pijarbelajar

Sosiologi

Dampak Perubahan Sosial Positif dan Negatif Lengkap dengan Solusinya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Dampak Perubahan Sosial Positif dan Negatif Lengkap dengan Solusinya image

Kamu sadar nggak kalau selama hidup ada banyak perubahan yang terjadi. Coba ingat-ingat, sejak masih kecil sampai sekarang apa saja perubahan yang sudah kamu alami? Pasti banyak kan! Nah, dalam ilmu sosiologi ada yang disebut perubahan sosial. Kira-kira apa ya dampak perubahan sosial?


Sederhananya gini, zaman kamu masih kecil dulu mungkin pernah diajak ibu ke pasar naik becak, tapi sekarang becak sudah nggak ada lagi. Selain itu sebelum ada ponsel seperti sekarang, masyarakat umumnya berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan surat yang dikirimkan lewat Pos.


Perubahan tersebut lebih dikenal dengan perubahan sosial yang mau tidak mau harus terjadi seiring dengan perkembangan zaman. Lantas, bagaimana dampak modernisasi dalam perubahan sosial? Untuk mendapatkan penjelasannya secara lengkap, kamu perlu menyimak pembahasan berikut ini.


Baca juga: Faktor Penyebab Globalisasi, Pengertian, Dampak, dan Upaya Menghadapinya


Apa itu Perubahan Sosial

Di awal sudah sedikit diulas bagaimana perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Tentunya kamu perlu memahami pengertian dari perubahan sosial sebelum masuk ke pembahasan tentang dampak positif dan negatif perubahan sosial.


Perubahan sosial sendiri sering diartikan sebagai sebuah bentuk peralihan yang telah mengubah tata kehidupan masyarakat akibat adanya sifat sosial yang dinamis dan akan terus mengalami perubahan. 


Perubahan tersebut bisa dialami oleh semua lapisan masyarakat baik individu, kelompok masyarakat, serta lembaga yang berpengaruh terhadap sistem sosial. Termasuk perubahan nilai-nilai, budaya, adat istiadat serta sikap dan perilaku masyarakat.


Beberapa contoh perubahan sosial sendiri banyak kita rasakan, lho. Misalnya, dahulu kita kerap bepergian dengan angkot atau bus tetapi kini kita lebih sering menggunakan MRT atau KRL untuk bepergian. 


Tentunya banyak perubahan sosial yang dirasa menjadi bentuk kemajuan dalam kehidupan masyarakat. Akan tetapi, terkadang perubahan sosial juga menimbulkan konflik di awal perubahannya sebagai bentuk adaptasi. 


Contohnya adalah fenomena munculnya ojek online. Pada awal kemunculannya, ojek online banyak mendapat penolakan khususnya dari ojek offline atau ojek pangkalan. Perubahan moda transportasi yang memanfaatkan aplikasi ini dianggap mematikan usaha ojek pangkalan. Namun, seiring berjalannya waktu perubahan tersebut mulai diterima dan dianggap membawa banyak manfaat untuk masyarakat.


Dampak Positif Perubahan Sosial

Dampak perubahan sosial budaya bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada dasarnya pengaruh perubahan sosial akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Adapun dampak positif dari perubahan sosial budaya adalah:


1. Perkembangan dalam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Salah satu dampak positif dari adanya perubahan sosial adalah terciptanya kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Tentunya hal ini akan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat secara menyeluruh.


Terkait dengan perkembangan teknologi, salah satu contoh dampak positif perubahan sosial budaya bagi masyarakat agraris adalah penggunaan traktor untuk membajak sawah yang membuat pekerjaan petani semakin efektif dan efisien.


2. Tersedianya Lapangan Pekerjaan Baru

Manfaat perubahan sosial berupa kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai dampak positif akan mendorong perkembangan industri yang lebih maju dan modern. Kondisi tersebut akan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.


3. Tersedianya SDM yang Berkualitas

Perkembangan industri yang semakin modern tentu membutuhkan tenaga kerja atau SDM yang terampil dan berkualitas. Dalam hal ini perubahan sosial juga memberikan pengaruh positif dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan profesional sesuai bidangnya.


4. Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Kerja

Dampak perubahan sosial yang positif juga bisa terlihat dari adanya peningkatan efektivitas dan efisiensi kerja. Kemajuan di bidang industri dan teknologi mampu meningkatkan produktivitas dengan jumlah produksi yang lebih banyak dalam waktu singkat.


5. Terciptanya Nilai dan Tata Cara Baru

Dampak positif perubahan sosial budaya akan mempengaruhi cara berpikir dan pandangan masyarakat terhadap nilai-nilai yang selama ini diterapkan. Dengan perkembangan zaman yang semakin modern, nilai-nilai yang tidak sesuai digantikan dengan yang baru.


6. Pemberdayaan Kaum Perempuan

Dampak perubahan sosial juga berpengaruh pada kesetaraan gender sehingga kaum perempuan memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan, pekerjaan, perlindungan hukum hingga hak bersuara dalam pemilihan umum.


Pemberdayaan kaum perempuan dalam berbagai bidang dianggap sangat penting. Kondisi tersebut memungkinkan kaum perempuan untuk menempuh pendidikan yang tinggi dan mendapatkan pekerjaan yang layak sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup.


7. Diferensiasi Struktural

Arti dari diferensiasi struktural adalah terbentuk dan berkembangnya lembaga forum sosial baru yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Salah satu contohnya adalah lembaga pendidikan untuk anak usia dini atau PAUD.


Dampak Negatif Perubahan Sosial

Selain memberikan dampak positif yang menguntungkan dan bermanfaat bagi masyarakat, perubahan sosial juga bisa menimbulkan dampak negatif. Adapun dampak negatif dari perubahan sosial budaya adalah:


1. Cultural Shock

Guncangan budaya atau cultural shock merupakan suatu kondisi ketika masyarakat belum siap untuk menerima perubahan sehingga cenderung kaget. Perubahan yang dimaksud bisa berupa masuknya budaya asing yang berbeda dengan budaya sendiri.


Adanya culture shock bisa menyebabkan munculnya perasaan kurang percaya diri, penolakan terhadap perubahan, stress dan ketidakpuasan.


2. Disorganisasi Sosial

Salah satu dampak negatif perubahan sosial adalah disorganisasi sosial. Yaitu sebuah kondisi yang ditandai dengan melemahnya nilai dan norma yang berlaku di masyarakat akibat adanya perubahan sosial. Kondisi ini bisa memunculkan masalah sosial seperti konflik dan kriminalitas.


Salah satu contohnya bisa dilihat dari kebiasaan masyarakat saat ini yang cenderung individualistis yang kurang perhatian dengan lingkungan sekitarnya karena sibuk dengan gadget masing-masing.


3. Kesenjangan Sosial

Dampak negatif perubahan sosial budaya berikutnya yang perlu diperhatikan adalah terciptanya kesenjangan sosial. Kesenjangan atau ketimpangan sosial tersebut ditemukan dalam hal pendapatan, kesempatan kerja, kesehatan, pendidikan dan hak lainnya.


Kesenjangan sosial terjadi karena ada perbedaan akses yang dialami masyarakat terhadap sumber daya maupun fasilitas yang tersedia. Jika tidak diatasi, kesenjangan sosial akan memunculkan konflik, diskriminasi, dan ketidakharmonisan dalam kehidupan masyarakat.


Dampak negatif tersebut tentu harus diantisipasi dengan baik. Sekarang coba kamu berikan solusi agar perubahan sosial memberi dampak positif bagi kehidupan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Meningkatkan kualitas SDM sehingga lebih mudah dalam menerima perubahan sosial, salah satu caranya bisa dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Masyarakat yang berpendidikan tinggi akan cenderung berpikir ilmiah dan hal itu akan mencegah terjadinya cultural lag.
  2. Memperkuat semangat dan rasa nasionalisme sehingga akan lebih selektif dalam memilih budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa. Dalam hal ini budaya asing yang positif bisa digunakan sementara yang sifatnya negatif tidak digunakan.
  3. Berpegang teguh pada norma dan nilai-nilai budaya bangsa yang menjadi jati diri masyarakat. Karena norma dan nilai-nilai tersebut merupakan pedoman yang harus selalu dipertahankan dan dijadikan landasan dalam berperilaku.


______________________________________________________________


Baca juga: Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial, Faktor Pendorong, dan Faktor Penghambatnya


Dampak perubahan sosial bisa bersifat positif dan negatif. Salah satu dampak positifnya adalah kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Selain itu, ada banyak perubahan positif yang kita rasakan, salah satunya adalah semakin mudahnya akses transportasi dan komunikasi,


Nah, setelah menyimak pembahasan di atas, coba uji pemahamanmu lewat soal-soal Pijar Belajar, yuk! Melalui Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan konten latihan soal lengkap dengan pembahasannya yang bisa kamu gunakan untuk menguji wawasan. Selain itu, ada juga rangkuman dan video materi yang bisa digunakan untuk menambah pengetahuanmu.


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved