pijarbelajar

Kimia

Unsur kimia: Pengertian, Golongan, Periode, Sifat, dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Unsur kimia: Pengertian, Golongan, Periode, Sifat, dan Contohnya image

Salah satu materi kimia yang wajib kamu pahami adalah unsur kimia. Ada yang tahu apa itu unsur kimia? Sobat Pijar mungkin pernah melihat lambang H2O dalam botol kemasan minuman, ya. Nah, lambang H20 itu merupakan salah satu contoh unsur kimia dari zat air, lho


Supaya Sobat Pijar semakin paham, coba simak pembahasan tentang pengertian, golongan, periode, sifat, dan contoh soal unsur kimia di bawah ini, yuk! 


Baca juga: Konsep Materi Inti Atom dan Radioaktivitas


Pengertian Sifat Unsur Kimia

Hal pertama yang perlu kalian pahami dan ketahui adalah mengetahui apa sih sifat unsur kimia itu sendiri. Jadi sifat kimia merupakan karakteristik zat yang bisa diamati saat menjadi partisipan di dalam makna reaksi kimia. Adapun contoh dari sifat kimia termasuk ke dalam zat yang mudah terbakar, stabilitas kimia, toksisitas, dan panas pembakaran. 


Sifat unsur kimia tersebut seringkali jug banyak digunakan untuk membuat klasifikasi penerapan kimia, terlebih pada label yang ada di wadah serta area penyimpanan.


Golongan Unsur Kimia

Dalam melihat unsur periode kimia, sejatinya juga terbagi dalam beberapa golongan dan sistem klasifikasi yang perlu kalian pahami dan ketahui. Nah buat yang penasaran, berikut merupakan daftar lengkap golongan unsur periodik kimia yang perlu anda pahami dan ketahui.

  1. Golongan IA (alkali, kecuali H), terdiri dari H, Li, Na, K, Rb, Cs, Fr;
  2. Golongan IIA (alkali tanah), terdiri dari Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra;
  3. Golongan VIIA (halogen), terdiri dari F, Cl, Br, I, At;
  4. Golongan VIIIA (gas mulia), terdiri dari He, Ne, Ar, Kr, Xe, Rn;
  5. Golongan IIIA (boron-aluminium), terdiri dari B, Al, Ga, In, Ti;
  6. Golongan IVA (karbon-silikon), terdiri dari C, Si, Ge, Sn, Pb;
  7. Golongan VA (nitrogen-fosforus), terdiri dari N, P, As, Sb, Bi;
  8. Golongan VIA (oksigen-belerang), terdiri dari O, S, Se, Te, Po;
  9. Golongan IB sampai dengan VIIIB disebut golongan transisi.


Periode Unsur Kimia

Kemudian untuk periode adalah barisan horizontal yang ada pada tabel periodik. Ini bisa terlihat dari setidaknya ada 7 periode dalam tabel periodik, dengan masing-masing tabel mewakili tingkat energi atom yang dimiliki. Gak semua tabel periodik dalam unsur kimia ini punya ukuran yang sama. Dimana jumlah unsur terkecil terdapat pada periode 1 yang berjumlah 2 unsur. Sedangkan jumlah unsur terbanyak adalah pada periode 6 yang memiliki 32 unsur.

  1. Periode ke-1, 2 unsur
  2. Periode ke-2, 8 unsur
  3. Periode ke-3, 8 unsur
  4. Periode ke-4, 18 unsur
  5. Periode ke-5, 18 unsur
  6. Periode ke-6, 32 unsur, 18 unsur seperti periode ke-4 dan ke-5, 14 unsur deret lantanida
  7. Periode ke-7, merupakan periode unsur yang belum lengkap. Terdapat deret aktinida.


Berikut gambar tabel periodik unsur kimia yang Sobat Pijar bisa simak!




Sifat Unsur Kimia

Dalam struktur periodik kimia, sejatinya memiliki beberapa unsur kimia yang perlu kamu pahami dan ketahui. Berikut adalah penjelasan lengkapnya yang perlu kalian pahami dan ketahui.


1. Sifat Unsur

Sistem Periodik unsur kimia terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu logam, nonlogam, dan metalloid. Logam memiliki sifat yang cenderung melepaskan elektron dari nonlogam untuk membentuk ion positif. Sedangkan itu, nonlogam cenderung menerima elektron dari logam. Lain halnya dengan unsur metaloid, yang memiliki kedua sifat seperti logam dan nonlogam.


2. Jari-Jari Atom

Jari-jari atom merupakan jarak dari inti atom ke orbital elektron terluar yang stabil dalam suatu atom dalam keadaan setimbang. Jarak ini dapat diukur dalam satuan pikometer atau angstrom. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, jari-jari atom cenderung membesar setara dengan pertambahan pada kulit elektron.


3. Kereaktifan

Kereaktifan merupakan sebuah unsur pada tabel periodik dalam satu periode dari kiri ke kanan bertambah hingga golongan VIIA yang sudah diatur.


4. Energi Ionisasi

Berikutnya adalah Energi ionisasi yang merupakan energi yang diserap untuk melepas satu elektron dari sebuah atom. Sedangkan energi ionisasi atom kedua adalah energi yang diserap untuk melepas elektron kedua dari sebuah atom, dan seterusnya.


5. Afinitas Elektron

Afinitas elektron merupakan jumlah energi yang dilepaskan ketika sebuah elektron ditambahkan ke dalam kolom atom netral untuk membentuk ion negatif. Sifat nonlogam ini memiliki nilai yang lebih tinggi pada afinitas elektron daripada sifat logam. Serta afinitas elektron secara umum terus meningkat sepanjang periode.


6. Kelektronegatifan

Keelektronegatifan merupakan kemampuan atau kecenderungan suatu atom untuk menangkap ataupun menarik kembali elektron dari atom lainnya yang juga saling terikat satu sama lain.


Contoh Soal Sifat Unsur Kimia

Nah sebagai bahan pembelajaran yang tepat, kita sampaikan beberapa contoh soal sifat unsur kimia yang perlu kalian pelajari dan ikuti.


1. Urutan unsur-unsur alkali tanah berdasarkan sifat reduktor dari kuat ke reduktor lemah adalah?


Jawabannya: Ba, Sr, Ca, Mg


Pembahasan: Sifat reduktor berarti sifat oksidasi. Sehingga dari bagian bawah lalu ke atas dan ditempatkan di bagian bawah tabel periodik. Sehingga memiliki sifat reduktor dan membuatnya menjadi semakin lemah.



2. Pada elektrolisis larutan garam logam alkali atau alkali tanah tidak dihasilkan logamnya karena?


Jawabannya: ion logamnya tidak mengalami reduksi


Pembahasan: Pada elektrolisis larutan garam logam Alkali atau Alkali tanah tidak menghasilkan logam sebab:

  1. harga E° lebih kecil dari E° air
  2. ion logamnya tidak mengalami reduksi



3. Bahan deterjen yang berfungsi mengikat ion Ca2+dan Mg2+ yang terdapat dalam air sadah adalah?


Jawabannya: Carboxy Metil Cellulosa (CMC )


Pembahasan: Bahan tambahan yang dipakai untuk menambah daya guna deterjen adalah CMC (Karboksimetil selulosa) pakai agar kotoran yang telah dibawa oleh deterjen ke dalam larutan, tidak kembali lagi ke bahan cucian pada waktu mencuci pada waktu mencuci.



4. Senyawa hidroksida logam alkali tanah yang dalam bentuk suspensi digunakan sebagai obat sakit lambung adalah?


Jawabannya: Mg(OH)2


Pembahasannya: Senyawa Mg(OH)2 adalah obat sakit perut (Antasida) yang dapat menetralkan kelebihan asam lambung (HCl).


____________________________________________


Baca juga: Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit: Pengertian, Jenis, Sifat, Daya Hantar Listrik, Penerapan, dan Contoh Soalnya


Sebenarnya masih banyak contoh soal sifat unsur kimia yang bisa kalian pelajari. Buat lebih lengkapnya kalian bisa langsung download aplikasi Pijar Belajar. Selain memberi detail dan bahan pembelajaran yang berkualitas, kalian bisa menguji wawasannya dengan mengerjakan berbagai soal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut. Jadi tunggu apalagi, langsung aja download aplikasi Pijar Belajar sekarang.



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved