pijarbelajar

Lainnya

Cara Belajar UTBK SNBT Biar Lolos di Kampus Impian

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Cara Belajar UTBK SNBT Biar Lolos di Kampus Impian image

Cara belajar UTBK SNBT agar lolos di kampus impian itu seperti apa, ya? Menjelang seleksi masuk PTN yang semakin dekat, rasanya semakin deg-deg-an, nggak, sih? Tenang saja Sobat Pijar, masih belum terlambat, kok, untuk menyusun strategi belajar sekarang. 


Berbeda dengan ujian pada umumnya, UTBK SNBT memang perlu cara belajar yang lebih efektif, nih. Hal ini dikarenakan materi yang diujikan pada UTBK SNBT 2023 nanti tidak meliputi mata pelajaran di sekolah, melainkan materi Tes Potensi Skolastik dan juga Literasi. 


Hm… kira-kira seperti apa ya cara belajar UTBK SNBT yang tepat supaya lolos di kampus impian? Coba simak penjelasan berikut ini, yuk! 


Baca juga: UTBK SNBT 2023 - Informasi Terlengkap


Cara Belajar UTBK SNBT yang Efektif

Pada tanggal 8–28 Mei 2023 ini, seluruh calon mahasiswa baru akan mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Sobat Pijar salah satunya, bukan? Kalau iya, ada baiknya kamu mulai menyusun cara belajar UTBK SNBT yang efektif, nih. Berikut beberapa cara belajar yang bisa kamu terapkan. 


1. Cari Tahu Info Tentang Materi UTBK SNBT 2023

Sebelum memulai belajar, pastinya kamu harus mencari tahu materinya terlebih dahulu, bukan? Nah, hal yang sama juga berlaku buat belajar UBTK SNBT, nih. Coba kenalan dulu dengan berbagai materi UBTK SNBT 2023, ya. 


Materi UTBK SNBT 2023 sendiri meliputi Tes Potensi Skolastik, TPS Numerasi, Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Penjelasan mengenai materi UBTK SNBT 2023 ini bisa kamu simak dalam artikel Pijar Belajar sebelumnya, ya. 


2. Kenali Level Kemampuan Awalmu!

Cara belajar UTBK SNBT selanjutnya adalah kamu perlu mengenali terlebih dahulu kemampuan awalmu. Kalau kemampuan diri sendiri saja belum dikenali, bagaimana mungkin Sobat Pijar bisa menggunakan potensi maksimal untuk bersaing di UTBK SNBT 2023 nanti?


Kamu bisa mengenali kemampuan awalmu dengan menyusun materi UTBK mulai dari yang terasa paling sulit hingga mudah. Nah, materi yang terasa sulit tersebut bisa kamu jadikan titik awal untuk belajar. 

Porsikan waktu belajar lebih banyak untuk materi SNBT yang terasa sulit. Dengan begitu, nantinya kamu akan lebih menguasai materi tersebut saat hari ujiannya.  


3. Manfaatkan Modul, Video Edukasi, maupun Tutor

Berikutnya, coba maksimalkan keberadaan berbagai penunjang pembelajaran, ya. Di era digital yang sangat masif seperti sekarang, Pijar Belajar menyoroti adanya tiga penunjang pembelajaran yang sudah sangat berkualitas dan mudah untuk diakses.


Ketiganya adalah modul, video edukasi, dan tutor-tutor profesional. Selain dijamin banyak yang berkualitas, tak jarang pula penunjang belajar tersebut tersedia secara gratis!


Banyak sekali penyedia modul, video edukasi, maupun tutor profesional yang terpercaya dan bisa membantu kesuksesan UTBK SNBT Sobat Pijar. Tentu saja, salah satu opsi terbaiknya adalah Pijar Belajar. Pijar Belajar merupakan bimbel online yang memiliki berbagai latihan soal dan pembahasan yang sudah dirancang khusus untuk membantumu sukses menaklukan UTBK SNBT! Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengakses berbagai latihan soal UTBK SNBT Pijar Belajar.



4. Ikuti Try Out secara Berkala

Mengikuti try out secara berkala sudah terbukti menjadi salah satu cara belajar UTBK yang sangat ampuh. Dengan ikut try out secara berkala, kita bisa melihat perkembangan kemampuan diri dari waktu ke waktu. Apakah hasil try out perlahan naik, konsisten meningkat pesat, atau fluktuatif alias naik-turun? 


Semua itu akan membantu Sobat Pijar untuk memahami kemampuan sekaligus kesiapan diri untuk menghadapi UTBK SNBT 2023 mendatang. 


Selain itu, try out juga bisa memberikan gambaran mengenai bentuk soal dan suasana SNBT nanti, lho. Jadi, nantinya kamu nggak terlalu tegang dan kaget pada saat pelaksanaan ujiannya. Oleh karena itu, ikuti try out UTBK SNBT dengan serius, ya. 


5. Konsisten Menerapkan Jadwal Belajar

Rutinitas terbukti menjadi salah satu cara belajar UTBK SNBT yang bisa melatih kekuatan memori saat mengerjakan tes pada hari-H esok. Sebab, otak yang rutin dilatih serta dipakai untuk mempelajari beragam jenis materi akan memiliki kemampuan mengingat yang kuat.


Di samping bermanfaat dari segi IQ, rutinitas belajar sebagai salah satu cara belajar UTBK akan membangun kedisiplinan dan kekuatan mental diri yang baik.


Konsistensi diri bisa dimulai dan dilatih dari hal-hal yang paling kecil. Sobat Pijar tidak perlu langsung menetapkan target yang tinggi. Mulailah mengatur konsistensi diri dengan contoh sederhana seperti rutin tidak tidur pagi, mengurangi durasi bermain smartphone, atau melakukan olahraga ringan 10 menit setiap hari.


Berbagai kebiasaan positif yang kecil nantinya bisa membuat Sobat Pijar memiliki kondisi fisik, pikiran, dan mental yang berkualitas sekaligus siap bersaing dalam UTBK SNBT mendatang!


____________________________________________________________________


Baca juga: Alur Pendaftaran dan Jadwal UTBK SNBT 2023


Bagaimana? Ternyata cukup mudah, ya, cara belajar UTBK SNBT itu. Tentunya belajar SNBT bakal lebih mudah jika kamu menggunakan Aplikasi Pijar Belajar, lho. Aplikasi Pijar Belajar merupakan bimbel online yang menyediakan berbagai latihan soal lengkap dengan pembahasannya.


Kamu bisa memanfaatkan Pijar Belajar untuk persiapan try out SNBT hingga pelaksanaan ujian UTBK SNBT nanti.


Yuk, download Pijar Belajar dan rasakan kemudahan belajarnya!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved