pijarbelajar

Bahasa Inggris

Kalimat Simple Present Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Kalimat Simple Present Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Contohnya image

Sobat Pijar pasti sering sekali mendengar kalimat bahasa Inggris seperti “I love you” atau “He likes me” dalam film, bukan? Nah, Kedua kalimat tersebut adalah contoh dari kalimat simple present tense, salah satu dari 16 tenses yang paling dasar kamu pelajari.


Kemudian, tenses tersebut juga sederhana dan banyak digunakan dalam bahasa Inggris, lho. Lalu, seperti apa sih rumus, fungsi, ciri-ciri, time signal, dan juga contoh kalimat simple present tense? Yuk, Sobat Pijar, simak penjelasannya berikut ini!


Baca juga: Grammar: Pengertian, Fungsi, dan Komponennya


Pengertian Simple Present Tense

Simple present tense adalah salah satu tenses yang digunakan untuk mengulas sesuatu yang umum, suatu kebenaran umum, maupun sesuatu yang terjadi berulang-ulang. Oleh karena itu, simple present tense sering digunakan dalam kehidupan keseharian.


Kemudian, present tense juga merupakan salah satu pola bentuk kata kerja yang fungsinya untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi pada masa sekarang. Itulah mengapa sobat Pijar sering melihat, mendengar, atau membaca bentuk kalimat simple present tense.


Rumus Simple Present Tense

Sobat Pijar tidak perlu khawatir karena pada tense ini, rumusnya tidak terlalu sulit kok. Pasalnya, tenses ini sering digunakan untuk menyatakan fakta dan juga peristiwa yang biasanya dilakukan.


Namun, sebelum kamu mengetahui rumus pada kalimat simple present tense, pahami dulu jika suatu kalimat dapat terbentuk verbal atau nominal. Dengan demikian, suatu predikat tidak hanya selalu dalam bentuk verb atau kata kerja saja. 


Pada kalimat verbal, kata kerja (verb) akan mengikuti subject. Sedangkan, pada kalimat nominal, setelah subject adalah kata kerja bantu atau to be (auxiliary verb).


Rumus simple present tense kalimat verbal:

(+) Subject + Verb 1 (s/ es) + Object

(-) Subject + do/does + not + Object

(?) Do/does + subject + verb 1 + Object


Rumus simple present tense kalimat nominal:

(+) Subject + to be (am, is, are) + Complement

(-) Subject + to be (am, is, are) + not + Complement

(?) To be (am, is, are) + Subject + Complement


Fungsi Simple Present Tense

Ketika sobat Pijar membuat kalimat simple present tense, tentunya harus memenuhi kaidah yang ada. Pasalnya, tense ini memiliki fungsi tersendiri. Berikut ini adalah kegunaan present tense yang wajib untuk Sobat Pijar ketahui:


1. Menjelaskan Fakta yang Sudah Pasti

Kalimat simple present tense berfungsi untuk menjelaskan suatu kebenaran mutlak dan umum yang ada disekitar. Kemudian, kebenaran ini tidak dapat diganggu gugat dan menyatakan hal yang konkret.


Umumnya, peristiwa ini berhubungan dengan fenomena alam, geografi, ataupun ilmu pengetahuan yang merupakan kebenaran umum. Misalnya, “Amsterdam is the capital city of the Netherlands.” Tentunya Sobat Pijar tahu dong bahwa Amsterdam adalah ibukota Belanda dan ini adalah sebuah fakta yang tidak bisa dibantah.


2. Mengekspresikan Emosi dan Perasaan

Ketika ingin mengekspresikan perasaan, seperti rasa sedih, kecewa, marah, ataupun bahagia, dapat diungkapkan melalui kalimat simple present tense.


Contoh kalimatnya yaitu, “I'm happy because my friend came to see me”, yang berarti saya senang karena teman saya datang untuk menemui saya.


3. Mengungkapkan Sesuatu yang Selalu Terjadi Berulang-ulang

Fungsi kalimat simple present tense berikutnya adalah untuk memperlihatkan aktivitas dalam kehidupan keseharian. Atau, bisa juga menunjukkan kebiasaan atau jadwal yang biasa dilakukan berulang kali.


Misalnya yaitu, “I drink milk every morning”. Artinya yaitu saya minum susu setiap pagi.


4. Menjelaskan Peristiwa yang Dijadwalkan dalam Waktu Dekat

Pada kalimat simple present tense fungsi lainnya adalah untuk menjelaskan acara ataupun kegiatan yang sudah terjadwal dalam waktu dekat. Kemudian, umumnya tenses ini juga membahas jadwal transportasi.


Sebagai contoh, “the plane departs at 07.00 pm”. Artinya adalah pesawat akan berangkat pukul 07.00 malam.


5. Memberi Perintah

Kalimat simple present tense juga berfungsi untuk menyatakan instruksi ataupun perintah. Oleh karena itu, tidak heran jika pada kemasan bungkus makanan, instruksi cara memasaknya akan menggunakan simple present tense.


Contohnya adalah “Fry potatoes using high heat”, yang artinya goreng kentang menggunakan api yang besar.


Ciri-ciri Simple Present Tense

Pada setiap kalimat simple present tense pasti memiliki ciri-ciri tersendiri. Hal ini lah yang membedakannya dengan tenses lainnya. Adapun ciri-ciri simple present tense yakni sebagai berikut:

  • Predikat dalam kalimat simple present tense bentuknya selalu bare infinitive, yaitu verb/kata kerja yang bisa kamu gunakan tanpa perlu menggunakan to be pada suatu kalimat tertentu.
  • Contoh simple present tense berbentuk bare infinitive, misalnya khusus untuk subjek yang terdiri dari orang ketiga tunggal, maka kata kerjanya mendapat akhiran huruf s/ es/ ies.
  • Pada kalimat simple present tense pada bentuk interrogative atau tanya, tambahkan kata do/does untuk kalimat verbal. Kemudian, tambahkan to be, seperti am, is, are untuk kalimat non verbal di depan subjek.
  • Tujuan simple present tense juga bisa menyatakan kalimat negatif. Untuk kalimat simple present tense dengan bentuk negatif, tambahkan kata do not/don't atau does not/doesn't pada kalimat verbal. Kemudian, tambahkan to be untuk kalimat non verbal di belakang subjek.
  • Jika pada kalimat simple present tense verbal sudah menggunakan kata does atau does not, maka akhiran huruf s/es/ies dihilangkan dari kata kerjanya.


Time Signal Present Tense

Pada kalimat simple present tense juga menggunakan tanda waktu atau time signal. Tanda waktu yang sering digunakan pada tense ini adalah adverb of frequency (keterangan perulangan) dan juga adverb of time (keterangan waktu). Berikut ini adalah beberapa contohnya:




Contoh Kalimat Present Tense

Pada kalimat simple present tense memiliki 3 bentuk, yaitu positif, negatif, dan juga interogatif. Jika ingin mengetahui seperti apa contoh kalimat simple present tense dalam ketiga bentuk tersebut, di bawah ini adalah ulasannya:


1. Positif

Ini adalah contoh kalimat yang berkonotasi positif. Contoh kalimat simple present tense positif yaitu sebagai berikut:

  • Bianca swims every Saturday morning. (Bianca berenang setiap Sabtu pagi).
  • Bertha is a good and smart child. (Bertha adalah anak yang baik dan pintar).
  • Bali is in Indonesia. (Bali berada di indonesia).
  • They are from the same city. (Mereka berasal dari kota yang sama).


2. Negatif

Pada bagian ini akan dijelaskan contoh kalimat yang memiliki arti yang negatif. Contoh kalimat simple present tense dalam bentuk negatifnya yaitu:

  • Bianca does not swim every Saturday morning. (Bianca tidak berenang setiap Sabtu pagi).
  • Bertha is not a good and smart child. (Bertha bukanlah anak yang baik dan pintar).
  • Bali is not in Indonesia. (Bali tidak berada di Indonesia).
  • They are not from the same city. (Mereka tidak berasal dari kota yang sama).


3. Interogatif

Ini adalah contoh kalimat yang menerangkan kalimat interogatif atau yang biasa dikenal dengan kalimat tanya. Beberapa contoh kalimat simple present tense dalam bentuk interogatif adalah:

  • Does Bianca swim every Saturday morning? (Apakah Bianca berenang setiap Sabtu pagi?).
  • Is Bertha a good and smart child? (Apakah Bertha adalah anak yang baik dan pintar?).
  • Is Bali in Indonesia? (Apakah Bali berada di Indonesia?).
  • Are they from the same city? (Apa mereka berasal dari kota yang sama?).


Yuk, pelajari lebih banyak tentang kalimat simple present tense dan grammar lainnya dengan klik banner di bawah ini!


___________________________________________________


Baca juga: Present Perfect Tense: Pembahasan Rumus, Contoh Kalimat, Soal & Kunci Jawaban


Nah, sobat Pijar, itulah ulasan menarik mengenai kalimat simple present tense, mulai dari pengertian, rumus, ciri-ciri, timetable, hingga contohnya. Meskipun terdengar sederhana, namun kamu perlu rajin berlatih agar mahir dalam penggunaan tense ini, ya!


Untuk belajar penggunaan tenses lebih lanjut, kamu bisa gunakan Pijar Belajar sebagai teman belajar bahasa Inggrismu, lho! Selain ada materi simple present tense, tentunya ada banyak lagi materi bahasa Inggris lain yang bisa kamu sesuaikan dengan jenjang pendidikanmu saat ini! 


Wah, bisa tambah pe-de nih, ngomong Englishnya!


Yuk, unduh aplikasi Pijar Belajar sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved