pijarbelajar

Bahasa Inggris

Contoh Simple Future Tense, Pengertian, Fungsi, dan Rumus

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Contoh Simple Future Tense, Pengertian, Fungsi, dan Rumus image

Pemahaman tentang tenses adalah hal penting dalam belajar bahasa Inggris. Tenses sendiri memiliki bentuk dan rumus yang bervariasi, bergantung pada waktu yang dibicarakannya. Nah, salah satu bentuk tenses yang banyak digunakan adalah simple future tense.


Sesuai namanya, tenses simple future digunakan untuk mengungkapkan suatu kejadian atau aktivitas di masa depan. Selain tenses ini, ada juga present tense yang menceritakan kejadian di masa sekarang dan past tense yang menceritakan kejadian di masa lalu.


Tapi, supaya penjelasan kita bisa lebih fokus, saat ini Pijar Belajar mau ajak kamu kenalan sama simple future tense, mulai dari pengertian, fungsi, rumus, dan contoh kalimatnya. Sudah nggak sabar? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 


Baca juga: Simple Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh

 

Pengertian Simple Future Tense

Secara sederhana, simple future tense merupakan tenses untuk menunjukkan kejadian yang belum terjadi di masa sekarang namun akan terjadi di masa mendatang. Oleh karena itu, pada kalimat simple future biasanya terdapat penggunaan kata shall, will, atau going to.


Fungsi Simple Future Tense

Penggunaan atau fungsi tenses simple future sebenarnya cukup banyak. Setidaknya terdapat 5 fungsi simple future tense, yaitu:


1. Mengungkapkan Peristiwa yang Akan Terjadi di Masa Depan

Fungsi ini merupakan fungsi paling umum dari tense simple future. Peristiwa yang disampaikan menggunakan simple future adalah peristiwa yang belum terjadi saat ini tetapi akan terjadi di masa yang akan datang.


Contohnya: Danny will take the school examination next month. (Danny akan mengikuti ujian sekolah bulan depan).


Maksudnya, sekolah Danny akan mengadakan ujian bulan depan dan sebagai siswa tentu saja Danny akan mengikuti ujian sekolah pada waktu tersebut.


2. Menyampaikan Suatu Hal yang Sudah Diputuskan untuk Dilakukan

kamu juga dapat menggunakan simple future tense untuk menyampaikan rencana atau suatu hal yang sudah diputuskan akan dilakukan.


Contohnya: Raka is going to attend the party. (Raka akan menghadiri pesta)


Kalimat ini dapat digunakan untuk menyatakan bahwa Raka memiliki undangan pesta dan sudah memutuskan untuk menghadiri pesta tersebut.


3. Memberikan Tawaran, Permintaan, atau Ajakan Kepada Orang Lain

Dalam percakapan, ada kalanya kamu perlu memberikan tawaran, permintaan, atau ajakan kepada orang lain. Agar terdengar sopan, kamu bisa menggunakan bentuk interogatif dari tenses simple future.


Contohnya: Will you come to my house next weekend? (Maukah kamu datang ke rumahku akhir pekan depan?)


4. Menyatakan Keputusan untuk Melakukan Sesuatu Tanpa Rencana

Tidak setiap kegiatan dilakukan dengan rencana. Kadang kala, kamu perlu menyatakan suatu keputusan yang dibuat secara mendadak. Seperti membantu orang lain atau keputusan sederhana lainnya. 


Contohnya: Wait a minute, I will cook it for you. (Tunggu sebentar, aku akan memasaknya untukmu).


Dalam kalimat tersebut, bisa saja ‘aku’ tidak memiliki rencana untuk memasak. Namun, bisa saja ‘kamu’ meminta tolong kepada ‘aku’ untuk memasak sesuatu untuknya.


5. Menyampaikan Emosi atau Perasaan

Terakhir, simple future tense juga dapat digunakan untuk menunjukkan emosi atau perasaan.


Contohnya: Justin will be sad if he know that. (Justin akan merasa sedih kalau dia mengetahuinya).


Rumus Simple Future Tense

Kalimat simple future tense umumnya menggunakan kata kerja dasar atau kata kerja bentuk pertama (Verb-1). Selain itu, rumus tenses ini juga diikuti dengan modal auxiliary atau phrasal modal, yaitu will, shall, atau going to.


Terdapat sedikit perbedaan rumus antara kalimat yang menggunakan modal auxiliary will atau shall dengan kalimat yang menggunakan phrasal modal going to. Agar lebih jelas, kamu bisa memperhatikan rumus berikut ini:


Rumus Simple Future Menggunakan Will/Shall

  • Bentuk positif : Subject + will/shall + Verb 1 + Object
  • Bentuk negatif : Subject + will/shall + not + Verb 1 + Object
  • Bentuk interogatif : Will/shall + Subject +Verb 1 + Object?


Dalam penulisan atau percakapan informal, will not dapat disingkat menjadi won’t. Selain itu, shall not juga dapat disingkat menjadi shan’t. Namun, menyingkat shall not menjadi shan’t adalah sesuatu yang jarang dan tidak lazim.


Penggunaan Kata will digunakan bersama subjek I, you, we, they, he, she, dan it. Sedangkan kata shall hanya digunakan bersama subjek I dan we.


Secara konteks, will dan shall digunakan untuk menyatakan kemungkinan yang pasti, baik berupa suatu keinginan atau ketidakinginan. Bentuk ini juga dapat digunakan untuk menyatakan fakta atau kebenaran umum, serta menyatakan sebuah janji atau menawarkan diri secara spontan.


Contohnya: I will not come to your house tonight (Menyatakan kemungkinan yang pasti), Family will always be here whenever you need (Menyatakan fakta umum), You look so tired, shall I call the doctor? (Menawarkan diri secara spontan)


Rumus Simple Future Menggunakan Going To

  • Bentuk positif : Subject + to be (am/is/are) + going to + Verb 1
  • Bentuk negatif : Subject + to be (am/is/are) + not + going to + Verb 1
  • Bentuk interogatif : To be (am/is/are) + Subject + going to + Verb 1?


Penggunaan kata going to dapat digunakan bersama dengan subjek I, you, we, they, he, she, dan it. Selain itu, kata ini juga harus diiringi dengan to be (am/is/are) yang diletakkan setelah subjek dan sebelum going to.

Secara konteks, penggunaan going to sangat berbeda dengan will/shall. kamu bisa menggunakan bentuk ini jika keinginan yang kamu sampaikan baru sebatas niat. Atau untuk menyatakan suatu rencana yang belum pasti.


Contohnya: Rara is going to be a chef. (Rara akan menjadi koki – namun baru sebatas keinginan), I am going to your party tomorrow (Aku – mungkin – akan datang ke pestamu besok).


Keterangan Waktu Simple Future

Mengingat keterangan waktu pada simple future tense sebenarnya cukup mudah. Setiap waktu yang menunjukkan kejadian yang akan terjadi atau terjadi nanti dapat digunakan pada tenses ini. Beberapa keterangan waktu yang umum digunakan adalah: tomorrow, later, next week, next month, next year, soon, tonight, by and by, dan the day after tomorrow.


Selain itu, kamu juga bisa menggunakan in this morning, in this evening, in this afternoon dan penunjuk waktu lainnya. Yang terpenting, penunjuk waktu yang digunakan adalah waktu yang belum terjadi atau akan terjadi nanti.



Contoh Kalimat Simple Future Tense Positif, Negatif, dan Interogatif

Setelah mencermati rumus simple future, kamu bisa mulai mengasah kemampuan bahasa Inggris dengan membuat contoh kalimat dalam tenses ini. Sebagai permulaan, kamu bisa melihat beberapa contoh kalimat simple future dalam berbagai bentuk berikut ini:


Contoh Penggunaan Shall

Umumnya, shall digunakan untuk menunjukkan kewajiban atau untuk membuat sebuah janji, misalnya:

  • Bentuk positif : I shall drink water.
  • Bentuk negatif : I shall not drink water / I shan’t drink water.
  • Bentuk interogatif : Shall I drink water?


Contoh Penggunaan Will

Sebagian besar simple future tense menggunakan kata will dalam kalimatnya, misalnya:

  • Bentuk positif : I will do the laundry this afternoon.
  • Bentuk negatif : I will not do the laundry this afternoon / I won’t do the laundry this afternoon.
  • Bentuk interogatif : Will I do the laundry this afternoon?


Contoh Penggunaan Going To

Penggunaan going to biasanya untuk mengungkapkan sesuatu yang belum pasti waktu terjadinya atau mengungkapkan keinginan, misalnya:


  • Bentuk positif : Rika is going to leave this town.
  • Bentuk negatif : Rika is not going to leave this town.
  • Bentuk interogatif : Is Rika going to leave this town?

_________________________________________________________________


Baca juga: Kalimat Simple Present Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Contohnya


Itulah beberapa penjelasan dan contoh simple future tense yang perlu kamu ketahui. Agar bisa memahami tenses ini dengan lebih baik, kamu dapat memperbanyak latihan, misalnya dengan menulis, bicara, membaca buku berbahasa Inggris, atau mengamati penggunaan bahasa Inggris di film dan lagu. Dengan banyak berlatih, kamu bisa menguasai bahasa Inggris dengan lebih cepat dan lebih baik.


Pastinya kamu bisa banget melatih pemahaman dan kemampuan berbahasa Inggrismu bersama Pijar Belajar. Pijar Belajar merupakan aplikasi pembelajaran yang memuat berbagai konten akademik untuk SD, SMP, hingga SMA, mulai dari latihan soal hingga video pembahasannya. 


Selain Bahasa Inggris, Pijar Belajar juga punya konten materi untuk mata pelajaran lainnya, lho.

Tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved