pijarbelajar

Sosiologi

5 Bentuk Globalisasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

5 Bentuk Globalisasi dalam Kehidupan Sehari-hari image

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah “globalisasi” dalam kehidupan sehari-hari. Tapi apakah sudah tahu artinya? Globalisasi sendiri berasal dari kata “global” yang artinya adalah dunia dan “lization” yang berarti proses. Bentuk globalisasi pun bisa bermacam-macam dalam berbagai bidang.


Secara sederhana, globalisasi bisa diartikan sebagai proses masuknya dan meluasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan ke seluruh penjuru dunia. Contoh globalisasi yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah penggunaan internet.


Selain internet ada banyak bentuk-bentuk globalisasi dan contohnya yang secara lengkap akan kita bahas pada ulasan kali ini. Yuk, langsung saja ikuti pembahasannya sampai selesai!


Baca juga: Faktor Penyebab Globalisasi, Pengertian, Dampak, dan Upaya Menghadapinya


Pengertian Globalisasi

Perkembangan zaman yang semakin maju tidak akan terlepas dari globalisasi yang terjadi dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan. Karena pada dasarnya globalisasi merupakan bentuk perubahan secara menyeluruh yang memungkinkan satu dengan yang lain terjangkau dengan mudah.


Perubahan tersebut terjadi secara mendunia dan mendorong kemajuan yang sangat pesat dan sifatnya global. Salah satunya bisa dilihat dalam bidang teknologi dengan ditemukannya internet yang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya di seluruh dunia.


Pengertian Globalisasi secara Etimologi

Secara etimologi, istilah globalisasi terdiri dari dua kata yaitu global (dunia) dan lization (proses) seperti yang telah dijelaskan pada bagian awal. Secara makna, globalisasi adalah proses yang dilakukan untuk menduniakan sesuatu.


Dalam proses tersebut memungkinkan bagi manusia untuk saling bergantung dan terbuka satu dengan yang lain tanpa adanya batas ruang, jarak dan waktu.


Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Dapat dikatakan bahwa globalisasi merupakan proses integrasi skala internasional yang terjadi karena adanya pertukaran di dalamnya, seperti pandangan, pemikiran, produk, dan berbagai aspek kebudayaan. Adapun menurut para ahli, globalisasi diartikan sebagai berikut:


Richard Mansbach dan Kristen L

Dalam buku yang berjudul Introduction to Global Politics, Richard Mansbach dan Kristen L mendefinisikan globalisasi sebagai serangkaian proses yang menyatukan orang sehingga menimbulkan ketergantungan di seluruh dunia.


Proses tersebut juga menunjukkan adanya pergerakan orang, benda hingga berbagai macam ide dalam skala besar dan melintasi batas-batas kedaulatan.


Selo Soemardjan

Menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah terbentuknya komunikasi dan organisasi antara masyarakat satu dan lainnya yang berbeda di seluruh dunia dengan tujuan mengikuti kaidah baru yang sama.


Cochrane dan Pain

Globalisasi menurut Cochrane dan Pain ditandai dengan kemunculan sistem budaya dan ekonomi global yang memungkinkan masyarakat dari seluruh dunia menjadi masyarakat tunggal yang tumbuh secara global.


Anthony Giddens

Menurut Anthony Giddens, globalisasi merupakan semua hal yang terjadi, yaitu hubungan sosial antar penduduk di dunia yang menghubungkan berbagai macam peristiwa sehingga menghasilkan dampak timbal balik dan berkembang luas ke berbagai aspek kehidupan.


Ciri-ciri Globalisasi

Sebelum masuk ke pembahasan tentang bentuk globalisasi, ada baiknya kamu kenali dulu ciri-cirinya. Globalisasi memiliki beberapa ciri dan karakteristik yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun karakteristik globalisasi menurut Robin Cohen dan Kennedy adalah:


Adanya Perubahan dalam Konsep Ruang dan Waktu

Kamu merasa tidak, jika saat ini kita bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi dari seluruh dunia tanpa terbatas ruang dan waktu? Inilah yang menjadi salah satu ciri dari adanya globalisasi.


Dengan perkembangan teknologi saat ini, kamu bukan hanya bisa mengakses informasi secara cepat tetapi juga bisa berbelanja produk luar negeri secara online melalui e-commerce. Tentunya hal ini memberikan dampak positif globalisasi khususnya di bidang ekonomi.


Adanya Ketergantungan Antarnegara Dalam Produksi Ekonomi

Tidak dipungkiri jika globalisasi turut berperan dalam meningkatkan volume perdagangan sehingga berpengaruh pada dominasi organisasi perdagangan dunia semacam World Trade Organization (WTO).


Kondisi tersebut akan menimbulkan ketergantungan antar negara dalam produksi ekonomi. Sekaligus memberikan dampak positif karena mendorong kemajuan produksi ekonomi secara maksimal sesuai permintaan dan penawaran skala global. 


Terjadi Peningkatan Interaksi Kultural Melalui Media Massa

Ciri selanjutnya adalah terjadi peningkatan interaksi kultural melalui dukungan media massa seperti televisi, tayangan film, olahraga, musik, hingga sosial media. Terjadinya kontak antar penduduk dari berbagai negara secara intens mendorong pembaruan budaya dan adat istiadat.


Dengan adanya peningkatan interaksi tersebut, masyarakat dunia bisa saling bertukar ide, pendapat, dan perilaku dan bahkan nilai-nilai budaya. Sehingga masyarakat tidak lagi terisolasi dan bisa terhubung dengan masyarakat lainnya dari berbagai negara secara instan.


Terjadi Peningkatan Masalah Bersama Dalam Berbagai Bidang

Karakteristik lainnya adalah terjadi peningkatan masalah bersama dalam berbagai bidang. Globalisasi sendiri akan memberikan dampak positif dan negatif, salah satunya di bidang ekonomi. Yaitu munculnya persaingan yang tidak sehat serta meningkatnya pengangguran.


Contohnya adalah tidak terserapnya tenaga kerja lokal akibat banyak investor yang memilih untuk mempekerjakan pekerja asing. Selain itu juga masalah di bidang lingkungan akibat adanya eksploitasi besar-besaran terhadap sumber daya alam.


Proses Globalisasi

Proses difusi kebudayaan dalam era globalisasi terjadi sangat cepat karena adanya kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi. Seperti yang telah dijelaskan, globalisasi merupakan proses ketika orang-orang dan negara dari seluruh dunia saling terkait, saling membutuhkan dan mempengaruhi.


Meski demikian proses terjadinya globalisasi tidak berlangsung secara mendadak karena ada beberapa tahap yang dilalui. Globalisasi sendiri muncul karena adanya perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. 


Penemuan dari beberapa ilmuwan yang telah ada kemudian dikembangkan dan disempurnakan ilmuwan selanjutnya. Contohnya penemuan dalam bidang teknologi komunikasi yang membuat proses komunikasi jadi semakin cepat.


Bentuk Globalisasi

Apa saja bentuk bentuk dari globalisasi? Pada dasarnya globalisasi memiliki cakupan yang sangat luas. Setidaknya ada 5 bentuk globalisasi yang bisa kamu temukan dalam kehidupan masyarakat. Untuk lebih jelasnya berikut ini bentuk-bentuk globalisasi di berbagai bidang yang perlu diketahui.


Bentuk Globalisasi di Bidang Ekonomi

Perdagangan bebas merupakan bentuk globalisasi di bidang ekonomi. Bentuk globalisasi dalam bidang ekonomi ini ditandai dengan adanya perdagangan internasional yang terjadi antara dua negara atau lebih. 


Globalisasi perdagangan terwujud dalam bentuk penyeragaman tarif serta penurunan tarif maupun penghapusan hambatan non tarif. Dengan begitu maka kegiatan perdagangan akan semakin cepat dan efektif dengan tingkat persaingan yang cukup sehat.


Apa saja bentuk-bentuk perwujudan globalisasi ekonomi? Selain contoh diatas, ekspor dan impor barang adalah bentuk globalisasi dalam bidang ekonomi. Kegiatan perdagangan ini akan membantu meningkatkan devisa dan memenuhi kebutuhan di dalam negeri.


Selain itu, contoh bentuk kemajuan pengaruh dampak globalisasi di bidang ekonomi bukan hanya terbatas pada kegiatan ekspor dan impor saja. Dengan adanya globalisasi, saat ini banyak didirikan perusahaan multinasional dengan jangkauan pasar yang lebih luas di seluruh dunia.


Namun dibalik dampak positif yang muncul, ada beberapa ancaman globalisasi ekonomi terhadap negara-negara miskin muncul dalam bentuk ketidakadilan dalam bidang sosial ekonomi. Hal ini bisa dilihat dari maraknya tenaga kerja asing hingga minimnya upah buruh.


Contoh bentuk globalisasi bidang ekonomi selain perdagangan internasional dan perdagangan bebas adalah kemudahan dalam mendapatkan berbagai macam barang dari luar negeri. Karena masyarakat bisa berbelanja online kapan saja dimana saja.


Bentuk Globalisasi di Bidang Budaya

Selain bidang ekonomi, kamu juga bisa menemukan bentuk globalisasi di bidang budaya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mungkin kamu termasuk salah satu yang melakukannya. Adapun contoh bentuk globalisasi bidang budaya antara lain adalah:

  1. Budaya Korea Selatan yang mendunia, ditandai dengan banyaknya orang mengikuti tren budaya ala Korea. Mulai dari fashion, kuliner, musik, kecantikan dan lain sebagainya.
  2. Kegemaran sebagian masyarakat terhadap anime Jepang yang diikuti dengan berbagai event terkait budaya tersebut, salah satunya adalah cosplay.
  3. Kebiasaan menikmati musik barat yang bukan hanya dianggap keren tetapi juga efektif membantu dalam mempelajari Bahasa Inggris.
  4. Minat orang luar negeri yang tinggi terhadap musik tradisional Indonesia seperti gamelan sehingga tertarik untuk mempelajarinya.


Bentuk Globalisasi di Bidang Iptek

Bentuk lainnya adalah di bidang Iptek yang merupakan perluasan atau penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Seperti di bidang transportasi dan komunikasi yang memungkinkan banyak orang di dunia untuk terhubung dengan mudah.


Globalisasi di bidang Iptek memiliki cakupan yang luas, yaitu teknologi informasi, bioteknologi, komunikasi, industri dan lain sebagainya. Jenis globalisasi ini akan mengatasi batasan kultur dan geografis dalam penyebaran teknologi dan informasi.


Globalisasi di bidang Iptek akan memberikan banyak kemudahan sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup. Namun sayangnya kemajuan tersebut juga menimbulkan dampak negatif seperti masalah privasi, keamanan informasi, hingga kesenjangan ekonomi.


Apa saja contoh globalisasi di Iptek? Tentunya ada banyak contoh yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari dan mungkin kamu pun menggunakannya. Komputer adalah salah satu bentuk globalisasi di bidang teknologi.


Selain itu, internet adalah salah satu bentuk globalisasi di bidang teknologi yang memungkinkan banyak orang di seluruh dunia untuk mengakses informasi dan berkomunikasi secara cepat dan real time. 


Bukan hanya itu saja, handphone merupakan bentuk globalisasi di bidang teknologi yang juga sangat bermanfaat untuk menunjang aktivitas sehari-hari.


Bentuk Globalisasi di Bidang Transportasi

Globalisasi juga bisa dirasakan dalam bidang transportasi sehingga memudahkan mobilitas masyarakat dalam aktivitas sehari-hari. Dengan adanya globalisasi, banyak sarana dan alat transportasi canggih yang telah diciptakan salah satunya kendaraan listrik.


Transportasi sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang aktivitas perdagangan dari produsen ke distributor hingga konsumen. Dengan sarana transportasi yang memadai, maka barang dan manusia bisa diangkut sekaligus dalam jumlah yang banyak sehingga lebih efisien.


Sehingga mobilitas manusia pun semakin cepat, demikian juga dengan mobilitas produk barang dan jasa. Sebagai contoh, ketika kamu membeli produk barang secara online maka akan langsung didistribusikan melalui transportasi darat, laut atau udara sehingga bisa cepat sampai ke tangan kamu.


Demikian juga ketika kamu hendak bepergian ke luar kota, kamu bisa menggunakan sarana transportasi darat seperti mobil, bus, kereta api atau pesawat terbang.


Bentuk Globalisasi di Bidang Komunikasi 

Globalisasi di bidang komunikasi membuat manusia bisa dengan mudah berkomunikasi dan berinteraksi secara online. Contohnya adalah penggunaan aplikasi WhatsApp yang memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan banyak orang secara langsung.


Bukan hanya itu saja, dengan memanfaatkan platform sosial media, kamu bisa berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh dunia. Kamu juga bisa mengakses berbagai informasi global hanya dari HP.


_________________________________________________________


Baca juga: Cek Rangkuman Sosiologi Kelas 10 Terlengkap Ini, Yuk!


Bentuk globalisasi dalam kehidupan sehari-hari bisa dibagi menjadi 5 bidang, yaitu globalisasi di bidang Iptek, ekonomi, budaya, transportasi dan komunikasi. Nah, sekarang coba uji pemahamanmu dengan mengerjakan latihan soal di Pijar Belajar, yuk!


Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang materi ini, kamu juga bisa menyimak rangkuman dan video materinya di Pijar Belajar, ya! Tenang, nggak cuma Sosiologi aja, kok. Pijar Belajar juga menyediakan konten belajar untuk mata pelajaran lainnya. Seru banget, kan?


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved