pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Jenis Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Lengkap

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Jenis Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Lengkap image

Apakah kamu suka membaca informasi yang banyak tersedia di media digital saat ini? Tahu nggak sih, kalau kebanyakan teks yang kamu baca itu termasuk teks eksposisi? Nah, kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang teks eksposisi dan jenis teks eksposisi.


Sebenarnya sangat mudah menemukan teks eksposisi dalam keseharian kita, seperti dalam majalah, surat kabar, serta media online. Nah, untuk tahu lebih jelas tentang pengertian, struktur, jenis dan contohnya, simak pembahasan berikut, yuk.


Baca juga: Struktur Teks Editorial Lengkap dengan Pengertian, Ciri, dan Contohnya


Apa itu Teks Eksposisi

Secara garis besar, teks eksposisi adalah sebuah teks yang isinya menyajikan sebuah informasi dengan jelas dan singkat berdasarkan fakta dan realitas yang ada. Jadi, bisa dikatakan bahwa teks ini termasuk kategori nonfiksi. Isinya sendiri bisa berupa pengetahuan atau informasi lainnya.


Tujuan teks eksposisi adalah memberikan penjelasan dan menguraikan informasi tentang suatu pokok bahasan, ide, pendapat, pokok pikiran dan informasi lainnya tanpa ada maksud untuk mempengaruhi pembaca. Kamu bisa melihat penjelasan lengkap tentang ciri dan contoh teks eksposisi singkat dalam artikel berikut ini, ya!


Suatu teks digolongkan ke dalam jenis teks eksposisi apabila berisi informasi faktual sesuai realita serta memiliki sudut pandang tertentu. Lalu apa saja yang dibahas dalam teks eksposisi? Pada dasarnya teks ini akan membahas tentang berbagai macam isu yang ada di masyarakat.


Misalnya saja isu tentang pendidikan, tentang covid-19, isu tentang hukum, isu ekonomi dan lain sebagainya. Melalui teks eksposisi tersebut, pembaca akan memiliki wawasan yang lebih luas dan bisa memandang dan menanggapi sebuah isu dari berbagai sudut pandang.


Struktur Teks Eksposisi

Sebelum masuk ke pembahasan tentang jenis jenis teks eksposisi dan penjelasannya kamu bisa pelajari dulu struktur teks eksposisi yang benar agar nanti bisa lebih mudah dalam menyusun teks eksposisi. Jadi sebelum membuat teks eksposisi, pahami dulu beberapa strukturnya di bawah ini.


1. Tesis

Struktur yang pertama merupakan pembuka yang disebut tesis. Fungsinya adalah menyampaikan pengenalan isu, pokok permasalahan, gagasan utama serta pandangan secara umum. 


Bagian ini juga merupakan pernyataan pendapat. Sebelum masuk ke struktur selanjutnya, kamu juga harus menyampaikan tujuan dari teks tersebut pada bagian ini.


2. Rangkaian Argumen

Jika sebelumnya sudah ada pengenalan isu di bagian pembuka atau tesis, maka struktur berikutnya berupa rangkaian argumen. Pada rangkaian argumen kamu bisa memberikan pendapat berupa informasi sesuai fakta, alasan logis, hingga pendapat para ahli.


3. Penegasan Ulang

Setelah selesai dengan rangkaian argumen, struktur berikutnya adalah penegasan ulang. Bagian ini merupakan kesimpulan dari penjelasan atau pembahasan yang telah ditulis sebelumnya. Tujuannya adalah untuk memberikan penegasan ulang secara keseluruhan.


Jenis Teks Eksposisi

Bagaimana? Sampai di sini apa kamu sudah paham dengan pengertian serta struktur teks eksposisi? Oke, kalau sudah kita akan lanjutkan dengan pembahasan berikutnya, yaitu tentang apa saja jenis-jenis teks eksposisi. Terdapat tujuh jenis teks eksposisi dan contohnya, yaitu: 


1. Teks Eksposisi Definisi

Sesuai dengan namanya teks eksposisi definisi menyajikan informasi untuk menjelaskan definisi atau pengertian dari suatu topik pembahasan. Apa saja contoh teks eksposisi definisi? Kamu bisa menyimak salah satunya berikut ini.


Contoh teks eksposisi definisi:

Kunyit merupakan tanaman herbal asli Asia Tenggara yang tumbuh di hutan tropis dan bisa berkembang di dataran rendah. Kandungan zat di dalam kunyit cukup banyak, seperti kurkumin, antioksidan, minyak atsiri, hingga zat tepung.


Dengan kandungan zat di dalamnya, kunyit memiliki khasiat yang cukup efektif untuk mengurangi keluhan haid, mengatasi masalah lambung, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi peradangan, dan berbagai khasiat lainnya.


2. Teks Eksposisi Proses

Pada dasarnya teks eksposisi proses merupakan sebuah teks yang menginformasikan cara dan proses dalam menghasilkan sesuatu. Isi teks ini akan menjelaskan tahapan dari awal sampai akhir. Contoh teks eksposisi proses adalah sebagai berikut. 


Jeruk nipis berkhasiat untuk mengatasi batuk. Kandungan minyak atsiri di dalam jeruk nipis akan membantu merelaksasi otot saluran pernafasan sehingga efektif untuk meredakan batuk. 

Pengobatan batuk menggunakan jeruk nipis sangat mudah. Caranya yaitu dengan memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Kemudian peras dan masukkan air perasan ke dalam wadah. Campurkan dengan madu atau kecap dan minum untuk meredakan batuk. 


3. Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi dibuat untuk memberikan gambaran sederhana mengenai sebuah topik dengan topik lainnya. Biasanya teks eksposisi ilustrasi akan membahas tentang kemiripan dan kesamaan sifat dari topik yang sedang dibahas.


Contoh teks eksposisi ilustrasi:

Di era yang sudah serba canggih dan modern saat ini, ternyata semakin susah mencari orang yang benar-benar jujur. Ibarat mencari jarum di dalam tumpukan jerami. Orang jujur memang masih ada, tapi hanya segelintir saja.


Banyak hal dan godaan yang membuat seseorang terjerumus dalam ketidakjujuran, seperti tindakan korupsi. Namun dengan menguatkan nilai-nilai moral dan agama, diharapkan tindakan-tindakan yang tidak jujur bisa dicegah dan bahkan dihilangkan.


4. Teks Eksposisi Perbandingan

Jenis-jenis teks eksposisi selanjutnya dikenal dengan nama teks eksposisi perbandingan. Isi dari teks eksposisi perbandingan berupa ide maupun gagasan utama yang dibandingkan antara satu dengan yang lain.


Contoh teks eksposisi perbandingan:

Perbedaan antara makanan cepat saji dan siap santap bisa dilihat dari cara penyajiannya hingga kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.


Pada makanan cepat saji seperti burger, penyajiannya membutuhkan waktu untuk dimasak dulu. Sedangkan pada makanan siap santap seperti di warteg atau nasi Padang, penyajiannya bisa langsung diambil tanpa menunggu proses pengolahan.


Sementara dari segi nutrisi, pada makanan siap santap cenderung memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap karena terdiri dari hidangan yang beraneka ragam. Makanan cepat saji lebih simple dan lebih mudah untuk dimakan.


5. Teks Eksposisi Pertentangan

Jenis jenis teks eksposisi dan contohnya selanjutnya adalah teks eksposisi pertentangan. Jenis teks eksposisi ini adalah sebuah teks eksposisi yang memuat beberapa gagasan saling bertentangan antara satu dengan yang lain.


Contoh teks eksposisi pertentangan:

Banyak yang mengatakan bahwa hukum yang diterapkan di Indonesia bagaikan mata pisau yang tajam ke bawah namun tumpul ke atas. Nenek tua yang mencuri ketela untuk bertahan hidup mendapat ancaman hukuman 5 tahun penjara.


Sebaliknya, koruptor yang telah merugikan uang negara hingga puluhan miliar hanya mendapatkan hukuman 1 tahun penjara.


6. Teks Eksposisi Laporan

Teks eksposisi laporan memuat informasi yang bertujuan menyampaikan sebuah laporan dari suatu objek atau peristiwa. Adapun Contoh jenis teks eksposisi laporan bisa kamu simak di bawah ini.


Contoh teks eksposisi laporan:

Pabrik garmen yang berlokasi di Surakarta (18/8) mengalami kebakaran. Dari rekaman CCTV yang beredar, diduga kebakaran disebabkan karena ada unsur kesengajaan dari seorang oknum.

Untuk memadamkan api dikerahkan 7 unit mobil pemadam kebakaran dan setelah 1 jam api berhasil dipadamkan. Jumlah kerugian yang harus ditanggung akibat kebakaran mencapai ratusan juta rupiah.


Contoh teks eksposisi beserta strukturnya:

Tesis:

Naiknya harga BBM memberikan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat. Tidak terkecuali bagi penjual makanan yang mengeluhkan adanya kenaikan harga BBM yang telah diberlakukan.

Rangkaian argumen:


Adanya kenaikan BBM tersebut akan memicu terjadinya kenaikan harga pada berbagai jenis bahan baku. Untuk menyiasati hal tersebut, para penjual makanan ada yang menaikkan harga makanan atau mengurangi porsinya.


Penegasan ulang:

Penjual makanan mengeluhkan kenaikan harga BBM karena akan memicu naiknya harga bahan baku. Agar tidak rugi, mereka menaikkan harga atau mengurangi porsi makanan yang dijual.


Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi laporan karena memuat informasi tentang peristiwa yang terjadi di masyarakat.


7. Teks Eksposisi Analisis

Jenis teks eksposisi analisis merupakan sebuah teks yang membagi permasalahan menjadi beberapa bagian dan dikembangkan secara sistematis.


Contoh teks eksposisi analisis singkat:

Ada banyak teori yang dibuat untuk mengungkap misteri segitiga bermuda. Secara ilmiah, ada kekuatan magnet yang sangat kuat di area tersebut sehingga akan menenggelamkan apa saja yang melintasi. 


Berbeda dari pandangan secara ilmiah, menurut pandangan non ilmiah, segitiga bermuda diyakini sebagai kerajaan jin.


________________________________________________________


Baca juga: Contoh Verba Material, Pengertian, dan Cirinya, Yuk Simak!


Jenis teks eksposisi bisa dibedakan menjadi teks eksposisi definisi, teks eksposisi ilustrasi, teks eksposisi proses, teks eksposisi perbandingan, teks eksposisi pertentangan, teks eksposisi laporan, dan teks eksposisi analisis. Nah, di penjelasan di atas kita sudah mengenal lebih jauh tentang jenis jenis teks eksposisi tersebut, nih. Semoga Sobat Pijar bisa jadi lebih paham, ya!


Kalau kamu masih ingin mencari tahu lebih banyak tentang teks kebahasaan lainnya, coba simak materi lainnya di Pijar Belajar, yuk! Aplikasi Pijar Belajar memiliki berbagai konten pembelajaran terlengkap untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Mulai dari latihan soal, rangkuman, hingga video materinya ada semua. lho, di Pijar Belajar.


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved