5 Tips Menghadapi Penilaian Akhir Tahun - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

5 Tips Menghadapi Penilaian Akhir Tahun

| 0 minute read
5 Tips Menghadapi Penilaian Akhir Tahun image

Setiap pelajar tentunya memiliki daya tangkap dan metode belajar yang berbeda-beda. Ada yang bisa hanya dengan membaca sekilas, ada pula yang perlu membaca hingga berulang-ulang untuk memahami satu topik dari mata pelajaran tertentu. Apapun metodenya, kamu wajib mencoba tips-tips berikut agar mood belajarmu tetap oke untuk menghadapi Penilaian Akhir Tahun!


Tips Siap Menghadapi Penilaian Akhir Tahun


1. Tidur yang Cukup

Penelitian terbaru dari Massachusetts Institute of Technology mengungkapkan bahwa siswa yang mempunyai pola tidur yang bagus rata-rata memiliki nilai yang bagus pula di sekolah. Tentu saja hal ini berkaitan dengan konsistensi pola tidur normal mereka sehari-hari. Untuk itu, jika kamu ingin belajar dengan baik pastikan kamu juga mengatur pola tidur minimal 8 jam sehari mulai dari sekarang, ya! Jangan sampai lupa waktu dengan scroll Twitter dan TikTok sampai tengah malam deh.


2. Coba Nuansa Baru

Ternyata, belajar di tempat baru meningkatkan kemampuan mengingat, lho! Ini dikarenakan ketika mempelajari atau membaca sesuatu, otak akan mengingat semua sensasi baru yang dirasakan di tempat tersebut melalui semua indera. Daripada belajar di kamar atau di rumah setiap hari, coba deh keluar di kafe terdekat, perpustakaan daerah, atau taman kotamu!


3. Dengar Musik yang Menenangkan

Mendengarkan musik yang kamu sukai sangat membantu untuk tahan duduk belajar berjam-jam. Apapun jenis musik favoritmu mulai dari Pop, Hip-hop, Jazz, K-Pop, hingga Reggae sekalipun bisa kamu gunakan untuk meningkatkan mood di sesi belajarmu. Eits, tapi perhatikan juga lagu yang akan didengarkan ya! Jangan sampai lagu tersebut malah mendistraksi dan membuatmu karaoke sendiri sehingga lupa akan topik yang harus kamu pelajari.


4. Hilangkan Distraksi

Menjelang pekan ujian, kamu bisa menghapus aplikasi yang menurutmu akan mengganggu konsentrasi belajarmu seperti media sosial, game online, hingga media streaming online. Tentu saja kamu bisa mengunduhnya lagi setelah masa ujian berakhir. Komitmen belajar yang kamu lakukan sekarang bisa membuatmu berkomitmen lebih baik lagi di jenjang pendidikan yang lebih tinggi di masa depan.


5. Makan Cemilan Sehat

Selama sesi belajar berjam-jam, tentunya kamu akan merasa lapar. Untuk menghindari hilangnya fokus saat belajar, pastikan cemilan yang kamu makan kaya nutrisi dan memberimu energi untuk melanjutkan sesi belajar. Daripada junk food dan makanan manis, lebih baik kamu mengonsumsi kacang-kacangan dan buah-buahan selama belajar. Selain bernutrisi tinggi, kamu tidak akan cepat diserang rasa kantuk karena jenis makanan tersebut mengandung karbohidrat yang rendah.


Baca juga: Macam-Macam Strategi Pembelajaran, Mana yang Cocok Denganmu?


______________________________________________________________


Nah, itulah tips-tips yang harus kamu coba dari jauh hari untuk menghadapi pekan ujian Penilaian Akhir Tahun yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Semoga bisa membantu sesi belajarmu menjadi lebih baik dari sebelumnya, ya!


Agar lebih siap menghadapi Penilaian Akhir Tahun, wajib banget menggunakan Pijar Belajar! Selain dilengkapi dengan latihan soal dan video pembahasan, kamu juga bebas memilih jenjang yang saat ini kamu tempuh, lho! Wah, keren ya!


Yuk, gunakan Pijar Belajar sekarang juga!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image