pijarbelajar

Ekonomi

Kegiatan Konsumsi: Definisi, Tujuan, Ciri-ciri, dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Kegiatan Konsumsi: Definisi, Tujuan, Ciri-ciri, dan Contohnya image

Sobat Pijar sudah tahu belum apa yang dimaksud dengan kegiatan konsumsi? Kegiatan konsumsi merupakan salah satu dari kegiatan ekonomi. Apa saja yang termasuk kegiatan konsumsi? Yuk, simak definisi, contoh, ciri-ciri, dan fungsi kegiatan konsumsi di bawah ini!


Baca juga: Peran Pelaku Ekonomi dan Kegiatan Ekonomi yang Perlu Kamu Tahu


Apa Itu Kegiatan Konsumsi?

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menghabiskan nilai guna. Kegiatan konsumsi juga bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bersama maupun individu. Kegiatan konsumsi dapat dilakukan oleh tiga pihak antara lain rumah tangga, perusahaan, dan negara. 


Kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi terhadap barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri adalah rumah tangga keluarga (RTK). Selain itu, ada juga kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi terhadap barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, disebut dengan rumah tangga perusahaan (RTP). 


Berikut ini yang merupakan kegiatan konsumsi adalah membeli barang dan jasa, membeli kebutuhan dasar, dan membeli kebutuhan untuk hiburan. Kegiatan konsumsi merupakan salah satu bagian dari kegiatan ekonomi, tepatnya merupakan bagian akhir dari kegiatan ekonomi. Selain itu, kegiatan ekonomi lainnya adalah kegiatan produksi dan distribusi. 


Contoh kegiatan produksi antara lain adalah:

  1. Petani yang memproduksi beras
  2. Produksi roti
  3. Produksi perhiasan dari logam mulia
  4. Produksi pakaian
  5. Produksi sepatu
  6. Produksi tempe dan tahu
  7. Penambangan minyak, batu bara, dan lain-lain.


Sementara itu, contoh kegiatan distribusi antara lain adalah:

  1. Sayur dan buah-buahan didistribusikan dari petani ke pasar
  2. Ikan didistribusikan dari pemasok ke pasar swalayan
  3. Berjualan tempe dan tahu di pasar
  4. Menjual produk di toko online. 


Tujuan Kegiatan Konsumsi

Ada beberapa tujuan konsumen melakukan kegiatan konsumsi. Tujuan kegiatan konsumsi adalah:


1. Menghabiskan Nilai Guna Suatu Barang Sekaligus

Barang seperti makanan dan minuman ada yang sifatnya harus segera dikonsumsi sebelum basi. Ini termasuk barang lain seperti produk perawatan kulit, perawatan tubuh, dan lain-lain yang ada tanggal kedaluwarsanya. 


2. Mengurangi Nilai Guna Suatu Barang/Jasa Secara Bertahap

Berikutnya, tujuan seseorang melakukan kegiatan konsumsi adalah mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap. Ini termasuk penggunaan barang yang tahan lama. Misalnya furnitur, alat elektronik, sepeda, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. 


3. Memuaskan Kebutuhan Secara Fisik

Memuaskan kebutuhan secara fisik adalah membeli barang atau jasa yang berguna untuk tubuh konsumen. Misalnya wanita yang membeli perlengkapan make up untuk mempercantik tubuh dan pria yang membeli alat dan krim cukur agar penampilan lebih baik. Membeli pakaian dan item fashion lainnya juga termasuk memenuhi kebutuhan fisik. 


4. Memenuhi Kebutuhan Jasmani & Rohani

Tujuan berikutnya adalah membeli sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani. Misalnya makanan, minuman, dan olahraga mampu memenuhi kebutuhan jasmani. Sementara kebutuhan seperti hiburan, beribadah, dan menjalankan hobi bisa memenuhi kebutuhan rohani atau spiritual. 


Ciri-ciri Kegiatan Konsumsi

Supaya lebih mengenali kegiatan konsumsi, berikut ini ciri-cirinya:

  1. Dilakukan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
  2. Membeli barang dari toko
  3. Barang maupun jasa yang digunakan selalu berkurang
  4. Barang memiliki nilai yang bermanfaat. 


Faktor-faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang?

Faktor utama yang mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat adalah:

  1. Penghasilan
  2. Jumlah anggota keluarga
  3. Tingkat pendidikan
  4. Harga barang dan jasa
  5. Selera dan gaya
  6. Adat istiadat dan kebiasaan. 


Contoh Kegiatan Konsumsi

Supaya lebih paham tentang kegiatan konsumsi, kita bisa cari tahu contoh-contohnya. Pertama, kegiatan ekonomi yang termasuk kegiatan konsumsi adalah pembelian barang, apa pun jenis barangnya. Proses membeli barang termasuk memilih, membeli, dan membawa barang itu pulang ke rumah atau ke mana pun barang tersebut dibutuhkan. Bukan hanya membeli barang, membeli jasa juga termasuk kegiatan konsumsi. Prosesnya juga kurang lebih sama dengan membeli barang. Konsumen akan memilih dulu jasa yang layanannya sesuai dengan apa yang dicari, lalu membeli, dan menggunakan jasanya. 


Selain itu, membeli berbagai alat komunikasi dan teknologi untuk hiburan juga termasuk kegiatan konsumsi. Bentuk hiburan sangat beragam, namun biasanya tujuannya adalah untuk mendapat pengalaman positif dan meningkatkan kualitas hidup. Hiburan bisa berupa liburan, main game, menonton, wisata kuliner, olahraga, dan lain sebagainya yang membutuhkan biaya. Karena pergeseran gaya hidup masyarakat modern, beberapa alat teknologi seperti smartphone sudah menjadi sesuatu yang tidak bisa tidak dimiliki. Untuk bisa berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja, harus memiliki smartphone. Selain itu, alat teknologi lain seperti laptop, komputer, dan alat elektronik lainnya juga termasuk dalam kegiatan konsumsi. 


Sekarang ada banyak media online yang gratis dan bisa kita konsumsi setiap hari kapan saja. Tapi ada juga berbagai media online berbayar yang baru bisa kita baca atau tonton setelah membayar langganan 1 bulan, 3 bulan, dan seterusnya. Berkaitan dengan perkembangan teknologi, saat ini untuk sekedar berkomunikasi saja membutuhkan koneksi internet. Karena itu, konsumen membeli kuota internet atau berlangganan Wi-Fi untuk di rumah maupun tempat kerja. 


Baca juga: Mengenal Teori Perilaku Konsumen Dengan Pendekatan Kardinal dan Ordinal

_______________________________________


Nah, kalau Sobat Pijar dapat pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan kegiatan konsumsi tuliskan tiga contohnya?” atau “Apa 5 contoh kegiatan konsumsi?,” pasti sudah bisa menjawab dengan mudah, kan? Selain kegiatan konsumsi, Sobat Pijar juga bisa menemukan penjelasan tentang kegiatan ekonomi lainnya di website Pijar Belajar. Temukan juga gambar kegiatan konsumsi di Pijar Belajar! Lengkap dan penjelasannya mudah dipahami, jadi langsung saja temukan topik yang ingin kamu pelajari!


Yuk, unduh aplikasi Pijar Belajar sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved