pijarbelajar

Kimia

Struktur Atom Lengkap Dengan Contoh Soalnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Struktur Atom Lengkap Dengan Contoh Soalnya image

Dalam pembelajaran kimia, salah satu bab pembelajaran yang wajib untuk dipelajari adalah struktur atom. Dalam bidang kimia, kamu tentu akan banyak melakukan penelitian terkait zat dan unsur. Makanya, pemahaman tentang struktur atom ini penting banget dikuasai. 


Nah, kali ini Pijar Belajar mau ajak kamu belajar tentang struktur atom secara lebih dalam, mulai dari pengertian, partikel atom, nomor atom, dan lain-lainnya. Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini. 


Baca juga: Konsep Materi Inti Atom dan Radioaktivitas


Pengertian Atom

Nah sebelum mengetahui struktur atom, kita harus mengetahui lebih dulu apa yang dimaksud dengan atom itu sendiri. Jadi, atom merupakan bagian yang sangat kecil dari segala sesuatu di alam semesta (materi). Atom sendiri terdiri atas inti atom serta elektron-elektron yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas neutron dan proton (dengan jumlah proton dalam atom menentukan jenis dari sebuah atom, misal atom oksigen terdiri dari 8 proton, dan atom karbon terdiri dari 6 proton). 


Elektron-elektron di sebuah atom tersebut terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Gaya tersebutlah yang membuat proton bermuatan positif dalam inti atom menarik elektron yang bermuatan negatif di sekelilingnya atau sama seperti magnet yang menarik magnet yang lain. Inti atom juga terdiri dari neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak mempunyai neutron).


Sebuah molekul bisa terdiri dari atom dengan jenis yang sama dengan contoh sebuah atom oksigen berikatan dengan satu atom oksigen lain untuk membentuk molekul oksigen / O2 atau atom-atom dengan jenis yang berbeda. Misalnya, dalam sebuah atom oksigen dengan 2 buah atom hidrogen bergabung untuk membentuk molekul air atau H2O. 


Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan disebut sebagai ion. Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron yang terdapat pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.


Partikel Atom

Nah hal lainnya yang juga perlu dipelajari dalam struktur atom adalah dengan mengetahui partikel pada atom itu sendiri. Jadi partikel atom terdiri dari tiga bagian yaitu proton, elektron, dan neutron. Nah berikut adalah penjelasan lengkapnya yang perlu kalian pahami dan ketahui.

  1. Proton: Proton memiliki muatan positif dan terletak di bagian inti atom. Satu proton biasanya memiliki massa sekitar 1 unit massa atom atau uma.
  2. Elektron: Elektron memiliki muatan negatif dan bergerak dalam orbit di sekitar inti atom disekelilingnya. Elektron memiliki massa yang jauh lebih kecil dibandingkan proton dan neutron.
  3. Neutron: Neutron tidak memiliki muatan atau netral serta terletak di inti atom. Satu neutron memiliki massa sekitar 1 uma.


Nomor Atom dan Nomor Massa

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting untuk diketahui adalah mengenai nomor atom dan nomor massa. Dimulai dari nomor atom adalah jumlah total proton suatu atom, sedangkan nomor massa adalah jumlah total proton dan neutronnya.


Isotop, Isobar dan Isoton

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting dalam pembelajaran struktur atom adalah mengetahui apa sih isotop, isobar dan isoton yang mungkin belum banyak dipahami orang-orang. Karena ketiga partikel ini sangat penting dalam mempelajari struktur atom. Berikut adalah ulasan lengkapnya.


1. Isotop

Isotop merupakan atom-atom dari unsur yang sama, memiliki nomor atom yang sama namun memiliki nomor massa yang berbeda. Sehingga dengan kata lain, sebuah unsur atom tersebut akan memiliki jumlah proton dan elektron yang sama tetapi dapat memiliki jumlah neutron yang berbeda dan beragam.


2. Isobar

Berikutnya adalah isobar yang merupakan atom-atom dari unsur yang berbeda sehingga memiliki nomor atom yang berbeda tetapi mempunyai nomor massa yang sama. Artinya, dari setiap isobar akan memiliki jumlah proton dan jumlah neutron yang berbeda tetapi jika proton dan neutronnya dijumlahkan akan memiliki hasil yang sama dan berbeda


3. Isoton

Dan yang terakhir adalah isoton yang merupakan atom-atom yang terdiri dari unsur yang berbeda, memiliki nomor atom yang berbeda pula tetapi memiliki jumlah neutron yang sama satu dengan yang lain.


Konfigurasi Elektron

Dalam mempelajari struktur atom, dikenal juga istilah konfigurasi elektron. Apakah kamu sudah tahu apa itu konfigurasi elektron? 


Jadi pada dasarnya, konfigurasi elektron adalah penggambaran penyebaran ataupun susunan elektron di dalam atom.


Elektron-elektron inilah yang nantinya mengalami pergerakan mengelilingi inti di tingkat energi tertentu, disebut dengan orbital-orbital dalam atom.


Elektron Valensi

Berikutnya adalah elektron valensi yang juga menjadi salah satu pembelajaran di struktur atom kimia. Jadi, elektron valensi sendiri merupakan elektron pada kelopak terluar yang terhubung dengan suatu atom, dan dapat berpartisipasi dalam pembentukan ikatan kimia jika kelopak terluar belum penuh. Dalam penggunaan ikatan kovalen tunggal, kedua atom yang berikatan menyeimbangkan satu elektron valensi untuk membentuk pasangan bersama. 


Kehadiran elektron valensi ini juga akan menentukan sifat kimia unsur, seperti valensi yang menentukan apakah dapat berikatan dengan unsur lain dan, jika dapat, seberapa cepat dan seberapa banyak ia dapat berikatan. Untuk unsur golongan utama, elektron valensi hanya dapat ada di kelopak elektron terluar; pada logam transisi, elektron valensi dapat juga berada di kelopak dalam.


Contoh Soal Atom

Supaya lebih paham mengenai struktur atom, kita akan memberikan beberapa contoh soal atom yang bisa kalian pelajari dan ketahui.


1. Kalium mempunyai nomor atom 19 dan nomor massa 39. Jumlah elektron pada ion Kalium adalah?


Jawabannya: 19


Pembasahan: Nomor atom menunjukkan jumlah proton sama dengan jumlah elektron.


2. Berdasarkan percobaan hamburan sinar alfa yang dilakukan oleh Rutherford dihasilkan teori bahwa bagian terbesar dari suatu atom adalah ruang kosong. Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan fakta?


Jawabannya: Sebagian besar sinar diteruskan


Penjelasannya: Fakta tersebut diambil berdasarkan fakta bahwa partikel alfa dari zat radioaktif yang ditembakkan ke lempengan emas super duper tipis banyak partikel yang diteruskan oleh lempeng emas tersebut bukannya malah dipantulkan.


3. Atom–atom unsur tertentu mempunyai 16 elektron. Atom – atom unsur lain dengan sifat yang mirip adalah yang mempunyai jumlah elektron berjumlah?


Jawabannya: 34


Penjelasannya: Bila suatu atom mempunyai 16 elektron, maka atom tersebut mempunyai 16 proton, jadi nomor atomnya 16.


______________________________________________________________


Baca juga: Konsep Mol: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soalnya


Masih banyak sekali contoh soal atom yang bisa kalian pelajari secara mendalam. Biar lebih paham lagi, kamu bisa coba belajar pakai aplikasi Pijar Belajar. Karena di aplikasi ini, kalian bisa mendapatkan berbagai pembelajaran lengkap mengenai struktur atom beserta dengan pemaham dan contoh soal yang bisa kalian pelajari. Jadi tunggu apalagi, langsung aja download aplikasi Pijar Belajar sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved