Simak 8 Tips Fokus Belajar saat Puasa Ini, Yuk! - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Simak 8 Tips Fokus Belajar saat Puasa Ini, Yuk!

| 0 minute read
Simak 8 Tips Fokus Belajar saat Puasa Ini, Yuk! image

Kamu ingin tetap bisa fokus belajar dan bisa memahami materi pelajaran dengan baik saat puasa? Kalau iya, yuk simak tips fokus belajar saat puasa yang bisa dengan mudah kamu terapkan di bawah ini.


Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan dan enggan belajar lho. Karena meskipun puasa kamu harus tetap bisa fokus belajar, memahami materi pelajaran dengan baik, dan bisa mengerjakan semua soal pelajaran dengan sebaik mungkin.


Selain itu, untuk siswa-siswi yang duduk di tingkat akhir jenjang pendidikan (misalnya kelas VI, IX, dan XII), bulan puasa merupakan momen paling tepat untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir. Karena di bulan Mei dan Juni, siswa-siswi yang duduk di tingkat akhir jenjang pendidikan akan segera menghadapi ujian akhir.


Tips fokus belajar saat puasa

Agar kamu bisa tetap fokus, semangat belajar, dan bisa memahami pelajaran dengan sangat baik selama puasa, yuk simak beberapa tips agar tetap fokus belajar saat puasa di bawah ini:


1. Ciptakan suasana belajar yang senyaman mungkin

Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap fokus belajar saat puasa adalah dengan menciptakan suasana belajar yang kondusif dan senyaman mungkin. Cara menciptakan suasana yang nyaman untuk belajar bagi setiap siswa bisa berbeda.


Namun, umumnya suasana belajar yang nyaman bisa diciptakan dengan membersihkan meja belajar dari semua barang yang tidak akan menunjang proses belajar. Selain itu, bila perlu kamu juga bisa menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara agar udara kamar menjadi lebih segar.


2. Lakukan rutinitas yang sama setiap hari

Saat puasa jangan lupa juga untuk melakukan rutinitas yang sama setiap hari, seperti halnya saat kamu sedang tidak puasa. Caranya dengan membuat daftar rutinitas yang akan dikerjakan setiap hari beserta jamnya.


Misalnya saja pukul 04.00 pagi kamu bangun tidur, sahur, dan ibadah selama kurang lebih 1 jam, setelah itu pukul 05.00-06.00 kamu bisa siap-siap sekolah. Setelah membuat jadwal rutinitas jangan lupa juga selalu disiplin mengikuti jadwal yang telah ditentukan ya.


3. Konsumsi makanan bergizi

Cara lain yang wajib kamu lakukan agar bisa tetap fokus belajar saat puasa adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, ada beberapa makanan yang memang telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan fokus belajar, yaitu cokelat hitam, kacang, ikan telur, daging, dan alpukat.


4. Cukupi kebutuhan cairan

Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan dan tidak beraktivitas seperti biasa ya. Justru ada baiknya saat puasa kamu semakin semangat dalam beraktivitas. Untuk mencegah kamu kekurangan cairan saat puasa dan membuatmu tetap semangat beraktivitas, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan. Idealnya agar tetap fokus belajar, kamu minum 2-2,5 liter air putih setiap harinya. Jumlah air yang wajib kamu minum setiap harinya, bisa dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.


5. Rutin membasahi wajah

Tidak bisa dipungkiri memang, kadang saat puasa siswa akan cenderung sering mengantuk dan menjadi tidak fokus belajar. Untuk mencegah hal ini terjadi, gak ada salahnya kok jika kamu rutin membasahi wajah. Karena hal ini telah terbukti bermanfaat untuk membuatmu kembali segar dan fokus untuk belajar.


6. Istirahat secara rutin

Pikiran dan tubuh perlu istirahat secara rutin lho. Karena istirahat secara rutin telah bermanfaat meningkatkan fokus belajar saat puasa. Jadi, di sela-sela belajar gak ada salahnya kok kamu mengambil jeda untuk sekedar istirahat dengan membuka media sosial atau membaca komik kesukaan.


Namun, batasi durasinya ya jangan sampai waktu istirahat yang kamu lakukan terlalu lama. Idealnya istirahat dilakukan selama 5-10 menit, setelah belajar selama kurang lebih 35 menit.


7. Belajar bersama teman

Meskipun terlihat sederhana, faktanya belajar teman merupakan salah satu cara yang bermanfaat untuk membuatmu tetap fokus belajar saat puasa lho. Karena saat belajar bersama teman, kamu biasanya akan terhindar rasa stres dan tegang, jadi kamu bisa menjadi lebih mudah memahami materi pelajaran. Namun, tetap batasi jumlah teman yang diajak belajar, maksimal 5 orang ya. Karena kalau lebih dari lima orang, kamu biasanya akan menjadi sulit untuk berkonsentrasi.


Saat puasa ada baiknya juga jika kamu membatasi durasi belajar maksimal 2 jam. Hal ini bermanfaat untuk membuatmu tetap bertenaga mengerjakan aktivitas. Selain itu, jika selama ini kamu sering mengobrol ketika belajar bersama teman, saat puasa batasi durasi ngobrol dan fokuskan diri untuk belajar sepenuhnya.


8. Tidur yang cukup

Sesibuk apapun dan sepadat apapun aktivitas kamu saat puasa, jangan lupa untuk tetap tidur yang cukup ya. Karena tidur yang cukup dengan tidur 7-8 jam setiap hari sangat bermanfaat untuk meningkatkan fokus belajar. Selain itu, tidur yang cukup juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat dan memahami materi pelajaran.


________________________________________________


Baca juga: Catat! 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Mengikuti UTBK 2022!

 

Ternyata ada banyak cara mudah yang bisa kamu terapkan agar tetap fokus belajar saat puasa ya. Nah, agar kamu bisa semakin bersemangat, fokus belajar, dan bisa memahami materi pelajaran dengan sangat baik, yuk belajar menggunakan aplikasi Pijar Belajar.


Pijar Belajar adalah aplikasi yang dirancang untuk siswa agar mendapatkan suplemen pembelajaran di sekolah yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu. Aplikasi Pijar Belajar dilengkapi oleh beragam fitur unggulan yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar lebih mudah dan lebih menarik.


Selain itu, menariknya lagi Pijar Belajar memiliki fitur latihan soal yang berbentuk seperti game di handphone. Jadi, kamu akan mendapatkan banyak ilmu tanpa merasa terbebani sama sekali. Menarik banget kan. Jadi, yuk gunakan aplikasi Pijar Belajar sekarang juga.

 

Referensi

https://www.jmsu.co.uk/articles/tips-for-studying-during-ramadan

https://utsc.utoronto.ca/news-events/undergraduate-experience/10-tips-studying-while-fasting

https://www.healthline.com/nutrition/brain-food-for-studying

 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image