pijarbelajar

Universitas

Ini Dia Biaya Kuliah Universitas Pendidikan Indonesia

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Ini Dia Biaya Kuliah Universitas Pendidikan Indonesia image

Kamu bercita-cita menjadi seorang guru? Kalau iya, salah satu perguruan tinggi negeri yang cocok untuk kamu adalah Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI merupakan perguruan tinggi negeri yang berfokus pada bidang pengajaran dan pendidikan. Tapi, biaya kuliah Universitas Pendidikan Indonesia itu mahal, nggak, ya? 


Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah impian banyak orang, namun seringkali biaya kuliah menjadi hambatan yang cukup besar. Oleh karena itu, Sobat Pijar perlu memahami biaya kuliah di UPI sebelum membuat keputusan untuk melanjutkan studi di sana.


Dalam artikel kali ini, Pijar Belajar mau kasih tahu kamu informasi lengkap seputar biaya kuliah Universitas Pendidikan Indonesia. 


Biaya Kuliah Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Bandung. Bagi kamu yang mau kuliah di UPI, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, nih, khususnya tentang biaya kuliah. 


Biaya kuliah di UPI terdiri dari beberapa komponen utama. Pertama, ada biaya pendaftaran yang harus dibayar saat mendaftar sebagai calon mahasiswa. Besaran biaya pendaftaran dapat bervariasi setiap tahun, jadi penting untuk memperoleh informasi terkini dari situs web resmi UPI atau pihak administrasi universitas. Biaya pendaftaran ini umumnya bersifat satu kali dan tidak dapat dikembalikan.


Kemudian, ada juga biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya pembangunan lainnya. Nah, kedua biaya ini memiliki besaran yang cukup bervariasi di tiap fakultas dan jurusan. Selain jurusan, biaya kuliah Universitas Pendidikan Indonesia dibedakan berdasarkan jalur masuknya, yaitu Biaya Kuliah UPI untuk Mahasiswa Jalur Reguler dan Mandiri. Berikut penjelasan lengkapnya. 


Biaya Kuliah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jalur Reguler

Bagi kamu yang masuk Universitas Pendidikan Indonesia melalui jalur reguler, seperti SNBP dan SNBT, kamu hanya akan dikenakan biaya UKT di tiap semesternya. Besaran UKT tersebut dikelompokkan menjadi delapan golongan dengan nominal yang berbeda-beda. 


Kenapa begitu, ya? Ternyata hal ini diterapkan supaya mahasiswa UPI bisa membayar UKT dengan besaran sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing. Nantinya, tiap mahasiswa akan menyerahkan berkas-berkas tertentu yang akan digunakan sebagai pertimbangan pihak kampus dalam menentukan besaran UKT. 


Berikut besaran UKT Universitas Pendidikan Indonesia Jalur Reguler. 



Biaya Kuliah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jalur mandiri

Untuk calon mahasiswa yang akan masuk melalui jalur mandiri, biaya yang harus dibayar meliputi biaya pendaftaran, SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pembelajaran) yang dibayar setiap semester, Biaya Pengembangan Fasilitas Akademik, dan Dana Pengembangan Lembaga. Berikut adalah rinciannya.



______________________________________________________________________


Baca juga: Pendaftaran Universitas Padjadjaran yang Bisa Kamu Ikuti


Demikian sedikit ulasan mengenai biaya kuliah Universitas Pendidikan Indonesia. Informasi tersebut dapat menjadi referensi atau gambaran mengenai biaya kuliah yang harus dikeluarkan jika melanjutkan studi di UPI.


Nah, selain mempersipakan dari segi biaya, persiapan utama yang perlu kamu lakukan adalah kesiapan kemampuan dan pengetahuan untuk menaklukkan soal-soal ujian masuknya nanti. Tentu saja Sobat Pijar tak perlu khawatir karena Pijar Belajar sudah menyiapkan banyak materi belajar untuk kamu!


Aplikasi Pijar Belajar merupakan aplikasi bimbel online yang menyediakan berbagai konten pembelajaran, mulai dari latihan soal, pembahasan, hingga rangkuman dan video materi. Jadi, kamu sudah nggak repot lagi untuk mempersiapkan bahan belajar.


Yuk, download Pijar Belajar dan rasakan keseruan belajarnya sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved