pijarbelajar

Bahasa Inggris

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris dan Contohnya image

Berkenalan dengan orang baru bisa bikin siapa saja merasa grogi dan deg-degan, apalagi jika kamu tidak terbiasa bertemu dengan orang baru. Tapi kamu bisa banget loh memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris agar semakin berkesan. Wah, bagaimana, ya, cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris?


Pasti keren, kan, kalau kamu memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Kesan pertama saat berkenalan akan sangat berpengaruh pada penilaian orang terhadap kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu menghindari kesan pertama kurang bagus karena kamu tidak mempersiapkan diri dengan baik.


Dengan memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris, kamu bisa memberikan kesan yang lebih menarik. Nah, pembahasan kali ini kita akan mengulas lebih jauh tentang bagaimana cara mengenalkan diri menggunakan Bahasa Inggris, simak baik-baik sampai selesai ya!


Baca juga: 5 Tips Menghadapi Penilaian Akhir Tahun


Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Sebelum kamu menyimak apa saja contoh kalimat yang baik untuk memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris, sebaiknya kamu perhatikan beberapa cara atau tips berikut ini. Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan saat harus memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Berikut ini tipsnya:


1. Mulailah dengan Memberikan Salam atau Sapaan

Saat memperkenalkan diri, nggak mungkin kan kalau langsung pada intinya. Setidaknya kamu perlu mengucapkan salam atau sapaan dulu kepada lawan bicara atau audiens. Sebenarnya tidak beda jauh seperti saat kamu memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Indonesia.


Kamu bisa memberikan salam atau greetings seperti Hi (hai), Hello (Halo), Good morning everyone (Selamat pagi semuanya), Hello everybody (Halo semuanya), Hi everybody. Good afternoon (Hai semuanya. Selamat siang).


2. Jelaskan Maksud Perkenalan

Cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris berikutnya adalah dengan menjelaskan maksud perkenalan tersebut. Biasanya, cara ini dilakukan ketika kamu sedang berada dalam situasi formal. Seperti presentasi, meeting dengan klien, dan lain-lain. Contoh kalimatnya bisa seperti berikut:

  1. Let me introduce myself (izinkanlah saya untuk memperkenalkan diri saya).
  2. I’m right here to introduce myself (saya ada di sini untuk memperkenalkan diri saya).


3. Memulai dengan Mengenalkan Identitas

Cara selanjutnya adalah menyebutkan identitas seperti nama lengkap dan nama panggilan, daerah asal, tempat tinggal dan informasi lainnya yang bisa disesuaikan kebutuhan. Sebagai contohnya adalah:

  1. My name is... (Nama saya adalah)
  2. My full name is... (Nama lengkap saya adalah)
  3. People usually call me... (Orang-orang biasa memanggil saya)
  4. I’m... (Saya..)
  5. You can call me... (Kamu bisa memanggil saya)


Sedangkan untuk menyebutkan alamat tempat tinggal, kamu bisa menggunakan kata-kata seperti berikut:

  1. My address is... (Aalamat saya ada di)
  2. I come from... (Saya berasal dari)
  3. Currently I live in... (Sekarang saya tinggal di)


4. Memberitahukan Hobi

Cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris juga bisa loh dilengkapi dengan hobi atau favorit kamu. Tentunya kamu punya hobi yang asik untuk disampaikan saat memperkenalkan diri. Kamu bisa mengungkapkannya dengan beberapa contoh di bawah ini:

  1. My hobbies are... (Hobi saya adalah)
  2. My hobby is... (Hobi saya adalah)
  3. I love atau I like... (Saya suka)


Kamu juga bisa mengungkapkan kesukaanmu dengan beberapa contoh kalimat seperti berikut:

  1. My favourite song is... (Lagu kesukaan saya adalah)
  2. My favourite food is... (Makanan kesukaan saya adalah)


5. Menyampaikan Kalimat Penutup dan Terima Kasih

Cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris selanjutnya yaitu dengan menyampaikan kalimat penutup serta ucapan terima kasih. Jadi setelah kamu selesai memperkenalkan diri, jangan lupa untuk memberikan salam penutup dan terima kasih agar semakin berkesan.


Contohnya adalah “That’s all from me, thank you for your attention” (Itu saja dari saya, terima kasih atas perhatiannya.).


6. Eye Contact dan Senyum Ramah

Selain memperhatikan keempat tips diatas, jangan lupa untuk menunjukkan sikap yang baik dan ramah. Jika kamu berhadapan langsung dengan seseorang, maka jangan lupa untuk melakukan kontak mata dan berikan senyum termanis kamu.


Kata-kata Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Sebelumnya, kan, sudah dibahas tentang bagaimana cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris, jadi kamu bisa mencoba tips tersebut. Selanjutnya kamu juga perlu memperhatikan kata-kata perkenalan diri dalam Bahasa Inggris seperti berikut ini:

  1. I would like to introduce myself (Saya ingin memperkenalkan diri saya).
  2. Let me introduce myself (Perkenankanlah saya untuk memperkenalkan diri).
  3. I’m right here to introduce myself (Saya di sini untuk memperkenalkan diri saya).


Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Nah, jika sebelumnya sudah dibahas tentang bagaimana cara memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Inggris, kali ini kamu bisa menyimak beberapa contoh kalimat perkenalan diri dalam Bahasa Inggris singkat. Salah satunya adalah seperti ini:


“Hello everyone! Let me introduce myself, my name is Nandita Putri. But you can call me Dita. I come from Surabaya. Nice to meet you”.


(Halo semuanya! Izinkan saya memperkenalkan diri saya, nama saya Nandita Putri. Tapi kamu bisa memanggil saya Dita).


Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris secara Formal

Cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris saat acara formal tentu berbeda dengan yang dilakukan saat acara informal. Biasanya bahasa atau kalimat yang digunakan lebih terstruktur dan baku. Agar semakin jelas, kamu bisa simak contohnya di bawah ini:


“Good Morning Mrs. Anna. I am Damayanti Suci from Surabaya. I have heard a lot about your company. I graduated from Airlangga University with a majore in Psychology”.


(Selamat pagi Bu Anna. Saya Damayanti Suci dari Surabaya. Saya sudah banyak mendengar tentang perusahaan Anda. Saya lulusan dari Universitas Airlangga denga jurusan Psikologi).


Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris secara Informal

Bagaimana, apakah kamu sudah jelas dan paham dengan cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris melalui beberapa contoh di atas? Jika masih kurang jelas, di bawah ini ada beberapa contoh lain yang bisa dipelajari:


  1. Perkenalan diri dalam Bahasa Inggris untuk mahasiswa

“Good morning, friends. Thankyou Mrs. Dina for allowing me to introduce myself. My name ini Hanna Kartika, or you can call me Hanna. I’m 19 years old. I come from Surabaya, but I live in Jogja. My hobbies are playing piano and drawing. That’s all, thank you so much”.


(Selamat pagi teman-teman. Terimakasih Bu Dina sudah mengizinkan saya untuk memperkenalkan diri. Saya Hanna Kartika, atau kamu bisa panggil Hanna. Usia saya 19 tahun. Saya berasal dari Surabaya, tapi saya tinggal di Jogja. Hobi saya main piano dan menggambar.

Itu saja, terima kasih banyak)


  1. Perkenalan diri dalam Bahasa Inggris untuk anak SMP

“Hi everyone, let me introduce myself. My name is Faiz Putra, please call me Faiz. I’m 14 years old. My hobby is playing football. I come from Solo. That’s all from me, thank you all”.


(Hai semuanya, perkenankan saya untuk mengenalkan diri. Nama saya Faiz Putra, silakan panggil saya Faiz. Usia saya 14 tahun. Hobi saya main sepak bola. Saya berasal dari Solo. Itu saja dari saya, terima kasih semuanya).


  1. Perkenalan dalam Bahasa Inggris untuk anak SMA

“Hello friends. I’d like to introduce myself. My name ini Ardy Ramadhan.Most of my friends call me Ardy. I’m 16 years old. Previously, I studied at Nusa Bangsa Junior High School. My favourite food is batagor and my hobby is photography. That’s all from me, thank you”.


(Halo teman-teman. Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Ardy Ramadhan. Sebagian besar teman saya memanggil Ardy. Usia saya 16 tahun. Sebelumnya saya belajar di SMP Nusa Bangsa. Makanan kesukaan saya adalah batagor dan hobi saya fotografi. Sekian dari saya, terima kasih).


_______________________________________________________


Baca juga: 7 Simple Morning Routine Ideas For Students


Bagaimana, sekarang sudah semakin paham kan dengan cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris? Kamu bisa pelajari beberapa contoh di atas, untuk kalimatnya bisa disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan. Kalau acara formal, pastikan untuk menggunakan bahasa yang baku dan terstruktur.


Kamu juga bisa belajar lebih banyak tentang Bahasa Inggris lainnya bareng Pijar Belajar, lho. Aplikasi Pijar Belajar menyediakan beragam konten pembelajaran Bahasa Inggris terlengkap untuk kamu! Mulai dari rangkuman materi, video, hingga latihan soal dan mini quiz ada semua, deh


Bahkan, tersedia juga, lho, konten pembelajaran untuk mata pelajaran lainnya, mulai dari mata pelajaran SD, SMP, sampai SMA, ada semua, deh


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang! 


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved