pijarbelajar

Bahasa Inggris

Contoh Past Continuous Tense, Pengertian, dan Rumus Lengkap

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Contoh Past Continuous Tense, Pengertian, dan Rumus Lengkap image

Tenses merupakan salah satu bagian grammar Bahasa Inggris yang penting untuk dipelajari. Nah, salah satu tenses yang penting untuk dipelajari adalah past continuous tense. Sobat Pijar sudah tahu belum pengertian, rumus dan contoh past continuous tense? 


Past continuous tense secara spesifik digunakan untuk menjelaskan sebuah konteks yang hampir mirip kejadiannya, yaitu sebuah kejadian yang terjadi. Hanya saja dalam past continuous tense kejadian yang tengah terjadinyanya di masa lalu atau lampau.


Nah, penjelasan past continuous tense akan membantu Sobat Pijar Belajar membuat kalimat dengan tepat. Pasalnya, tenses ini memang banyak digunakan di dalam berbagai percakapan Bahasa Inggris sehari-hari.  Berikut adalah ulasan lengkap tentang tenses ini, mulai dari pengertian, rumus, hingga contoh past continuous tense.


Baca juga: Rangkuman Materi Pronoun


Pengertian Past Continuous Tense

Past continuous tense adalah tenses yang menggambarkan sebuah kejadian yang sedang terjadi, namun konteksnya adalah kejadiannya berada di masa lalu. Penggambaran kejadian pun seringkali diiringi dengan sebuah kalimat simple past tense untuk konteks yang lebih jelas.


Fungsi past continuous tense adalah memberikan konteks bahwa sebuah kejadian sedang berlangsung dengan sebuah kejadian lain di masa lalu. Hanya saja, kejadian tersebut terjadi secara kontinyu yang membuatnya harus menggunakan tenses dengan verb-ing.


Meskipun jarang digunakan dalam report text, kalimat past continuous tense banyak digunakan saat percakapan yang membahas masa lalu. Makanya, penggunaan kata when dan while akan ditemukan dalam tenses ini.


Rumus Past Continuous Tense

Rumus past continuous tense memiliki pola yang berbeda dengan simple past tense. Dalam past continuous tense, digunakan verb-ing dan diikuti dengan to be, yaitu was atau were. Nah, penggunaan rumus past continuous tense ini memiliki tiga pola, yaitu pola positif, negatif, dan interogatif. Adapun, rumus past continuous tense adalah sebagai berikut:


Rumus Past Continuous Tense Positif

Untuk membuat contoh past continuous tense positif rumus atau pola kalimatnya adalah Subject + Was/Were + Verb-ing + Complement. Subjek I, she, he, dan it diikuti dengan kata was, sedangkan subjek you, we, they menggunakan were. Contoh: She was cooking when I called her yesterday.


Rumus Past Continuous Tense Negatif

Nah, rumus past continuous tense negatif adalah Subject + Was/Were + Not + Verb-ing + Complement. Penambahan not berada setelah to be. Lalu, bentuk verbnya pun masih menggunakan verb-ing. Contoh past continuous tense negatif: She was not cooking when I called her yesterday.


Rumus Past Continuous Tense Interogatif

Kalimat interogatif adalah kalimat yes/no question atau bentuk pertanyaan tertutup. Apabila menggunakan past continuous tense, maka rumusnya adalah Was/Were + Subject + Verb-ing + Complement + ? Contohnya: Was she cooking when I called her yesterday?




Contoh Past Continuous Tense

Contoh kalimat past continuous tense akan membuatmu bisa berlatih membuat kalimat dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang disertai dengan terjemahannya.


1. Contoh kalimat past continuous tense positif, negatif, interogatif

  1. (+) They were studying chemistry when the bell rang. (Mereka sedang belajar ketika bel berbunyi).
  2. (-) They were not studying chemistry when the bell rang. (Mereka tidak sedang belajar ketika bel berbunyi).
  3. (?) Were they studying chemistry when the bell rang? (Apakah mereka sedang belajar ketika bel berbunyi?)
  4. (+) Shinta was trying a pair of new shoes at the mall when she saw Alex. (Shinta sedang mencoba sepatu baru di mall ketika dia melihat Alex).
  5. (-) Shinta was not trying a pair of new shoes at the mall when she saw Alex. (Shinta tidak sedang mencoba sepatu baru di mall ketika dia melihat Alex).
  6. (?) Was Shinta trying a pair of new shoes at the mall when she saw Alex? (Apakah Shinta sedang mencoba sepatu baru di mall ketika dia melihat Alex?).


2. Contoh kalimat past continuous tense menggunakan when

  1. When she saw the thief, she was listening to some old songs in her room. (Ketika dia melihat pencuri, dia sedang mendengarkan lagu lama di kamar).
  2. When I fell on the wet floor, a janitor was mopping it. (Saat saya jatuh di lantai basah, petugas sedang mengepel).
  3. My dad was driving a car when someone stopped him on the street. (Ayahku menyetir saat seseorang memberhentikannya di jalan).
  4. My parents were sleeping when my uncle came. (Orang tuaku sedang tidur saat paman datang).


3. Contoh kalimat past continuous menggunakan while

  1. While my grandmother was planting at the garden, she found a snake. (Saat nenek menanam di kebun, dia menemukan ular).
  2. She knocked the door while her brother was watching some videos on his phone. (Dia mengetuk pintu saat adiknya menonton video di handphonenya).
  3. While the students were doing the test, the teacher went out. (Saat murid mengerjalan tes, guru keluar).
  4. The elephant ran while some cheetahs were chasing it. (Gajah berlari saat cheetah mengejarnya).


Contoh past continuous tense di atas dapat membantu sobat Pijar Belajar memahami tenses ini dengan lebih baik. Selalu ikuti pola atau rumus ketika membuat kalimat dan akan lebih baik jika ditambahkan konteks simple past tense menggunakan when atau while.


________________________________________________________


Baca juga: Belajar Conjunction: Definisi, Contoh, Fungsi, dan Jenisnya


Gimana? Jadi semakin paham, ya, dengan past continuous tense. Sebagai kesimpulan, pastikan kamu memperhatikan pola kalimat atau rumus dari past continuous tense, ya, baik untuk kalimat past continuous tense positif, negatif, maupun introgatif. Pastikan juga penggunaan penanda waktu seperti was dan were tidak keliru.


Yuk, pelajari lebih banyak tentang past continuous tense dan tenses Bahasa Inggris lainnya bareng Pijar Belajar! Aplikasi Pijar Belajar menyediakan berbagai konten pembelajaran untuk siswa SD, SMP, dan SMA, mulai dari latihan soal, rangkuman, video materi, mini quiz, hingga tes minat bakat.


Banyak banget, kan?


Ayo download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved