pijarbelajar

Bahasa Inggris

Analytical Exposition Text - Materi Kelas 11

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Analytical Exposition Text - Materi Kelas 11 image

Siapa nih, di antara Sobat Pijar yang sering membaca tulisan mengenai suatu fenomena tertentu di blog atau media sosial? Nah, tulisan-tulisan tersebut biasanya berupa teks yang panjang yang berisi pandangan mengenai suatu fenomena oleh penulisnya.


Dalam bahasa Inggris, tulisan ini disebut dengan Analytical Exposition Text. Teks ini berisi rangkaian kalimat yang subjektif dan umumnya meningkatkan reaksi para pembacanya. Apabila kamu masih bingung dengan teks ini, baca informasi lebih banyak di halaman ini.


Baca juga: Present Perfect Continuous Tense : Pengertian, Rumus dan Contoh


What is Analytical Exposition

Apa yang dimaksud dengan analytical exposition? Analytical exposition merupakan salah satu materi di dalam Bahasa Inggris yang berisi sebuah sudut pandang tentang sesuatu atau sebuah fenomena. Isi dari teks ini bersifat subjektif yang didasari latar belakang pengetahuan penulisnya.


Oh iya, hampir seluruh isi dari teks ini adalah opini pribadi dari penulis sendiri. Berhubung isinya yang subjektif, pembacanya pun memiliki hak untuk setuju maupun tidak setuju dengan isi dari teks tersebut. Terkadang, penulis juga meminta pendapat pembaca sebagai umpan baliknya.


Tujuan Analytical Exposition

Hmm, kira- kira apa tujuan dari teks analytical exposition, ya? Nah, berikut ini merupakan tujuan teks eksposisi dalam bahasa Inggris:


1. Menyampaikan opini

Tujuan utama dari menulis paragraf analytical exposition adalah menyampaikan opini pribadi dari sang penulis. Apabila Sobat Pijar membaca tulisan teks ini, lalu merasa kurang setuju dengan pendapatnya, maka itu adalah hal yang wajar. Satu topik bisa dilihat dari sudut pandang yang berbeda.


2. Menyakinkan pembaca

Penulis dari sebuah teks analytical exposition juga akan berusaha meyakinkan pembacanya bahwa ide yang disampaikan melalui teks sangat penting dan perlu dibicarakan. Itu sebabnya, di bagian akhir teks biasanya ia akan bertanya mengenai opini pembacanya.


3. Membahas sebuah fenomena

Tujuan lain dari teks ini adalah membahas sebuah fenomena yang umumnya sedang terjadi dan relevan bagi banyak orang. Penulis akan menyajikan opininya bersamaan dengan berbagai faktor pendukung tulisan, sehingga menarik banyak orang untuk membacanya.


Struktur Analytical Exposition

Dalam membuat sebuah teks analytical exposition, Sobat Pijar perlu mengikuti generic structure analytical exposition itu sendiri. Hal ini memungkinkan teks untuk mudah dipahami. Berikut ini adalah struktur yang harus kamu ikuti ketika menulis teks ini.


1. Thesis

Thesis adalah sebuah pembukaan dari teks analytical exposition. Bagian thesis sangat penting karena penulis harus menyampaikan topik yang akan dibicarakan di dalam teks. Bagian ini harus dibuat menarik untuk meningkatkan rasa penasaran pembacanya.


Thesis juga bisa berisi rangkuman singkat berupa alasan si penulis menulis teks ini dan ingin menyajikannya ke hadapan para pembaca. Kamu bisa menyelipkan sebuah opini terkait fenomena tersebut tanpa harus menjelaskannya di paragraf yang sama.


2. Arguments

Setelah thesis, maka bagian kedua dari analytical exposition adalah arguments. Di paragraf ini, kamu bisa dengan bebas mengutarakan opini tentang topik atau fenomena yang kamu bahas di bagian thesis. Sifat arguments sangat bebas dan umumnya dilatarbelakangi oleh pengalaman kamu.


Berapa jumlah arguments yang bisa kamu sampaikan di paragraf ini? Jawabannya adalah lebih dari satu. Ada baiknya, satu argumen disampaikan dalam satu paragraf. Sehingga, bagian arguments bisa lebih dari satu paragraf. Kamu juga harus menuliskan opini secara spesifik dan detail agar pembaca bisa memahami argumen atau pendapat yang berusaha kamu sampaikan.


3. Reiteration

Bagian ini adalah kesimpulan dari analytical exposition. Sebaiknya, reiteration terdiri dari dua paragraf saja dan lebih baik jika terdiri dari satu paragraf. Di bagian ini, kamu bisa menegaskan topik yang ingin kamu tekankan kepada pembaca.


Language Features of Analytical Exposition

Language features yang ada di dalam teks analytical exposition harus diikuti oleh semua penulis. Kaidah bahasa juga mempermudah kamu untuk mendapatkan umpan balik dari pembaca. Berikut ini adalah kaidah kebahasaan analytical exposition yang sebaiknya digunakan sehingga bacaan menjadi lebih jelas dan mudah dipahami pembaca.


1. Simple Present Tenses

Untuk bisa menulis teks ini, tenses yang harus kamu gunakan adalah simple present tense. Mengapa jenis tenses ini yang digunakan? Pasalnya, fenomena atau pembahasannya masih relevan dengan masa kini. Opini kamu juga dianggap relevan dengan isu atau topik yang ada.


2. Sensing

Sensing adalah bagian penting dalam paragraf yang menggambarkan opini bersifat personal. Beberapa kata yang sering diselipkan di dalam teks adalah know, think, feel, sense, dan realize. Kata-kata tersebut juga akan membangun opini menjadi lebih kuat.


3. Memiliki conjunction

Conjunction dalam paragraf ini dianggap penting karena bisa menyambungkan antar ide yang disampaikan oleh penulis. Conjunction seperti furthermore, next, as a result, besides, dan for that reason seringkali digunakan di dalam teks ini.


Contoh Analytical Exposition

Penting bagi kamu untuk bisa menulis sebuah teks ini karena analytical exposition biasanya digunakan untuk menulis laporan. Teks ini akan membantumu untuk lebih aktif dalam menulis semi ilmiah. Berikut ini adalah contoh text analytical exposition beserta strukturnya.



The Importance of Walking

Thesis:

Maintaining health is important and one way is by walking. Walking is considered light exercise and is recommended for everyone at all ages. Walking is also not too tiring and can be done at any time.


Arguments:

One of the benefits of walking is that it can burn calories. People who like to walk will burn fat depending on the number of steps. It is highly recommended to be able to walk at least six thousand steps per day. In addition to calories, sugar levels are also burned.

Another benefit that can be felt is increased energy. By walking, the amount of oxygen that enters the body also increases. Positive energy in the body can increase, so you can carry out all day activities more happily.


Reiterations:

People who like to walk also tend to think positively. Because of the many benefits that can be taken, there is nothing wrong with trying to live an active life with a minimum of walking. This activity is an easy and free exercise alternative.


Pentingnya Jalan Kaki

Menjaga kesehatan adalah hal yang penting dan salah satu caranya adalah dengan berjalan kaki. Jalan kaki termasuk ke dalam olahraga ringan dan dianjurkan untuk semua kalangan di segala usia. Jalan kaki juga tidak terlalu melelahkan dan bisa dilakukan kapan saja.

Salah satu manfaat jalan kaki adalah bisa membakar kalori. Orang yang gemar berjalan kaki akan membakar lemaknya tergantung dari jumlah langkah. Sangat dianjurkan untuk bisa berjalan kaki setidaknya enam ribu langkah per hari. Selain kalori, kadar gula juga ikut terbakar.

Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah meningkatnya energi. Dengan berjalan kaki, jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh juga bertambah. Energi positif di dalam tubuh bisa meningkat, sehingga kamu bisa menjalankan aktivitas seharian dengan lebih gembira.

Orang yang gemar berjalan kaki juga cenderung bisa berpikir positif. Karena banyaknya manfaat yang bisa diambil, maka tidak ada salahnya untuk mencoba hidup aktif dengan minimal berjalan kaki. Aktivitas ini menjadi alternatif olahraga yang mudah dan gratis.

Menyampaikan sebuah pandangan melalui analytical exposition bisa membantu kamu untuk bisa mengenal sebuah fenomena lebih jauh. Kamu juga bisa mengajak pembaca berpikir bersama sehingga berakhir dengan bertukar pikiran. Contoh di atas juga bisa dijadikan acuan untuk menulis.


________________________________________

Baca juga: Modal Verbs : Pengertian, Rumus dan Contoh


Nah, itulah materi mengenai Analytical Exposition ya, Sobat Pijar! Semoga kamu semakin memahaminya dengan baik! 


Eits, jika tertarik untuk belajar materi Analytical Exposition lebih lanjut, yuk gabung di Pijar Belajar sekarang juga! Ada banyak sekali materi dalam bentuk rangkuman, video materi, mini quiz, hingga latihan soal yang bisa kamu akses dalam sekali berlangganan, lho! Lengkap banget, ‘kan?


Yuk, langganan di Pijar Belajar sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved