pijarbelajar

Universitas

Informasi Tentang Biaya Kuliah Universitas Jember

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Informasi Tentang Biaya Kuliah Universitas Jember image

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di bagian timur Pulau Jawa, Universitas Jember bisa jadi pilihanmu nih, Sobat Pijar! Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri, Universitas Jember juga menetapkan biaya kuliah yang bervariasi berdasarkan kemampuan finansial orang tua masing-masing calon mahasiswa.


Yuk, langsung aja baca artikel di bawah ini untuk mendapatkan informasi mengenai Biaya Kuliah Universitas Jember berdasarkan jalur masuknya!


Baca juga: Pendaftaran Ujian Mandiri Universitas Jember - Ketentuan, Syarat, dan Jadwal Pelaksanaannya


Sekilas Mengenai Universitas Jember

Universitas Jember (UNEJ) adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di area Jember Jawa Timur. Mungkin banyak dari Sobat Pijar yang belum tahu nih soal asal-usulnya, UNEJ berasal dari gagasan R.M.Soerachman yang bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di Jember.


Untuk berhasil mewujudkan mimpinya tersebut, maka tokoh membentuk sebuah panitia yang dinamakan dengan Triumviraat. Panitia awalnya membentuk sebuah yayasan yang bernama “Universitas Tawang Alun” kemudian mendirikan universitas swasta Jember “UNITA”.


Usaha tidak pernah mengkhianati hasil, sehingga panitia Triumviraat telah berhasil melahirkan Universitas Negeri Jember tahun 1964. Hingga saat ini UNEJ sudah memiliki banyak jurusan dan prodi, sehingga makin banyak diminati oleh seluruh masyarakat dari berbagai daerah.


Biaya Kuliah Universitas Jember Jalur SNBP dan SNBT

Dilansir dari laman resminya, berikut biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa jika ingin kuliah di Universitas Jember dengan jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes):



Biaya Kuliah Universitas Jember Jalur Mandiri

Biaya kuliah di Universitas Jember untuk jalur Mandiri terdiri dari dua jenis; UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi). 


Uang Kuliah Tunggal atau yang disingkat UKT adalah biaya yang harus dikeluarkan setiap semester. Besaran UKT didapat merupakan hasil verifikasi berkas yang sudah diunggah oleh mahasiswa.


Sedangkan SPI dibayarkan satu kali saja selama masa studi. Besaran SPI disesuaikan dengan kemampuan orang tua masing-masing mahasiswa dan dibayarkan secara lunas sebelum masa registrasi ulang.


Berikut besaran UKT dan SPI Universitas Jember berdasarkan program studinya:


Uang Kuliah Tunggal


Sumbangan Pengembangan Institusi

______________________________

Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2023


Nah, itulah biaya yang harus dikeluarkan jika ingin berkuliah di Universitas Jember, Sobat Pijar! Semoga informasi ini membantumu memilih kampus dan jurusan yang sesuai, ya!


Eits, informasi mengenai biaya kuliahnya gak cukup lho untuk melanjutkan pendidikan tinggi! Kamu juga perlu mempersiapkan diri untuk belajar ujian yang harus kamu lewati untuk berkuliah. Tapi jangan khawatir, karena Pijar Belajar bisa membantumu!


Di aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ratusan latihan soal yang sesuai dengan standar UTBK-SNBT dan Mandiri kampus, lho. Jadi, kamu bisa ngambis di mana aja dan kapan aja sesuai mood! Wah, jadi lebih mudah, ya?


Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang dan rasakan serunya ngambis di mana aja!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved