pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Cara Membuat Peta Pikiran yang Perlu Kamu Tahu

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Cara Membuat Peta Pikiran yang Perlu Kamu Tahu image

Setiap orang punya metode belajar yang berbeda-beda. Bisa saja kamu cocok dengan metode belajar yang selama ini diterapkan tetapi temanmu tidak, lho. Nah, salah satu metode belajar yang umum digunakan adalah menggunakan peta pikiran. Ada yang tahu, bagaimana cara membuat peta pikiran?


Dengan peta pikiran kamu bisa lebih mudah dalam mempelajari dan memahami materi pelajaran. Selain itu, bagi pemateri atau guru juga jadi lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran. Akan tetapi mungkin masih banyak yang belum paham peta pikiran itu apa.


Biar kamu tidak bingung dan bisa mengikuti pembahasan tentang peta pikiran dengan baik, langsung saja ikuti penjelasannya di bawah ini. 


Baca juga: 6 Cara Mengatasi Overthinking dalam Belajar


Apa yang Dimaksud Peta Pikiran

Pada dasarnya peta pikiran berguna untuk menyampaikan sebuah informasi ke otak serta mengambil informasi yang sudah tersimpan di otak. Peta pikiran merupakan cara kreatif untuk membuat catatan secara efektif sehingga yang dipikirkan bisa mengalir dan membentuk peta pikiran.


Apa tujuan menyajikan informasi suatu teks ke dalam peta pikiran? Tujuannya adalah agar informasi yang diterima bisa dengan mudah dipahami dan dipelajari secara cepat dan efektif. Untuk mengetahui lebih lanjut pengertian peta pikiran, kamu bisa simak beberapa pendapat ahli berikut ini:


Waginah Dwi Nuryaningsih

Peta pikiran menurut Waginah Dwi Nuryaningsih adalah sebuah teknik pemanfaatan dari keseluruhan otak dengan citra visual dan kelengkapan prasarana grafis lainnya untuk membentuk sebuah kesan.


DePorter

Menurut DePorter, peta pikiran merupakan sebuah metode pencatatan kreatif yang akan memudahkan dalam mengingat banyak informasi. Peta pikiran akan membantu dalam mengembangkan keterampilan berbahasa, menyimak, membaca, berbicara dan menulis.


Peta pikiran dapat digunakan untuk membantu menyusun informasi dan menuangkannya kembali ke dalam sebuah ide atau gagasan. 


Buzan

Sedangkan menurut Buzan, peta pikiran atau mind mapping adalah sebuah alat paling efektif yang akan membuat otak berpikir secara teratur. Cara ini akan memudahkan dalam memasukkan informasi ke otak dan mengambil informasi tersebut dari otak.


Apa Manfaat Membuat Peta Pikiran

Sebelum membahas tentang cara membuat peta pikiran, sebaiknya kenali dulu apa saja manfaat peta pikiran. Membuat peta pikiran dari sebuah bacaan akan memudahkan untuk memahami ide maupun konsep bacaan serta menemukan informasi secara cepat dan tepat. Adapun manfaatnya adalah:


Mudah Memahami Materi Pelajaran

Dengan adanya peta pikiran, maka akan lebih mudah dalam mempelajari dan memahami materi pelajaran. Informasi akan dikelompokkan menggunakan kata kunci sehingga jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan susunan kalimat yang panjang.


Lebih Mudah Mengingat

Kalau kamu disuruh membaca 1 halaman teks yang panjang, pasti ada rasa bosan dan malas sehingga sulit mengingat isinya. Tapi kalau diperlihatkan gambar atau diagram dalam bentuk peta pikiran, hal ini akan lebih mudah untuk diingat.


Cara ini akan membantu menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Ketika otak kiri lebih dominan saat digunakan untuk membaca teks, otak kanan akan lebih fokus ke objek visual dan kreatif seperti gambar, diagram atau simbol.


Peta pikiran akan membantu kamu mengenali dan melihat setiap detail informasi tanpa kehilangan benang merah atau keterkaitan antara satu topik dengan topik lainnya. Kamu juga bisa melakukan pengelompokan informasi sehingga lebih mudah diingat.


Proses Belajar Jadi lebih Menyenangkan

Membaca buku cerita bergambar dengan warna-warni di dalamnya akan memberikan kesenangan tersendiri. Begitu juga kalau kamu belajar dengan metode pembelajaran menggunakan peta pikiran yang melibatkan gambar dan warna, belajar jadi menyenangkan.


Setelah mengetahui apa saja manfaat peta pikiran, sekarang coba jelaskan fungsi peta pikiran! Nah, salah satu fungsi peta pikiran adalah meningkatkan kreativitas. Karena kamu akan mengolah berbagai informasi dan menuangkannya ke dalam bentuk gambar atau diagram dan bentuk visual lainnya.  


Selain itu, peta pikiran juga berfungsi untuk meningkatkan ketelitian kamu dalam menyusun informasi. Karena kamu akan mengelompokkan informasi berdasarkan tema tertentu sehingga dibutuhkan ketelitian dan kecermatan.


Cara Membuat Peta Pikiran

Peta pikiran merupakan suatu cara penyajian informasi dalam bentuk diagram hirarkis. Dengan membuat peta pikiran maka materi pelajaran bisa dipelajari dengan cara yang lebih menyenangkan. Kamu bisa membuat peta pikiran karyamu sendiri sesuai kreativitas masing-masing.


Buku catatan pelajaran yang penuh dengan teks panjang bisa dengan mudah diubah menjadi peta pikiran yang lebih menarik. Kamu bisa menambahkannya dengan gambar-gambar sehingga terlihat semakin menarik dan tidak membosankan. 


Agar tidak bingung, berikut ini langkah-langkah cara membuat peta pikiran yang bisa dilakukan. Perhatikan urutannya dengan benar ya!


Membuat Perencanaan

Sebelum membuat peta pikiran, kamu harus sudah menyusun perencanaannya dengan membuat kerangkanya terlebih dahulu. Kamu bisa membuat perencanaan peta pikiran menggunakan kertas buram terlebih dahulu dan merencanakan peletakannya dengan cermat.


Menyiapkan Perlengkapan untuk Membuat Peta Pikiran

Jika perencanaan sudah matang, maka jangan lupa untuk menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan dalam pembuatan peta pikiran. Kamu bisa menyiapkan kertas gambar, pensil warna, spidol warna, kertas karton atau buku sesuai kebutuhan.


Menentukan Tema dalam Peta Pikiran

Langkah ketiga adalah menentukan tema besar yang nantinya akan digunakan untuk membentuk peta pikiran. Temukan juga poin-poin penting dalam setiap bab pembahasan agar lebih mudah menuangkannya ke dalam peta pikiran.


Tema besar tersebut bisa kamu letakkan di bagian tengah karena menjadi konsep utama atau pusat dari ide. Selanjutnya kamu bisa berkreasi dalam meletakkan tema turunannya dan menghubungkannya ke tema besar dengan garis. 


Menempatkan Tema Besar di Bagian Tengah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tema besar harus diletakkan di bagian tengah agar kamu lebih mudah untuk menyusun sub tema lainnya di sekitar tema besar. Dan menghubungkan setiap cabangnya dengan garis lengkung agar tidak terkesan kaku dan membosankan.


Menemukan Hubungan Antar Tema dan Berikan Tanda

Kamu bisa menambahkan ilustrasi berupa gambar, foto, simbol, garis dan warna ke dalam peta pikiran agar terlihat lebih menarik. Selain menarik secara visual, cara tersebut juga akan membantu kamu untuk lebih memahami pembahasan yang ada di dalamnya.


Menggunakan Kata Kunci

Cara membuat peta pikiran berikutnya yang harus diperhatikan adalah menggunakan kata kunci. Kata kunci tersebut sangat penting karena lebih efektif untuk diingat dibandingkan uraian yang panjang. Kamu bisa mengembangkan kata kunci sesuai tema yang dibahas.


Gambar Peta Pikiran

Peta pikiran disebut juga mind mapping atau peta konsep. Dengan menggunakan peta pikiran, hal itu bisa melatih kamu untuk memahami informasi penting. Peta pikiran ini bukan hanya bermanfaat bagi siswa atau pelajar tetapi juga bagi guru atau pengajar.


Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai cara dan langkah-langkah dalam membuat peta pikiran, di bawah ini ada beberapa contoh peta pikiran yang bisa kamu jadikan referensi.



Selain contoh diatas, kamu juga bisa menyimak contoh peta pikiran sederhana berikut ini sebagai referensi:



Cara membuat peta pikiran bisa disesuaikan dengan ide dan tema besar yang akan dijadikan pokok pembahasan dalam peta pikiran. Selain itu, kamu juga harus menggunakan kata kunci agar lebih mudah dalam mengembangkan ide dan sub tema di dalamnya.


________________________________________________________________


Baca juga: Cara Memilih Jurusan Kuliah supaya Nggak Salah Pilih


Itu dia Sobat Pijar berbagai cara membuat peta pikiran yang bisa kamu terapkan. Semoga peta pikiran atau mind mapping di atas bisa membantu kamu lebih mudah belajar, ya!


Yuk, coba terapkan peta pikiran pada saat kamu menyimak rangkuman materi Pijar Belajar! Setelah itu, coba kerjakan latihan soalnya juga, ya, untuk menguji pemahamanmu terkait materi yang dipelajari.


Download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved