pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Deklaratif, Pengertian, Fungsi, dan Ciri-Cirinya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Contoh Kalimat Deklaratif, Pengertian, Fungsi, dan Ciri-Cirinya image

Apakah Sobat Pijar ada yang tahu apa yang dimaksud dengan kalimat deklaratif? Sebagai langkah awal, coba kamu perhatikan contoh kalimat deklaratif berikut ini. 


“Ibu memasak banyak makanan untuk acara arisan”. 


Melalui kalimat tersebut, kamu jadi tahu kalau ibu sudah memasak banyak makanan untuk arisan. Nah, kalimat yang menyatakan suatu fakta atau informasi tanpa adanya unsur perintah atau ajakan ini disebut dengan kalimat deklaratif. 


Kira-kira apa fungsi, ciri, dan contoh kalimat deklaratif itu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 


Baca juga: Jenis Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Lengkap


Apa itu Kalimat Deklaratif?

Jika kamu melihat contoh kalimat deklaratif di atas, tentu kamu jadi sedikit tergambar, ya, seperti apa bentuk kalimat deklaratif itu. Akan tetapi, sebenarnya apa itu kalimat deklaratif? Kalimat deklaratif adalah kalimat pernyataan yang sifatnya informasional, jelas dan tidak berlebihan.


Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), teks deklaratif adalah kalimat pernyataan yang jelas dan ringkas. Karena berbentuk pernyataan, maka tidak membutuhkan jawaban dari pembaca maupun pendengar. 


Kalimat deklaratif digunakan untuk menyampaikan informasi maupun berita kepada pembaca atau pendengar sesuai fakta yang ada. Dalam penyampaiannya, kalimat deklaratif pun disampaikan dengan intonasi datar atau turun tanpa adanya penekanan. 


Lalu, apa yang terkandung dalam kalimat deklaratif? Dalam kalimat deklaratif terkandung fakta. Makanya, jenis kalimat ini juga disebut dengan kalimat berita karena sifatnya yang faktual. Fakta yang disampaikan pun bisa berupa informasi umum, berita, maupun opini dan pendapat. 


Tujuan dari kalimat deklaratif adalah memberikan informasi searah kepada pembaca sehingga pembaca akan mendapatkan pemahaman. 


Kalimat deklaratif pun berbeda dengan kalimat imperatif, ya. Kalimat deklaratif dan interogatif merupakan dua jenis kalimat yang berbeda karena kalimat deklaratif mengandung pernyataan tanpa butuh jawaban. Berbeda dengan itu, interogatif mengandung pertanyaan yang membutuhkan jawaban.


Fungsi Kalimat Deklaratif

Sebelum masuk pada pembahasan tentang contoh kalimat deklaratif secara lebih lanjut, sebaiknya kamu memahami fungsi dari kalimat tersebut. 


Pada dasarnya, kalimat deklaratif berfungsi untuk menyampaikan informasi maupun berita yang isinya berupa fakta dan opini tanpa membutuhkan jawaban atau ajakan. Fungsi inilah yang juga membedakan kalimat deklaratif, imperatif, dan interogatif. Dengan adanya informasi yang disampaikan tersebut, pendengar atau pembaca akan mendapatkan pemahaman terkait informasi yang diberikan sesuai fakta. 


Ciri Ciri Kalimat Deklaratif

Berdasarkan klasifikasi sintaksis, jenis kalimat terbagi menjadi kalimat deklaratif, imperatif, interogatif, dan eksklamatif. Nah, Sobat Pijar bisa membedakan antara kalimat deklaratif dan jenis kalimat lainnya dengan melihat ciri-cirinya. Adapun, ciri-ciri kalimat deklaratif adalah sebagai berikut. 


Diakhiri dengan Tanda Baca Titik (.)

Salah satu ciri yang bisa ditemukan pada kalimat deklaratif adalah diakhiri dengan tanda baca titik (.). Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalimat ini berupa pernyataan, jadi untuk tanda bacanya menggunakan titik (.), bukan tanda seru (!) atau tanda tanya (?).


Tanda titik pada kalimat deklaratif juga menunjukkan bahwa kalimat tersebut tidak membutuhkan respon dari pembaca atau pendengar. Jadi sebagai pembaca, kamu hanya perlu mengetahui informasi yang disampaikan saja.


Memiliki Intonasi yang Netral

Ciri lainnya yang terlihat pada contoh kalimat deklaratif adalah intonasi yang netral atau datar. Jadi meskipun kamu menemukan informasi yang cenderung tegas dan lugas, dalam penyampaiannya tetap datar dan tidak memiliki intonasi naik turun seperti percakapan.


Tidak Memerlukan Jawaban dan Respon

Tujuan dari penyampaian kalimat deklaratif adalah untuk memberikan informasi mengenai suatu hal atau peristiwa. Oleh karena itu tidak membutuhkan respon dari pembaca atau pendengar, baik yang berupa jawaban maupun opini.


Di dalam kalimat deklaratif sendiri sudah disampaikan informasi yang sifatnya lugas dan jelas. Seperti kalimat pernyataan atau berita pada umumnya, jenis kalimat ini hanya sebatas dipahami dan dimengerti saja tanpa harus memberikan respon.


Bersifat Tidak Memaksa

Karena berupa pernyataan, maka kalimat deklaratif memiliki karakteristik yang sifatnya tidak memaksa. Jadi pernyataan ini hanya sebatas memberikan informasi dan bukan dibuat untuk memaksa pembaca memberikan tanggapannya maupun opini masing-masing.


Bersifat Informatif

Karakteristik lainnya yang bisa dilihat dari kalimat deklaratif adalah bersifat informatif. Hal ini sesuai dengan isi dari kalimat tersebut yang memang berupa informasi mengenai suatu hal atau peristiwa. 


Informasi dalam kalimat deklaratif bisa disampaikan secara langsung sesuai apa yang dilihat atau fakta yang ada. Selain itu, informasi kalimat deklaratif harus disampaikan secara jelas dan apa adanya tanpa berlebihan atau bahkan sensasional.


Contoh Kalimat Deklaratif

Apa contoh kalimat deklaratif? Setelah mengikuti seluruh pembahasan di atas, apakah kamu bisa membuat contoh kalimatnya? Perlu dipahami lagi, ya, bahwa kalimat deklaratif dan kalimat interogatif itu berbeda karena kalimat deklaratif tidak mengandung pertanyaan seperti pada kalimat interogatif.


Dalam menulis kalimat deklaratif, kamu bisa mengacu pada pola penulisan SPOK atau bisa juga tidak. Karena yang terpenting kalimat tersebut berisi informasi yang jelas dan mudah dipahami. Agar semakin paham tentang kalimat deklaratif, kamu bisa simak beberapa contohnya di bawah ini:


Kalimat Deklaratif dalam Teks Prosedur

Biasanya kalimat deklaratif yang ada pada sebuah teks prosedur digunakan sebagai kalimat awal sebelum masuk ke pembahasan tentang langkah-langkah atau prosedur dalam melakukan suatu hal. Berikut ini contoh kalimat pernyataan deklaratif dalam teks prosedur:


Menjadi Youtuber yang sukses merupakan impian banyak orang. Tidak mengherankan karena profesi tersebut mampu memberikan banyak keuntungan. 


Agar bisa menjadi Youtuber sukses diperlukan ketekunan dan kreativitas. Karena konten yang dibuat harus menarik, menghibur dan informatif. Untuk membuat konten yang menarik di Youtube, ada beberapa langkah yang diperlukan.


Kalimat Deklaratif dalam Teks Negosiasi

Tidak berbeda jauh dengan kalimat deklaratif pada teks prosedur, pada teks negosiasi juga terdapat kaidah kebahasaan berupa kalimat deklaratif. Kalimat deklaratif pada teks negosiasi terletak di awal teks. Adapun contoh kalimat deklaratif adalah:

  1. Di lapak pedagang kaki lima, Bu Ani terlihat akan membeli sepasang sandal.
  2. Di pasar tradisional, ibu berhenti di lapak pedagang daging untuk membeli daging.
  3. Di tempat wisata, keluarga Pak Andi sedang menanyakan harga sewa naik kuda.
  4. Di bazar buku itu Nadia sedang memilih buku yang hendak dibelinya.


Contoh Kalimat Deklaratif dan Non Deklaratif

Sebenarnya sangat mudah untuk menentukan sebuah kalimat termasuk kalimat deklaratif atau bukan, karena ciri dan karakteristik kalimat deklaratif sudah dijelaskan dengan lengkap. Tapi kalau kamu masih bingung juga, berikut ini ada beberapa contoh kalimat deklaratif dan interogatif yang bisa dipelajari.


Kalimat Deklaratif

  1. Jakarta merupakan ibukota dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Tadi pagi adik ke sekolah diantar oleh ayah.
  3. Ponsel adik rusak karena terjatuh ke kolam renang.
  4. Dian merupakan karyawati perusahaan periklanan.
  5. Brownies coklat memiliki cita rasa yang manis dan enak.
  6. Andy akan segera melangsungkan pernikahan pada akhir bulan.
  7. Kemarin siang ada pertunjukan musik di lapangan.
  8. Adik menangis karena balonnya meletus.
  9. Ikan paus termasuk hewan mamalia.
  10. Lomba cerdas cermat akan diselenggarakan pada tanggal 20 November.
  11. Korban pencurian sedang melaporkan kejadian yang dialami ke kantor polisi.


Kalimat Non Deklaratif

  1. Apakah kamu sudah mengerjakan PR?
  2. Apakah kucing kesayanganmu yang hilang sudah ketemu?
  3. Mengapa kamu belum mengerjakan tugas untuk besok?
  4. Apakah tadi malam ada pertunjukan musik di lapangan Merdeka?
  5. Apa kamu sudah yakin dengan pilihanmu itu?
  6. Ke mana kamu pergi semalam?
  7. Di mana kamu simpan barang-barang pemberianku?
  8. Kapan lomba tari tersebut akan dimulai?
  9. Apa benar ibumu adalah kepala sekolah di SD Pertiwi?
  10. Apakah kamu mengenal Anggita?


_______________________________________________________________


Baca juga: Contoh Teks Eksposisi Singkat Lengkap dengan Struktur dan Unsurnya, Yuk Simak!


Tentunya kamu sudah semakin paham setelah menyimak beberapa contoh kalimat deklaratif di atas. Yang harus diingat adalah kalimat deklaratif memiliki intonasi netral dan diakhiri dengan tanda baca titik(.) sedangkan isi kalimatnya merupakan pernyataan atau informasi yang jelas sesuai fakta.


Pelajari lebih banyak tentang kalimat deklaratif bareng Pijar Belajar, yuk! Melalui Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan konten soal kapan aja dan dimana aja. Bahkan, selain Bahasa Indonesia juga ada, lho, materi belajar untuk mata pelajaran lainnya. Lengkap banget, deh.


Ayo, download atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved