pijarbelajar

Bahasa Inggris

Causative: Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Causative: Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Contoh Kalimatnya image

Pernah dengar mengenai Causative, Sobat Pijar? Causative memang jarang dibicarakan, padahal jenis kalimat ini seringkali masuk ke dalam percakapan sehari-hari, lho. Bahkan tanpa sadar, Sobat Pijar menggunakan verb jenis ini ketika berbicara.


Namun, apa sih yang dimaksud dengan causative? Jika kamu masih bingung, Yuk simak pengertian, jenis-jenis, fungsi, dan contoh kalimatnya di bawah ini!


Baca juga: Asking and Offering Help: Pengertian, Rumus, Contoh dan Respon


Pengertian Causative

Causative dalam bahasa Indonesia disebut dengan kausatif. Kata kerja kausatif memiliki makna yang menjadikan kalimatnya berbeda dari susunan SPOK. Dengan menggunakan kausatif, artinya sang subjek kalimat tidak melakukan aksinya sendiri.


Dengan kata lain, kausatif menunjukkan bahwa aksi tersebut dilakukan oleh orang atau pihak lain yang ada di kalimat. Pihak tersebut bisa disebutkan secara eksplisit maupun implisit. Selama subjek tidak bertanggung jawab atas aksi, kalimatnya termasuk ke dalam kausatif.


Fungsi Causative

Fungsi dari causative hanyalah satu, yakni menjadikan kalimatnya memiliki makna bahwa subjek kalimat sama sekali tidak melakukan aksi tersebut. Sebuah aksi terjadi karena adanya aktivitas pihak lain meski bisa jadi subjek lah yang menjadi penyebab utamanya.


Rumus Causative

Causative sentence perlu menggunakan rumus untuk bisa membuat kalimat yang baik dan benar. Ada empat kata verb yang sering digunakan di dalam Bahasa Inggris, yaitu let, have, get, dan make. Berikut adalah masing-masing penggunaan rumusnya.


Rumus Causative Let

Rumus causative verb yang banyak digunakan di dalam sebuah kalimat adalah dengan menggunakan kata let. Let artinya membiarkan. Di dalam kalimat causative, subject artinya akan memberikan izin atau membiarkan agent untuk melakukan sesuatu.

Rumus: subject + let + object (person) + V1 + object (noun)


Rumus Causative Have

Have memiliki bentuk yang kompleks karena terbagi ke dalam tiga bentuk yang berbeda. Rumusnya pun akan berbeda dan nantinya akan digunakan sesuai dengan konteks kejadiannya.

Rumus 1: digunakan ketika subject membuat seseorang melakukan sesuatu. Konteksnya adalah mengajak atau membujuk: subject + have + agent + V1

Rumus 2: digunakan ketika subject membuat agen melakukan sesuatu secara terus menerus dan tidak bisa berhenti dalam periode tersebut: subject + have + agent + Ving

Rumus 3: digunakan ketika subject membuat agen melakukan sesuatu di masa lalu dan prosesnya sudah selesai: subject + have + object + V3


Rumus Causative Get

Causative verb get menandakan bahwa subject membuat agentnya melakukan sesuatu dengan paksaan. Terkadang, bentuknya mirip dengan have namun konteksnya lebih memaksa seperti akan menerapkan sebuah aturan.

Rumus: subject + get + agent + to V1 + object (noun)


Rumus Causative Make

Make merupakan verb yang ada di dalam kalimat causatives yang menunjukkan bahwa subject membuat sang agent melakukan sesuatu secara paksa atau tidak bisa dikendalikan. Tenses pun tergantung kapan subject melakukannya kepada object di dalam kalimat.

Rumus: subject + make + object (person) + V1 + object (noun)


Jenis Causative

Causative terdiri dari dua jenis. Secara umum, causative dibagi ke dalam dua bentuk yakni passive dan active. Kedua jenis causative ini memiliki perbedaan struktur kalimat meskipun masih memiliki makna yang sama. Berikut adalah masing-masing penjelasannya.


Passive Causative

Bentuk kausatif ini menunjukkan bahwa sebuah benda atau sesuatu milik seseorang sudah berubah, namun pengubahnya tidak disebutkan di dalam kalimat. Apabila ditambahkan, maka bunyi kalimatnya ditambahkan dengan by + noun.

Rumus: Subject + causative verb + object + V3 (past participle)


Active Causative

Active causative menerangkan bahwa subject di dalam kalimat melakukan sebuah aksi yang membuat agent sebenarnya melakukan hal tersebut. Dalam kalimat ini, kamu akan menemukan dua pihak. Agent akan dikategorikan sebagai object kalimat.

Rumus: Subject + causative verb + object (agent) + V1 (action verb)


Contoh Causative

Selain mempelajari jenis active causative dan passive causative, Sobat Pijar juga harus tahu contoh-contoh kalimat di bawah ini agar lebih familiar dengan materi causatives. Berikut beberapa kalimat causative dan terjemahannya:


Contoh Causative Let

  1. She lets her daughter go overseas to study geophysics. (Dia membiarkan anaknya pergi ke luar negeri untuk belajar geofisika).
  2. I let my sister clean her own room. (Saya membiarkan adik saya membersihkan kamarnya sendiri).
  3. He lets me choose the best outfit to come to the party. (Dia membiarkanku memilih pakaian yang terbaik untuk pergi ke pesta).


Contoh Causative Have

  1. I had my shoes washed in a laundry shop. (Sepatuku sudah dicuci di toko laundry).
  2. The manager had me working last night. (Manager membuatku terus bekerja semalam).
  3. My father will have him go to the best university. (Ayahku akan membujuknya untuk daftar ke universitas terbaik).


Contoh Causative Get

  1. I got my bag repaired this week. (Tasku akan diperbaiki minggu ini).
  2. She gets her dad to pick her up at school. (Dia memaksa ayahnya untuk menjemput ke sekolah).
  3. She gets her package delivered. (Dia membuat paketnya sampai segera).


Contoh Causative Make

  1. She made her child go to school alone. (Dia membuat anaknya pergi ke sekolah sendiri).
  2. I made my chairmate do her homework on her own. (Aku membuat teman sebangkuku mengerjakan tugasnya sendiri).
  3. The teachers make us search for the materials. (Para guru membuat kita mencari materi).


Karena penggunaan causative sangat penting terutama di dalam percakapan Bahasa Inggris, maka kamu harus menguasainya dengan baik. Semoga rumus, jenis, dan contoh di atas bisa membantumu untuk memahami materi ini dengan lebih baik, ya!


____________________________

Baca juga: Procedure Text Bahasa Inggris : Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur dan Contoh


Nah, itulah materi mengenai Causative ya, Sobat Pijar! Semoga kamu nggak pusing lagi ketika ditanya mengenai materi ini. Kamu juga bisa menggunakan kalimat-kalimat ini saat diminta untuk mengarang teks oleh gurumu, lho.


Jika tertarik untuk belajar materi Causative dengan lebih lengkap lagi, Pijar Belajar bisa membantumu, nih. Ada materi dalam bentuk rangkuman, video materi, hingga latihan soal, lho. Jadi bisa dipakai ambis di mana pun dan kapan pun, deh!


Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved