi, ada semua, deh, di Pijar Belajar!


Download Pijar Belajar sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved