Jenis Bencana Alam dan Persebarannya di Wilayah Indonesia - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Jenis Bencana Alam dan Persebarannya di Wilayah Indonesia

| 0 minute read
Jenis Bencana Alam dan Persebarannya di Wilayah Indonesia  image

Halo Sobat Pijar, bencana adalah peristiwa yang berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa. Salah satu bencana yang umum terjadi di Indonesia adalah bencana alam. Jenis bencana alam di Indonesia ada banyak karena berbagai faktor baik dari segi geografis, alami, dan manusia. 


Bencana alam sendiri harus ditanggulangi dan dicegah agar tidak memberikan dampak buruk bagi keberlangsungan manusia, guys! Oleh sebab itu, penting banget untuk mengetahui persebaran wilayah rawan bencana agar dapat mengambil langkah cara menangani bencana. 


Nah, dalam artikel kali ini, Pijar Belajar mau ajak kamu untuk memahami pengertian bencana alam, jenis bencana alam, sampai dengan persebarannya. Dengan demikian, upaya untuk bertahan hidup menjadi lebih baik dan ini juga membuat kamu lebih siap menghadapi bencana yang mungkin terjadi. 


Baca juga: Proses Terjadinya Hujan Seperti Apa, Ya?


Pengertian Bencana Alam 

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang jenis bencana alam, mari kita pelajari dulu apa yang dimaksud bencana. Setiap negara pasti pernah mengalami bencana. Bencana adalah hal yang perlu dipelajari supaya kita dapat mengantisipasinya dengan baik. 


Bencana adalah peristiwa yang mengancam kehidupan dan bersifat merusak baik dari faktor alam maupun non alam sehingga dapat memberikan kerugian. 


Sedangkan, yang dimaksud dengan bencana alam adalah peristiwa alam yang juga memiliki dampak merusak. Dampak dari bencana alam ini dapat mengalami kerugian dari berbagai faktor, tidak hanya segi materil, tetapi juga dari dampak psikologis sampai korban jiwa. 


Lalu apa penyebabnya, Sobat Pijar? Penyebab bencana alam dapat disebabkan dari alami atau karena campur tangan manusia. Ada 3 faktor yang mempengaruhi dinamika bencana yang terjadi yaitu karena:

  • Kerentanan, 
  • Ancaman, dan
  • Kapasitas. 


Nah, 3 aspek tersebut menimbulkan besar atau kecilnya dampak bencana yang terjadi. Kerentanan adalah kondisi manusia yang tidak mampu bertindak saat terjadi ancaman. Contohnya kepadatan penduduk, kemiskinan, sampai penduduk usia tua dan anak-anak. 


Sedangkan yang dimaksud dengan ancaman adalah suatu kejadian yang berdampak pada kerusakan lingkungan dan korban jiwa. Adapun pengertian kapasitas dari bencana alam adalah penguasaan sumber daya dan kemampuan untuk mempersiapkan dalam bencana yang terjadi. 


Jenis Bencana Alam 

Bencana alam yang ada di Indonesia merupakan hal yang cukup sering terjadi. Hal ini disebabkan karena wilayah Indonesia dilalui tiga lempeng sehingga membuat tanahnya sering mengalami pergerakan. Makanya, nggak heran, deh, kalau Indonesia cukup sering mengalami gempa bumi. 


Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki kondisi curah hujan yang tinggi, berada di cincin api pasifik, serta dikelilingi oleh lautan. Tak heran jika kondisi ini membuat Indonesia menjadi semakin rentan terkena bencana alam. 


Jenis bencana alam di Indonesia umumnya ada 5, yaitu gempa bumi, tsunami, gunung api meletus, banjir, dan tanah longsor. Berikut adalah penjelasan lengkapnya. 


1. Gempa Bumi 

Gempa bumi merupakan guncangan atau getaran yang terjadi pada permukaan bumi karena pelepasan energi secara tiba-tiba dari bawah permukaan yang menciptakan gelombang seismik.  


Tahukah kamu, bahwa Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng besar yaitu Eurasia, Pasifik, dan Indo-Australia. Itulah kenapa Indonesia sering gempa bumi. 


Ketiga lempeng tersebut ada di daerah lepas pantai selatan yaitu sekitar Nusa Tenggara, Jawa di daerah selatan, dan Sumatera bagian barat. Dari kondisi ini menyebabkan Indonesia sering mengalami gempa bumi. 


Peristiwa tersebut terjadi akibat bergeraknya lempeng bumi yang disebabkan karena tumbukan antar lempeng, sesar, aktivitas vulkanik. Bahkan, runtuhan bangunan juga menjadi faktor adanya gempa bumi, lho!


Fenomena ini termasuk merusak sehingga harus segera diketahui menggunakan alat pencatat gempa. Salah satu gempa besar yang pernah tercatat di Indonesia adalah gempa Aceh di tahun 2004 yang memakan korban jiwa sebanyak 227.900 orang. Pasti kalian sudah pada tahu, kan?


2. Tsunami 

Jenis bencana alam berikutnya adalah tsunami. Siapa yang tidak kenal dengan bencana alam ini? Tsunami biasa terjadi di daerah yang dikelilingi oleh laut. 


Peristiwa tsunami terjadi ketika gelombang tengah laut datang ke wilayah pesisir dengan kecepatan yang tinggi sehingga dapat gelombang tersebut dapat menghantam dan merusak rumah di kawasan pesisir. 


Penyebabnya karena ada pergerakan lempeng di dasar laut. Bencana alam tersebut sering terjadi di Indonesia. Tsunami yang pernah tercatat salah satunya yang terjadi di Banyuwangi dengan ketinggian 7 meter. Ngeri!


Tsunami ini disebabkan karena gempa yang memiliki kekuatan magnitudo 5,9 dengan kedalaman 33 km. Tsunami dan gempa bumi biasa terjadi bersamaan karena pergerakan lempeng samudra.


3. Letusan Gunung Berapi 

Gunung berapi yang meletus juga salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Gunung meletus ini memiliki kekuatan yang ringan dan tidak menimbulkan kerusakan besar. 


Namun, ada juga yang memiliki dampak besar karena letusannya yang kuat. Gunung meletus menjadi hal yang tidak asing karena Indonesia ada di cincin api pasifik. Gunung berapi seringkali disebabkan karena aktivitas tektonik dan vulkanik. 


Ada juga yang disebabkan karena kombinasi keduanya atau tekto-vulkanik. Fenomena ini terjadi ketika magma dari dalam bumi keluar ke permukaan dengan mengeluarkan berbagai material seperti bom, lapili, debu vulkanik, sampai dengan lahar. 


4. Banjir 

Banjir termasuk jenis bencana alam yang paling sering terjadi khususnya saat musim hujan. Daerah Indonesia banyak terdapat dataran rendah sehingga sering mengalami banjir. Banjir bisa terjadi karena faktor alam karena hujan terus-menerus. 


Namun, ada juga bencana alam banjir yang disebabkan karena campur tangan manusia seperti membuang sampah sembarangan ke sungai, penebangan hutan, sampai alih fungsi lahan. 


Banjir adalah peristiwa tergenangnya air dalam waktu tertentu sampai danau, sungai, atau drainase menjadi meluap melebihi daya tampung. Salah satu daerah yang terkena banjir adalah Jakarta di awal tahun 2020 karena kurangnya pengelolaan di daerah hulu. 


5. Tanah Longsor 

Tanah longsor termasuk jenis bencana alam yang perlu mendapatkan perhatian karena dampaknya yang cepat dan memakan korban jiwa. Tanah longsor dapat terjadi kapan saja sehingga perlu ditanggulangi dengan baik terutama di musim hujan. 


Tanah longsor terjadi ketika tanah menjadi turun dan merusak lahan di bawahnya. Tanah longsor biasa terjadi di kemiringan lereng karena tanah mudah jatuh dibantu dengan gravitasi. 


Untuk mengatasinya, perlu menanam vegetasi atau tanaman keras di kemiringan lereng untuk memperkuat kondisi tanah. Hindari juga pembangunan rumah di tanah miring dan tanah yang kurang padat. 


Persebaran Wilayah Rawan Bencana Alam di Indonesia 

Berikut ini adalah beberapa persebaran wilayah rawan bencana berdasarkan jenis bencana alamnya: 

  • Gempa bumi: biasa terjadi di daerah yang punya banyak patahan serta berada di jalur sirkum pasifik dan mediterania karena ada jajaran gunung berapi. Wilayah gunung berapi juga bisa menyebabkan gempa vulkanik. 
  • Gunung meletus: ada di daerah di sepanjang sirkum mediterania dan pasifik. Gunung api aktif di Indonesia saat ini ada di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Jawa, Bali, Sulawesi, Papua, dan Maluku. 
  • Tsunami: Aceh, Palu, Nusa Tenggara, Sumatera Barat, Banten, Bengkulu, dan beberapa wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat. 
  • Banjir: di daerah dataran rendah dan memiliki banyak aliran sungai. Contohnya Bekasi, Bandung, Jakarta, dan Surabaya. 
  • Tanah Longsor: biaya terjadi di daerah perbukitan atau lereng gunung seperti Ponorogo, Banjarnegara, dan Wonosobo. 


Baca juga: Pengertian Ekosistem, Komponen Penyusun, dan Macam-Macamnya

___________________________________________________________


Nah, dari jenis bencana alam yang dikemukakan di atas, kamu dapat mengenal bagaimana dampaknya untuk kehidupan. Setiap bencana tidak perlu ditakutkan, tetapi perlu diwaspadai dengan melakukan pencegahan dan siap melakukan mitigasi bencana. 


Yuk, kenali lebih jauh jenis bencana alam dan persebarannya di Indonesia bersama Pijar Belajar. Pijar Belajar merupakan aplikasi belajar yang menyediakan banyak latihan soal lengkap dengan pembahasannya untuk kamu. Semua itu bisa kamu akses kapan pun dan dimana pun mulai dari 10 ribuan saja.


Tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image