pijarbelajar

Unggulan

Hari Puisi Sedunia - Rayakan Bersama Pijar Belajar, Yuk!

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Hari Puisi Sedunia - Rayakan Bersama Pijar Belajar, Yuk! image

Kalau sampai waktuku

‘Ku mau tak seorang ‘kan merayu

Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang

Dari kumpulannya terbuang


Sobat Pijar ada yang familiar tidak dengan penggalan puisi di atas? Yup, puisi di atas merupakan penggalan puisi Chairil Anwar yang berjudul “Aku”. Hayo, Sobat Pijar ada yang penggemar berat puisi nggak, nih? Kalau iya, pas banget, nih, karena sebentar lagi kita akan merayakan Hari Puisi Sedunia! 


Ha? Hari Puisi Sedunia itu apa, ya? Hari Puisi Sedunia merupakan perayaan terhadap karya-karya puisi untuk mengapresiasi para penyair di seluruh dunia. Wah, bagaimana, ya, awal mula munculnya perayaan Hari Puisi Sedunia ini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 


Baca juga: Cara Membuat Puisi: Apa itu, Fungsi, Unsur, Jenis


Kenalan dengan Hari Puisi Sedunia, Yuk! 

Puisi merupakan salah satu karya sastra yang bahasanya terikat pada irama, matra, rima, larik, dan bait. Nah, sebagai salah satu karya sastra, puisi juga berperan besar dalam kehidupan sosial kita, lho. Salah satunya adalah sebagai media penyampaian ide dan pemikiran terhadap isu yang terjadi dalam masyarakat. 


Contohnya seperti WS Rendra, seorang penyair Indonesia yang karyanya banyak mengkritik kehidupan sosial dan politik Indonesia. Selain di Indonesia, penyampaian pemikiran mengenai kehidupan sosial juga banyak disampaikan oleh para penyair dunia melalui karya-karyanya. Beberapa di antaranya seperti William Shakespeares, Pablo Neruda, dan masih banyak lagi. 


Nah, saking besarnya pengaruh puisi dalam kehidupan kita, dikutip dari laman resmi UNESCO, Hari Puisi Sedunia pun ditetapkan dalam Konferensi Umum ke-30 di Paris pada tahun 1999. Dalam konferensi tersebut, ditetapkanlah peringatan Hari Puisi Dunia setiap tanggal 21 Maret. 


Peringatan Hari Puisi Sedunia ini bertujuan untuk menghargai peran para penyair dunia. Nggak cuma itu, Hari Puisi juga diperingati sebagai ajakan kepada masyarakat untuk terus menghidupkan karya sastra dan juga meningkatkan literasi masyarakat. 


Hari Puisi Nasional 

Nah, ternyata selain diperingati secara internasional, Indonesia juga memiliki perayaan Hari Puisi Nasional, lho. Nggak jauh berbeda dari perayaan Hari Puisi Sedunia, Hari Puisi Nasional juga merupakan hari untuk memperingati peran besar penyair dan juga karya sastra puisi. Namun, Hari Puisi Nasional hanya dirayakan di Indonesia saja, ya. 


Lalu, kapan Hari Puisi Nasional itu? Hari Puisi Nasional diperingati setiap tanggal 28 April, nih, Sobat Pijar. Tapi, kamu tahu nggak, sih, ternyata ada fakta menarik, lho, di balik penetapan tanggal 28 April sebagai Hari Puisi Nasional. 


Ternyata, penetapan 28 April sebagai Hari Puisi Nasional dilandasi pada berpulangnya salah seorang penyair Indonesia terkemuka, yaitu Chairil Anwar. Chairil Anwar merupakan seorang sastrawan dan penyair yang karyanya banyak berpengaruh pada perkembangan sastra di Indonesia. 


Bahkan, saking berpengaruhnya karya-karya Chairil Anwar, beliau dinobatkan sebagai pelopor karya sastra angkatan ‘45, lho. Keren banget, ya!


Nah, untuk mengenang sosok Chairil Anwar ini, akhirnya ditetapkanlah tanggal 28 April sebagai Hari Puisi Nasional bertepatan dengan tanggal berpulangnya beliau. Selain itu, Hari Puisi Nasional juga diperingati sebagai pengingat bahwa puisi berperan besar pada bangsa kita dan merupakan salah satu warisan budaya yang perlu kita jaga. 


Baca juga: Unsur-Unsur Cerpen, Struktur, dan Ciri-Cirinya | Materi Bahasa Indonesia Kelas XI


Ikutan Giveaway Hari Puisi Pijar Belajar, Yuk!

Wah, ternyata menarik sekali, ya, peran puisi dan sejarah Hari Puisi itu. Tentunya, Pijar Belajar juga nggak mau ketinggalan, nih, untuk ikut merayakan Hari Puisi bersama kamu. Tentunya perayaan hari puisi ini bakalan ada hadiah yang menarik banget! Hm.. Kira-kira Sobat Pijar ada yang sudah tahu, belum? 


Yup, bener banget! Dalam rangka menyambut Hari Puisi Dunia, Pijar Belajar mau ngadain “Giveaway Hari Puisi Berpijar” dengan total hadiah sebesar Rp1.000.000, lho. Wow! Sobat Pijar pasti mau ikutan, dong!


Lantas, gimana cara ikutan giveaway-nya? Tenang, caranya gampang, kok. Berikut adalah cara ikutan Giveaway Hari Puisi Berpijar: 


  1. Follow Instagram @pijarbelajar
  2. Like semua postingan Pijar Belajar
  3. Wajib berlangganan paket belajar di www.pijarbelajar.id dengan kode promo "PUISIBERPIJAR"
  4. Tulis puisi sekreatif mungkin di kolom komentar 
  5. Mention dan ajak 5 teman kamu
  6. Share postingan giveaway @pijarbelajar dan upload di instagram kalian masing-masing.
  7. Tag dan mention @pijarbelajar di postingan kamu. Pastikan akun instagrammu nggak diprivate, ya. 
  8. Periode Giveaway : 21 Februari - 21 Maret 2023


Nantinya, lima pemenang beruntung akan mendapatkan Saldo Link Aja sebesar Rp200.000 untuk masing-masing pemenang. Pengumuman pemenang giveaway akan diumumkan pada tanggal 22 Maret 2023 di Instagram PijarBelajar (@pijarbelajar). Jadi, pantengin terus Instagram Pijar Belajar, ya! 


Informasi lengkap seputar syarat dan ketentuan "Giveaway Hari Puisi Berpijar" bisa kamu simak dalam gambar di bawah ini.