pijarbelajar

Matematika

Operasi Hitung Bilangan Cacah Besar - MTK Kelas 4 SD

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Operasi Hitung Bilangan Cacah Besar - MTK Kelas 4 SD image

Bilangan cacah himpunan bilangan bulat yang nilainya tidak negatif. Dengan begitu, bilangan cacah dimulai dari 0, lalu berlanjut ke 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Bilangan cacah dan bilangan asli saling berhubungan karena bilangan cacah bisa disebut sebagai himpunan bilangan asli, yaitu 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya, ditambah dengan 0. 


Lalu, apa itu bilangan cacah dalam materi kelas 4 SD? Materi bilangan cacah besar kelas 4 SD mencakup bilangan cacah besar. Apa yang dimaksud dengan bilangan cacah besar? Di bawah ini kita akan membahasnya, termasuk dengan contoh dan operasi hitung bilangan cacah besar. 


Baca juga: Apa Itu Bilangan Bulat?


Apa yang Dimaksud dengan Bilangan Cacah Besar?

Bilangan cacah besar adalah bilangan cacah yang nilainya lebih dari puluhan juta. Mulai dari ratusan juta, miliar, triliun, kuadriliun, hingga tak terhingga. Untuk membedakan bilangan cacah dengan jenis bilangan lain, maka bilangan cacah dilambangkan dengan huruf C. Lalu, bagaimana cara membaca bilangan cacah besar?


Dalam materi bilangan cacah besar kelas 4 SD, kamu akan belajar tentang bilangan cacah mulai dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Untuk bilangan yang tidak terlalu besar, cara membacanya mudah, kok. Kamu bisa membacanya dengan mengenal nilai tempat. Apa itu nilai tempat?


Nilai tempat merupakan elemen yang dimiliki setiap angka pada bilangan. Nilai tempat dimulai dari sebelah kanan, yaitu dari satuan seperti 1, 2, 3, lalu berlanjut ke puluhan seperti 10, 20, 30, ratusan seperti 100, 200, 300, dan seterusnya. Cara membagi bilangan cacah besar menggunakan nilai tempat adalah dengan menempatkan nilai tempat ke dalam digitnya. Supaya lebih mudah dipahami, simak contoh berikut ini:


Perhatikan bilangan cacah berikut: 1.234.567


Kamu bisa coba mengaplikasikan nilai tempat pada bilangan tersebut dimulai dari angka paling kanan sebagai satuan, yaitu: 


7 = angka satuan

6 = angka puluhan

5 = angka ratusan

4 = angka ribuan

3 = angka puluhan ribu

2 = angka ratusan ribu

1 = angka jutaan


Jadi, angka tersebut dibaca dengan satu juta dua ratus tiga puluh empat ribu lima ratus enam puluh tujuh. 


Sistem Bilangan Bulat

Sistem bilangan bulat adalah himpunan semua bilangan bulat yang dilengkapi dengan operasi penjumlahan dan perkalian. Dalam sistem bilangan bulat, ada sekumpulan bilangan yang terdiri dari bilangan cacah dan bilangan bulat negatif. 


Itulah yang menyebabkan sistem bilangan bulat ada hubungannya, karena bilangan cacah termasuk di dalamnya. Bilangan cacah contohnya 1, 2, dan 3 termasuk ke dalam bilangan bulat. Sementara bilangan bulat yang negatif seperti -1, -2, dan -3 tidak termasuk ke dalam bilangan cacah. 


Kamu bisa menyimak pembahasan tentang susunan bilangan bulat dan bagaimana cara membandingkan serta mengurutkan bilangan bulat dengan menyimak artikel Pijar Belajar ini, ya. 


Operasi Hitung Bilangan Cacah Besar

Berikut ini operasi hitung bilangan cacah besar:


Penambahan

Empat hal yang perlu diperhatikan dalam penjumlahan bilangan cacah adalah:

  1. Sifat tertutup, yaitu penjumlahan sesama bilangan cacah akan menghasilkan bilangan cacah. Contoh: 4 + 6 = 10. 4, 6, dan 10 adalah anggota himpunan bilangan cacah (C). Penjumlahannya dinamakan penjumlahan tertutup.
  2. Sifat komutatif (pertukaran), dapat dituliskan sebagai a + b = b + a. Contoh, 1 + 2 hasilnya akan sama dengan operasi hitung 2 + 1. 
  3. Sifat asosiatif (pengelompokan) dapat dituliskan sebagai a + (b + c) = (a + b) + c

Contoh: 

2 + (3 + 4) = (2 + 3) + 4

2 + 7 = 5 + 4

9 = 9.

  1. Sifat identitas, yaitu penjumlahan dengan 0 menghasilkan angka yang sama. 


Pengurangan

Tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pengurangan bilangan cacah adalah:

  1. Pada operasi pengurangan, bilangan cacah tidak memiliki sifat komutatif dan asosiatif.
  2. Jika angka di depan lebih besar, pengurangan sesama bilangan cacah tetap menghasilkan bilangan cacah. Contoh: 5 – 3 = 2.

5, 4, dan 2 adalah anggota himpunan C. 

  1. Jika angka di depan lebih kecil, pengurangan sesama bilangan cacah tidak menghasilkan bilangan yang sama karena angkanya negatif. Contoh: 3 – 5 = -2. 4 dan 6 adalah anggota himpunan C, sedangkan -2 adalah anggota himpunan bilangan bulat. 


Perkalian 

Enam hal yang perlu diperhatikan dalam perkalian bilangan cacah adalah:

  1. Sifat tertutup, perkalian sesama bilangan cacah menghasilkan bilangan cacah. Contoh: 3 x 10 = 30.
  2. Sifat komutatif (pertukaran), bisa dituliskan dengan a x b = b x a.
  3. Sifat asosiatif (pengelompokan), bisa dituliskan sebagai a x b x c = (a x b) x c.
  4. Sifat distributif (penyebaran), terbagi dua, yaitu terhadap penjumlahan a x (b + c) = (a x b) + (a x c).
  5. Sifat identitas, yaitu perkalian dengan angka 1 menghasilkan angka yang sama. Contoh: 20 x 1 = 20.
  6. Perkalian dengan 0 menghasilkan 0.


Pembagian

Lima hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian bilangan cacah adalah:

  1. Pada pembagian, bilangan cacah tidak memiliki sifat komutatif, asosiatif, dan distributif. 
  2. Pembagian bilangan cacah dengan faktornya menghasilkan bilangan cacah. Contoh: 50 : 5 = 10. 50, 5, dan 10 merupakan anggota himpunan C, sedangkan 5 merupakan salah satu faktor dari 50. 
  3. Pembagian bilangan cacah dengan angka yang bukan faktornya tidak menghasilkan bilangan cacah, tapi menghasilkan bilangan rasional. Contoh: 2 : 4 = 0,5. 2 dan 4 adalah anggota himpunan C, sedangkan 0.5 merupakan anggota Q. 
  4. Angka 0 dibagi angka apa pun hasilnya akan tetap 0. 
  5. Bilangan apa pun yang dibagi dengan angka 0 hasilnya adalah tak terbatas atau infinity, yang simbolnya adalah ∞. 


Contoh Soal Bilangan Cacah

Ingin latihan dengan bilangan cacah besar soal? Ini dia soal bilangan cacah besar kelas 4 bimbel Brilian.


1. Tentukan mana yang termasuk bilangan cacah dari bilangan di bawah ini:

-3, 5, 7, -2, 0.5, 0, 0.2, 8, 2.5, 15

Jawaban:

C = {0, 5, 7, 8, 15}

-2 dan -3 adalah anggota himpunan Z

0.2, 0.5, dan 2.5 adalah anggota Q.


2. Gunakan sifat distributif pada soal berikut ini:

3 x (6 + 4)

Jawaban: 

3 x (6 + 4) = (3 x 6) + (3 x 4)

3 x 10 = 18 + 12

30 = 30. 


___________________________________________________________


Baca juga: Cara Menentukan Pecahan Senilai


Itu dia materi bilangan cacah besar kelas 4 dan contoh soalnya. Sobat Pijar tertarik melanjutkan belajar ke bilangan cacah kelas 5? Yuk, meluncur ke Pijar Belajar dan dapatkan materinya! Selain itu, masih banyak materi pelajaran lainnya yang bisa kamu dapatkan di Pijar Belajar, lho!


Yuk, belajar bareng Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved