pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif - Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif - Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya image

“Buang sampah pada tempatnya agar supaya lingkungan yang kita cintai ini bersih.” Hayo, kalimat tersebut merupakan kalimat efektif atau tidak efektif, nih? Yup, kalimat tersebut merupakan contoh dari kalimat tidak efektif, ya. Ada yang sudah tahu belum apa perbedaan kalimat efektif dan tidak efektif itu? 


Kamu tentu sering menemukan berbagai macam kalimat. Ada yang berupa kalimat panjang dan bertele-tele dan ada juga kalimat yang singkat, jelas, dan padat. Nah, berbagai macam kalimat tersebut bisa kamu kenali dengan kalimat efektif dan tidak efektif. 


Supaya kamu semakin paham dengan kalimat efektif dan tidak efektif ini, coba simak penjelasan lengkap mengenai apa itu kalimat efektif dan tidak efektif, ciri, perbedaan, dan contoh kalimat efektif dan tidak efektif berikut ini, yuk! 


Baca juga: Struktur Teks Inspiratif dan Contohnya – Bahasa Indonesia Kelas IX


Kalimat Efektif

Pertama-tama kita akan masuk dalam pembahasan tentang kalimat efektif, nih. Sesuai dengan namanya, kalimat efektif harus bersifat efektif alias to the point. Berikut pengertian dan ciri-ciri kalimat efektif yang perlu kamu tahu. 


Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Efektif?

Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan pesan dengan jelas dan tepat sasaran tanpa kelebihan kata-kata yang tidak perlu. Singkatnya, kalimat efektif bisa kamu artikan sebagai kalimat yang to the point atau singkat, jelas, dan padat. 


Nah, dalam konteks penggunaan bahasa yang lebih formal, kalimat efektif mengutamakan kesederhanaan dan kejelasan. Penulisnya memperhatikan struktur kalimat yang padat, pemilihan kata yang tepat, serta menghindari ambiguitas atau kebingungan dalam penyampaian pesan.


Selain itu, kalimat efektif juga mampu membangun kohesi dan koherensi dalam suatu teks atau percakapan. Penggunaan kata-kata yang sesuai dan penyusunan kalimat yang logis dapat meningkatkan pemahaman dan mempermudah proses komunikasi antara penulis dan pembaca. 


Kalimat efektif juga memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang benar, sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca atau pendengar. Oleh karena penyampaiannya yang efektif, kalimat efektif kerap dijadikan kalimat untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis. 


Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Setelah memahami tentang apa itu kalimat efektif, bagaimana cara menentukan kalimat efektif atau tidak efektif, ya? Tentunya kamu bisa mengenali kalimat efektif dengan melihat ciri-cirinya. Ciri-ciri kalimat efektif adalah sebagai berikut. 

  1. Singkat, jelas, tepat, dan padat, kalimat efektif harus disampaikan secara efektif dan tidak bertele-tele. 
  2. Terdapat subjek dan predikat yang jelas, misalnya dengan menghindari kata depan sebelum penyebutan subjek atau adanya subjek ganda dalam satu kalimat.
  3. Tidak menggunakan kata hubung pada kalimat tunggal, contohnya seperti “Dan Budi mengambil bola.”
  4. Kehematan kata, kalimat yang efektif tidak menggunakan kata-kata yang mubazir. Jadi, pastikan kamu tidak menggunakan kata-kata yang tidak perlu, ya, dalam kalimat efektif. 
  5. Tidak menggunakan kata jamak, contohnya seperti hadirin sekalian, para panitia semua, dan bapak ibu sekalian


Kalimat Tidak Efektif

Setelah kita memahami apa itu kalimat efektif, sekarang saatnya kita berkenalan dengan kalimat tidak efektif, nih. Berikut pengertian kalimat tidak efektif dan ciri-cirinya yang bisa kamu simak.

 

Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Tidak Efektif?

Sesuai dengan namanya, kalimat tidak efektif merupakan kalimat yang penyampaiannya tidak efektif. Jadi, bisa dikatakan bahwa kalimat tidak efektif adalah kalimat yang tidak dapat menyampaikan pesan atau informasi dengan jelas dan tepat sasaran. 


Kalimat tidak efektif biasanya berbentuk terlalu rumit, bertele-tele, atau ambigu sehingga pembaca atau pendengar kesulitan memahami maksud dari kalimat tersebut. Selain itu, kalimat ini juga bisa disebabkan oleh kurang tepatnya penggunaan tanda baca dalam kalimat sehingga pembaca sulit memahaminya. 


Dalam komunikasi yang efektif, Sobat Pijar perlu menghindari kalimat-kalimat yang tidak efektif agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiensnya.


Ciri-Ciri Kalimat Tidak Efektif

Lalu, bagaimana cara menentukan kalimat efektif atau tidak efektif? Ciri-ciri kalimat tidak efektif yang utama adalah bertele-telenya penyampaian inti kalimat di dalamnya. Contoh kalimat tidak efektif bisa kamu lihat dalam kalimat berikut ini. 


Kepada hadirin jemaat sekalian telah sampailah kita di penghujung acara yang sangat amat menyenangkan hati ibu bapak sekalian silahkan kembali ke aktivitas masing-masing


Kalimat tersebut tidak efektif karena terdapat banyak penggunaan kata jamak yang membuat inti kalimat sulit dipahami. Selain itu, tidak ada juga penggunaan tanda baca yang digunakan. Jadi, bisa simpulkan bawah ciri-ciri kalimat tidak efektif adalah bertele-tele, banyak menggunakan kata jamak, menggunakan tanda baca yang kurang tepat, dan memiliki subjek dan predikat yang kurang jelas. 


Perbedaan Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Perbedaan antara kalimat efektif dan tidak efektif terletak pada kemampuan kalimat tersebut menyampaikan pesan atau informasi. Berikut perbedaan utama kalimat efektif dan tidak efektif. 


Aspek

Kalimat Efektif

Kalimat Tidak Efektif

Ketepatan dan Kekejelasan

Menyampaikan pesan dengan tepat dan jelas.

Pesan mungkin ambigu, tidak jelas, atau tidak terstruktur.

Kesesuaian dengan Konteks

Sesuai dengan konteks komunikasi (formal/informal).

Tidak memperhatikan konteks, bisa terlalu formal atau santai.

Kekompakan dan Kelengkapan

Padat, singkat, namun informatif.

Terlalu panjang dan bertele-tele atau terlalu pendek.


Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Gimana? Sudah semakin paham belum dengan kalimat efektif dan tidak efektif? Setelah kita memahami pengertian, ciri, dan perbedaannya, lantas apa saja contoh kalimat efektif dan tidak efektif, ya? Ini dia 5 contoh kalimat efektif dan tidak efektif. 


Contoh Kalimat Efektif

Kalimat efektif merupakan kalimat yang penyampaiannya singkat, jelas, tepat, dan padat. Memangnya contoh kalimat efektif itu seperti apa, sih? Berikut 5 contoh kalimat efektif yang bisa kamu simak. 

  1. Budi pergi bermain bola. 
  2. Acara 17-an berlangsung meriah. 
  3. Jika terdapat mahasiswa yang melanggar peraturan ujian harap lapor petugas. 
  4. Dapatkan gelas cantik setiap pembelian satu sabun. 
  5. Tak jauh dari situ, Andi dan Anwar mendirikan tenda. 


Contoh Kalimat Tidak Efektif

Selanjutnya kita akan sama-sama membahas tentang contoh kalimat tidak efektif, nih. Berdasarkan ciri-cirinya, kalimat tidak efektif memiliki penggunaan kata yang bertele-tele dan penyampaian inti kalimat yang sulit dipahami. Salah satu contoh kalimat tidak efektif adalah: 


Ada banyak macam-macam makanan disediakan oleh restoran itu. 


Kalimat tersebut tidak efektif karena terdapat kata jamak yang bertele-tele. Sobat Pijar bisa mengubah kalimat tersebut menjadi kalimat efektif, lho. Contoh kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif pada kalimat di atas adalah menjadi:


Ada banyak makanan disediakan oleh restoran itu


Nah, berikut 5 contoh kalimat tidak efektif lainnya yang bisa kamu simak. 

  1. Para tamu dipersilahkan untuk duduk di kursi kembali. 
  2. Handphone adalah merupakan alat untuk komunikasi yang memudahkan kita menghubungi berbagai banyak orang.
  3. Gunung yang sangat amat cantik itu banyak dijadikan tempat favorit wisatawan mancanegara. 
  4. Mobil yang dikendarai oleh Ani memiliki banyak stiker-stiker tokoh favoritnya. 
  5. Berbagai macam Film-film kartun yang ditayangkan setiap hari minggu menghibur banyak anak-anak. 


______________________________________


Baca juga: Struktur Teks Iklan, Kaidah Kebahasaan, Ciri, dan Contohnya


Itu dia Sobat Pijar penjelasan seputar kalimat efektif dan tidak efektif yang bisa kamu simak. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu memahami materi tersebut, ya. 


Kalau kamu ingin belajar lebih banyak tentang materi Bahasa Indonesia lainnya, kamu bisa banget menggunakan Aplikasi Pijar Belajar! Aplikasi ini merupakan aplikasi bimbel online yang memiliki berbagai macam fitur belajar, mulai dari rangkuman, video materi, hingga latihan soal, try out, dan tes minat bakat, lho


Tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar atau klik bannernya di bawah ini. 




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved