pijarbelajar

Bagian Telinga dan Fungsinya - IPA Kelas 6

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Bagian Telinga dan Fungsinya - IPA Kelas 6 image

Sobat Pijar tahu nggak sih kalau telinga menjadi salah satu indera dalam tubuh manusia yang penting untuk kita jaga kebersihan dan fungsinya. Telinga nggak cuma sekedar berguna untuk mendengar, tetapi juga sebagai organ keseimbangan bersama dengan kulit, otot, persendian maupun mata jadi harus selalu diperhatikan. Oleh karena itu, kenalan sama bagian telinga dan fungsinya, yuk! 


Kamu yang pengen tahu banyak tentang telinga serta bagian telinga dan fungsinya bisa langsung cek penjelasannya di bawah ini!


Baca juga: Sistem Respirasi Manusia: Pengertian, Fungsi, Organ, Mekanisme, dan Gangguannya


Apa Itu Telinga?

Apa penjelasan saluran telinga? Telinga merupakan organ yang cukup berpengaruh dan penting bagi manusia. Alasannya adalah telinga ini berfungsi sebagai organ pendengaran yang bagus untuk kebutuhan komunikasi dan juga cocok untuk organ keseimbangan bersama semua indera lainnya. Penting dipahami kalau telinga ini memiliki tiga bagian yakni dalam, tengah dan luar. 


Lalu apa sih sebenarnya fungsi telinga? Telinga memiliki fungsi untuk menerima dan memproses gelombang suara menjadi informasi yang dapat dimengerti oleh otak. Makanya, penting banget bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan telinga. 


Bagian Telinga dan Fungsinya

Lalu, seperti apa bentuk telinga dan apa fungsi dari saluran telinga itu? Untuk menjawabnya Sobat Pijar bisa memperhatikan dulu penjelasan yang ada di bawah ini!



Telinga Luar

Bagian pertamanya adalah bagian telinga luar. Penting dipahami bagian telinga ini terdiri dari pinna atau daun telinga dan terlihat pada sisi kepala dan saluran telinganya. Mengenai penjelasan lebih lanjutnya kamu bisa cek di bawah ini!


  1. Pinna atau Daun Telinga 

Pinna atau daun telinga merupakan bagian yang tampak dari telinga. Pada bagian ini biasanya tersusun dari tulang rawan yang bentuknya lebih keras dan cenderung tertutup oleh kulit. Kemudian, untuk fungsinya bagian ini tugasnya adalah biar bisa mengumpulkan suara dari lingkungan sekitar dan langsung mengarahkannya pada saluran telinga. 


  1. Saluran Telinga

Saluran telinga merupakan jalur yang nantinya mengarah pada bagian telinga tengah. Pada bagian saluran telinga ini terdapat adanya kelenjar yang mampu memproduksi zat yang namanya serumen atau earwax. Fungsi dari zat ini adalah untuk melindungi saluran telinga dengan cara merekatkan hewan kecil atau kotoran yang masuk dan bisa mencegah terjadinya infeksi. Bagian telinga yang melindungi telinga dari kotoran adalah saluran ini. 


Telinga Tengah

Dimana letak saraf telinga? Bagian kedua dari telinga adalah bagian tengah. Pada bagian tengah ini disebut juga sebagai rongga yang berisi udara dan letaknya ada di antara telinga luar dan dalam. Sama halnya dengan telinga bagian luar, bagian ini terdiri dari banyak komponen penting seperti tabung Eustachius, gendang telinga dan tulang-tulang pendengaran. 


Adapun, beberapa bagian yang masuk bagian telinga tengah bisa kamu lihat semuanya di bawah ini!


  1. Tabung Eustachius

Maksud dari tabung eustachius ini adalah tabung sempit yang menghubungkan antara bagian tengah dan bagian belakang hidung. Tugasnya adalah untuk menjaga agar tekanan udara pada kedua sisi gendang telinga nantinya tetap seimbang. Jadi bagian telinga yang berfungsi sebagai alat keseimbangan terletak diantara bagian ini. 


  1. Tulang-Tulang Pendengaran atau Osikel

Sobat Pijar tahu nggak sih kalau di bagian ini ada sekitar tiga tulang pendengaran kecil yang dinamakan osikel. Tulang ini terdiri dari i Malleus (menempel pada gendang telinga), inkus (melekat pada maleus), dan stapes (menempel pada inkus dan menjadi tulang terkecil pada tubuh). Tulang ini memiliki fungsi untuk mentransmisikan getaran dari gendang telinga ke koklea (bagian dalam telinga). 


  1. Gendang Telinga atau Membran Timpani 

Bagian ketiganya adalah gendang telinga. Bagian ini merupakan sepotong jaringan tipis yang terletak pada akhir dari saluran telinga. Jika dilihat dari fungsinya adalah mampu menerima gelombang suara yang nantinya bisa masuk ke saluran telinga dan bisa mengubahnya menjadi bentuk getaran. 


Telinga Dalam

Bagian telinga yang ketiganya adalah bagian telinga dalam. Bagian ini cocok untukmu yang pengen tahu apa yang terdapat pada rumah siput di bagian telinga. Penting dipahami juga bahwa bagian telinga yang harus dibersihkan secara teratur adalah bagian dalam. Adapun untuk bagian dalam telinga terdiri atas beberapa hal penting di bawah ini!


  1. Saluran Setengah Lingkaran

Bagian ini terlihat mirip dengan tiga tabung kecil yang memiliki hubungan atau saling terhubung. Uniknya di dalam bagian ini terdapat cairan yang dilapisi oleh rambut kecil sementara untuk fungsinya adalah membantu menyeimbangkan tubuh, Nantinya saat bergerak cairan ini akan bergerak dan menggerakkan rambut kecil. 


Informasi pada posisi ini nantinya akan dikirim melalui saluran saraf vestibular menuju otak dengan tujuan agar keseimbangan tubuh terjaga dengan baik. 


  1. Koklea

Bagian keduanya adalah koklea yang memiliki bentuk mirip dengan siput. Sementara untuk tugasnya adalah bertanggungjawab biar mengubah getaran dari telinga tengah menjadi sinyal saraf. Pada bagian dalam koklea biasanya terdapat rambut kecil yang mengubah getaran menjadi impuls listrik. 


Kemudian saraf koklea ini akan mengirimkan impuls listrik menuju ke otak untuk diterjemahkan sebagai suara. 


Bagaimana Cara Telinga Mendengar?

Sobat Pijar ada bayangan nggak sih kira-kira bagaimana proses mendengar itu bisa terjadi atau bagaimana cara telinga akhirnya bisa mendengar? Penting dipahami proses pertama yang dilakukan adalah adanya suara di sekitar biasanya berupa getaran atau gelombang. Lanjut nantinya semua itu akan ditangkap oleh telinga bagian luar. 


Kemudian getaran yang sudah dirasakan akan langsung diteruskan menuju saluran telinga sehingga bisa memberikan efek menggetarkan bagian gendang telinga atau bagian membran timpani. Nantinya gendang telinga akan ikut bergetar dan getarannya bisa langsung masuk ke tulang pendengaran. Langkah selanjutnya adalah tulang pendengaran ini akan memperkuat getaran dan mengirimkannya ke telinga. 


Tepatnya pada telinga bagian dalam jika sudah sampai getaran akan diubah menjadi bentuk impuls listrik dan dikirimkan menuju saraf pendengaran yang ada di bagian otak. Jika sudah langkah berikutnya adalah otak langsung menerjemahkannya impuls menjadi suara. Prosesnya memang panjang meskipun ketika dalam prakteknya berlangsung begitu cepat seolah suara memang langsung masuk ke telinga. 


Penting dipahami bahwa dalam hal ini telinga memang nggak hanya memiliki fungsi sebagai organ utama dalam indera pendengaran suara melainkan juga untuk kebutuhan keseimbangan tubuh. Semua fungsi tersebut nantinya akan saling didukung dengan kerja sama bersama organ lainnya. Organ yang tergabung di dalamnya langsung menerima dan mengirimkan sinyal menuju otak untuk memprosesnya. 


Dengan memahami panjangnya proses mendengar suara ini diharapkan kita bisa menjadi lebih cermat dalam merawat kesehatan dan juga kebersihan dari pendengaran baik yang dari dalam maupun luar. Alasannya adalah telinga memang cukup rawan kotor meskipun mereka punya penangkal sendiri dari kotoran maupun hewan kecil. 


______________________________________________________


Baca Juga: Macam-Macam Sistem Organ Pada Manusia


Nah, Sobat Pijar jadi tahu kan kalau ada banyak bagian telinga dan fungsinya yang penting untuk kita pahami. Kamu yang berniat belajar lebih banyak tentang IPA bisa langsung akses materi lengkap hanya di Pijar Belajar saja! Materinya menarik dan ada banyak latihan soal yang mendukungmu!


Ayo download Pijar Belajar sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved