pijarbelajar

Ekonomi

Jurnal Pembalik - Pengertian, Akun, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Jurnal Pembalik - Pengertian, Akun, Fungsi, dan Cara Membuatnya image

Setelah kamu mempelajari berbagai proses akuntansi meliputi pembuatan neraca saldo, jurnal penyesuaian, akun buku besar, sekarang saatnya kamu mengenal istilah jurnal pembalik atau disebut reverse entry. 


Jurnal pembalik atau reverse entry dibuat dalam rangka memudahkan akuntan dalam membuat akun neraca. Tujuan dibuatnya reverse entry adalah untuk efisiensi waktu. Kamu mungkin penasaran bagaimana caranya membalik jurnal keuangan ya?


Untuk itu di dalam artikel ini akan disajikan panduan pembuatan jurnal pembalik dengan cara yang sederhana. Sobat Pijar baca dari awal sampai akhir ya, supaya gak ketinggalan satu pun informasinya.


Baca juga: Jurnal Penutup: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya


Pengertian Jurnal Pembalik

Jurnal pembalik adalah jurnal pada tahap laporan keuangan yang dipakai untuk membalik jurnal penyesuaian yang akan menyusun akun neraca. Jurnal ini juga dikenal sebagai reverse entry, biasa dibuat di awal periode akuntansi selanjutnya.


Tujuan dibuatnya jurnal pembalik adalah untuk membalik beberapa jurnal penyesuaian yang dibuat pada periode sebelumnya sehingga memunculkan akun riil baru. Tidak semua akuntan membuat reverse entry untuk melakukan pengecekan.


Apakah jurnal pembalik wajib dibuat dalam proses akuntansi? Well, Sobat Pijar, penyusunan jurnal pembalik bersifat opsional saja. Jika akuntan merasa perlu membalik jurnal untuk menghindari akun ganda, maka jurnal akan dibalik. 


Jurnal pembalik berbeda dengan jurnal penutup. Perbedaan jurnal penutup dan jurnal pembalik adalah pada waktu pembuatan dan fungsinya. Jurnal penutup dibuat akhir periode akuntansi saat ini untuk menutup seluruh akun yang masuk perkiraan sementara. 


Dengan ditutup pada jurnal penutup maka saldo menjadi nol dan akun modal akan menunjukkan angka sesungguhnya. Jurnal pembalik dibuat setiap awal periode akuntansi mendatang untuk membalik jurnal penyesuaian. 


Fungsi Jurnal Pembalik

Meskipun sifat jurnal pembalik adalah opsional, namun sebenarnya jurnal ini memiliki berbagai fungsi terhadap proses pencatatan transaksi keuangan dan laporan keuangan di dalam perusahaan. Di bawah ini adalah fungsi dari pembuatan reverse journal:

  • Meminimalisir tingkat kekeliruan maupun kesalahan yang bisa saja terjadi dalam proses penyusunan laporan keuangan. Patut diingat bahwa penyusunan laporan keuangan melibatkan berbagai data transaksi yang bisa saja terjadi kesalahan input seperti double entry pengakuan biaya atau pendapatan
  • Agar proses pencatatan akuntansi di awal periode akuntansi mendatang lebih mudah, khususnya yang berkaitan dengan ayat jurnal penyesuaian
  • Dengan dibuatnya jurnal pembalik maka proses penyusunan jurnal untuk periode akuntansi ke depan lebih sederhana. Fungsi ini diperoleh khususnya jika ayat jurnal yang dibuat perusahaan berjumlah banyak.


Sehingga pernyataan dibawah ini yang tidak termasuk fungsi jurnal pembalik adalah menghilangkan akun yang tidak ada di periode berikutnya dan bersifat sementara.


Akun Jurnal Pembalik

Tidak seluruh akun yang ada di jurnal penyesuaian mengharuskan adanya jurnal pembalik. Ada beberapa karakteristik akun yang membutuhkan reverse account seperti akun tersebut menghasilkan akun rill yang baru atau akun tersebut belum tampak di neraca saldo. Berikut akun yang memerlukan reverse journal:


1. Beban yang Masih Harus Dikeluarkan

Akun pada jurnal penyesuaian pertama yang membutuhkan jurnal pembalik adalah beban yang masih harus dibayar perusahaan di akhir dari periode akuntansi. Oleh karena itu beban ini masih akan dimasukkan di periode akuntansi mendatang.


2. Beban Dibayar di Muka

Akun jurnal penyesuaian berikutnya yang membutuhkan jurnal pembalik adalah beban yang dibayar di depan, hanya saja beban tersebut belum tercatat sebagai beban di periode akuntansi terkait. 


Untuk jenis akun beban ini maka akuntan bisa menggunakan jurnal pembalik. Beban jenis ini bisa terjadi apabila biaya suatu transaksi yang merupakan pengeluaran perusahaan sudah dibayar untuk periode akuntansi tertentu.


Sementara itu, apabila beban yang dibayar di muka tersebut tercatat sebagai aset atau harta maka tidak membutuhkan jurnal pembalik. Hal ini disebabkan nilai akun ini tidak sama dengan nol.


3. Pendapatan Diperoleh di Muka 

Akun jurnal pembalik pendapatan diterima di muka merupakan pendapatan (revenue) perusahaan yang diterima di awal terjadinya transaksi namun transaksi belum selesai dilakukan dengan pelanggan. 


4. Revenue yang Masih Akan Diterima

Revenue atau pendapatan yang masih akan diterima oleh perusahaan merupakan pendapatan yang sebenarnya sudah terjadi. Hanya saja pendapatan ini belum bisa dimasukkan sebagai pendapatan perusahaan karena beberapa alasan tertentu.


Jika melihat daftar akun pada jurnal penyesuaian di atas, maka bisa kita simpulkan bahwa hanya ada 4 akun pada jurnal penyesuaian yang membutuhkan jurnal pembalik. Sehingga jurnal pembalik tidak dibuat untuk jurnal penyesuaian berikut ini, yaitu beban penyusutan aset tetap dan perlengkapan.


Seperti namanya jurnal pembalik merupakan kebalikan dari jurnal penyesuaian. Sehingga, untuk mengetahui jurnal pembalik untuk pendapatan bunga yang masih harus diterima yaitu dengan melihat akun keuangan pada jurnal penyesuaian untuk pendapatan bunga yang masih harus diterima. 


Pada jurnal penyesuaian berlaku piutang bunga di debit sementara pendapatan bunga di kredit. Sehingga pada jurnal pembalik berlaku pendapatan bunga di debit dan piutang bunga di kredit.



Cara Membuat Jurnal Pembalik

Reverse journal bersifat opsional tatkala akuntan ingin melakukan pengecekan terhadap kredibilitas jurnal penyesuaian yang dibuat di periode sebelumnya. Penyusunan jurnal pembalik dilakukan pada saat  awal periode akuntansi sebelum masuk ke proses akuntansi yang baru. Berikut cara membuatnya:


1. Beban Dibayar di Muka

Jurnal pembalik pada beban dibayar di muka berfungsi untuk menunjukkan bagaimana data beban yang sesungguhnya di periode akuntansi yang akan datang. Beban dibayar di muka ini sebelum telah ditutup di akhir periode akuntansi sebelumnya. 


Cara membuat jurnal pembalik untuk akun ini adalah membalik beban dibayar di muka pada jurnal penyesuaian. Pada jurnal penyesuaian beban dibayar di muka berada di kolom kredit maka pada reverse journal dibalik di kolom debit.


2. Beban yang Masih Harus Dibayar

Cara membuat jurnal pembalik selanjutnya adalah pada jenis akun beban yang masih harus dibayar. Beban ini adalah kewajiban dari perusahaan yang masih harus diselesaikan oleh perusahaan di periode selanjutnya.


Untuk jenis akun satu ini maka posisi beban yang masih harus dibayar di bagian debit pada jurnal penyesuaian dibalik menjadi di kredit pada jurnal pembalik. Sementara utang perusahaan yang pada jurnal penyesuaian merupakan akun kredit menjadi debit pada reverse journal.


3. Pendapatan yang Diterima di Muka

Apabila perusahaan memperoleh pendapatan sewa yang belum direalisasikan maka yang diperoleh perusahaan tersebut akan dicatat sebagai pendapatan. Pada jurnal pembalik, pendapatan tersebut akan dibuat menjadi komisi diterima di awal atau di muka. 


Pada jurnal penyesuaian, komisi diterima di muka berada di kolom kredit. Maka pada jurnal pembalik, komisi dibayar di muka akan ditempatkan di kolom debit. Sementara pendapatan komisi yang ada di jurnal penyesuaian berada di kolom debit dibalik menjadi kolom kredit pada reverse journal.


4. Pendapatan yang Masih Harus Diperoleh

Akun berikutnya adalah pendapatan yang masih harus diperoleh atau diterima perusahaan di dalam akun piutang dan pendapatan. 


Caranya adalah dengan membalik piutang bunga di debit pada jurnal penyesuaian menjadi di kredit pada jurnal pembalik. Sementara pendapatan bunga di kredit pada jurnal penyesuaian dibalik menjadi di debit pada reverse journal.


Contoh Jurnal Pembalik

1. Seorang pemilik travel menyewa angkutan bus selama 1 tahun dengan biaya sebesar Rp12.000.000. Uang diserahkan pada tanggal 1 Desember 2021. Maka jurnal penyesuaian di tanggal 31 Desember 2019 adalah:


Beban sewa yang dipakai: 1/12 x 12.000.000 = 1.000.000

Sehingga jurnal penyesuaian yang dibuat sebagai berikut:



Sehingga jurnal pembalik yang dibuat pada awal periode akuntansi selanjutnya sebagai berikut:




2. Sebuah toko sepeda biasanya membayar gaji karyawan setiap bulan pada tanggal 27. Pada tanggal 31 Desember 2021 diketahui bahwa beban gaji bagian toko yang belum dibayar sebanyak Rp3.000.000. Pada jurnal penyesuaian, beban yang masih harus dibayar oleh perusahaan ditulis sebagai berikut:



Pada jurnal pembaliknya yang dibuat per tanggal 1 Januari 2022 sebagai berikut:




3. Sebuah usaha travel telah memperoleh pendapatan sebesar Rp3.000.000 untuk 6 bulan di tanggal 1 Oktober 2022. Di tanggal 31 Desember 2022, jumlah pendapatan yang akan dicatat sebagai hak perusahaan adalah sebesar: 3/6 x 3.000.000 = 1.500.000.


Maka jurnal penyesuaian akan dibuat sebagai berikut: 



Sementara pada jurnal pembalik di awal periode akuntansi selanjutnya dibuat seperti di bawah ini:



4. Pada akhir periode akuntansi perusahaan yakni tanggal 31 Desember 2020 diketahui perusahaan masih mempunyai pendapatan bunga yang harus diperoleh dari deposito di bank Rp5.000.000. Pendapatan ini akan diterima perusahaan di tanggal 10 Januari 2021. 

Maka jurnal penyesuaian yang dibuat sebagai berikut:



Di awal periode selanjutnya maka dibuat jurnal pembalik seperti di bawah ini:



Ketika perusahaan sudah mendapatkan pembayaran bunga di tanggal 10 Januari 2021, maka akan dicatat pada jurnal umum sebagai berikut:




___________________________________________________________________________


Baca juga: Cara Membuat Jurnal Penutup Lengkap dengan Pengertian dan Contohnya


Jurnal pembalik merupakan jurnal dalam akuntansi yang bersifat opsional dan dibuat untuk membalik beberapa bagian dari jurnal penyesuaian yang telah disusun di periode akuntansi yang lalu. Fungsi dari jurnal ini adalah untuk meminimalisir terjadinya kesalahan input data.


Yuk, pelajari lebih banyak tentang materi ekonomi ini dan materi pelajaran lainnya bareng Pijar Belajar! Pijar Belajar merupakan aplikasi bimbel online yang menyediakan berbagai konten pembelajaran untuk siswa SMA, SMP, dan SD. Pastinya semua konten pembelajaran itu sudah disesuaikan dengan kebutuhan siswa, ya!


Jadi, kamu bakalan lebih mudah deh untuk belajar.


Download Pijar Belajar dan rasakan keseruan belajarnya sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved