Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

| 0 minute read
Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa image

Sobat Pijar, apakah kamu sudah pernah mencoba menggunakan komputer? Rasanya seru sekali, ya, karena kamu bisa mencoba banyak hal dengan komputer. Mulai dari nonton film, main game, bahkan hingga nonton video pembelajaran Pijar Belajar pun bisa pake komputer, dong


Walaupun saat ini komputer banyak digunakan untuk banyak hal, tahukah kamu ternyata fungsi komputer saat awal dibuat itu sebenarnya hanya untuk menghitung, lho. Bukan hanya fungsinya saja yang mengalami perubahan, bentuk dan ukuran komputer pun juga banyak berubah. 


Penasaran seperti apa sejarah komputer itu? Simak terus ya penjelasan Pijar Belajar tentang sejarang perkembangan komputer berikut ini! 


Baca juga: The Most Well-Known Biologists of All the Time


Siapa Penemu Komputer? 

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang sejarah perkembangan komputer, ada baiknya kita kenalan dulu, nih, sama penciptanya. Penemu komputer pertama kali adalah Charles Babbage. Charles Babbage merupakan seorang matematikawan asal inggris yang pertama kali mengembangkan mesin komputer. 


Penemuan sistem komputasi sendiri sebenarnya sudah ada sejak masa kuno, hanya saja pada saat itu masih berupa dasar-dasarnya saja. Barulah pada 1822, Babbage mengembangkan sistem komputer tersebut dan menjadi dasar pengembangan sistem modern saat ini. 


Awal mula tercetus ide penciptaan Babbage adalah keinginannya untuk menciptakan mesin yang mempermudah perhitungan aritmatika. Keinginan itu pun terwujud melalui mesin kalkulator kecil yang berhasil ia buat. Mesin tersebut bernama Difference Engine dan merupakan sebuah kalkulator untuk perhitungan aritmatika delapan desimal. 


Dari situ, ia pun semakin bersemangat untuk mengembangkan mesin perhitungan tersebut dan menarik minat banyak ilmuwan lain untuk mengembangkan hal serupa hingga terciptalah mesin komputasi seperti saat ini. 


Sejarah Perkembangan Komputer

Bentuk awal komputer diciptakan itu tidaklah seperti sekarang. Seiring berkembangnya teknologi, mesin dan bentuk komputer pun ikut berkembang juga. Bahkan, hingga saat ini pun komputer terus berkembang menjadi semakin canggih, lho


Berikut adalah sejarah perkembangan komputer di masa Babbage hingga saat ini. 


1. Sejarah Komputer Awal (Charles Babbage)

Setelah dasar mesin komputer tercipta pada 1822, Charles Babbage pun terus berusaha mengembangkan penemuannya. Pada 1823, pemerintah Inggris memberikan bantuan dana kepada Babbage untuk penelitiannya. 


Akhirnya, Ia pun mengembangkan mesin buatannya, yaitu Difference Engine, yang sebelumnya hanya menghitung hingga delapan desimal menjadi dua puluh desimal. Pada tahun ini, pun juga menciptakan mesin komputasi baru yang bernama Analytical Engine


Analytical Engine merupakan mesin perhitungan yang dapat menyimpan data sebanyak 1.000 angka dalam 50 digit dan menjadi mesin dengan kapasitas penyimpanan terbesar pada saat itu. Cara kerja mesin ini pun sudah mulai mirip dengan komputer saat ini, yaitu dengan adanya mesin pemroses data mirip CPU, mesin input, memori, serta pencetakan data. 


2. Sejarah Komputer Georg & Edward Scheutz 

Penemuan Babbage pun berhasil menarik minat peneliti lainnya, salah satunya adalah Georg Scheutz dan Edvard Scheutz. Keduanya merupakan ayah dan anak yang tertarik untuk mengembangkan proyek mesin perhitungan Babbage. 


Pada tahun 1853, Georg dan Edvard Scheutz berhasil mengembangkan mesin yang sama namun dengan ukuran yang lebih kecil. Mesin buatan mereka pun bisa memproses 15 digit angka, lebih tinggi dari Difference Engine ciptaan Babbage. 


Mesin tersebut pun berhasil memenangkan medali emas pada The Exhibition of Paris 1955 dan dibeli oleh Dudley Observatory di New York yang menggunakannya untuk menghitung jalur planet Mars.


3. Masa Perkembangan IBM 

Pada tahun 1990, penggunaan mesin komputer pun mulai merajalela dalam sistem pemerintahan, salah satunya seperti Amerika Serikat yang menggunakannya untuk sensus penduduk. Besarnya pengaruh mesin komputer ini pun membuat perusahaan komputer terbesar dunia, IBM (International Business Machines), terbentuk.


IBM berdiri pada 1911 dengan nama awal Computing-Tabulating-Recording Company (CTR). Namun, pada 1924, perusahaan komputer ini berganti nama menjadi International Business Machines (IBM) hingga saat ini. 


Pendirian IBM sendiri berpengaruh besar pada perkembangan komputer, salah satunya munculnya program chip yang memunculkan transistor individu pada program komputer. 


4. Perkembangan Komputer Alan Turing

Sejarah perkembangan komputer terus berlanjut hingga saat perang dunia kedua, yaitu kisaran tahun 1940-an. Komputer yang pada awalnya hanya digunakan sebagai mesin berhitung pun dikembangkan menjadi alat pemecah kode. 


Alan Turing, seorang ahli matematika yang bekerja untuk badan militer Inggris pada Perang Dunia II menciptakan sebuah komputer yang disebut Colossus. Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode dari pasukan Jerman di masa perang. Colossus tersebut disembunyikan dan tetap menjadi rahasia pemerintah Inggris hingga perang berakhir. 


Tahukah kamu, ternyata cerita perkembangan komputer yang dilakukan Alan Turing sudah diangkat menjadi film, lho, yaitu film The Imitation Game (2014) yang pemeran utamanya adalah Benedict Cumberbatch. Sobat Pijar sudah nonton filmnya belum? 


5. Munculnya Bahasa Pemrograman

Setelah perang berakhir, penggunaan komputer pun terus dikembangkan untuk banyak hal, mulai dari menghitung angka, memecahkan kode, hingga memprediksi cuaca. 


Akhirnya, pada tahun 1950-an, bahasa pemrograman pun mulai dikembangkan untuk mempermudah pemberian perintah kepada komputer. Salah satu keberhasilan bahasa pemrograman pada saat itu adalah terciptanya mesin keyboard yang membuat kita dapat memasukkan berbagai tulisan ke dalam komputer.


Bayangkan saja, jika tidak ada keyboard, kita mungkin masih menggunakan tulisan tangan pada kartu yang dimasukkan ke dalam komputer jika ingin mengetik sesuatu. Ribet sekali, bukan? 


6. Lahirnya Mikrochip Pertama

Tahukah kamu, komputer pada masa awal perkembangannya memiliki ukuran yang memakan hampir satu ruangan, lho. Hal itu membuat komputer tidak dimiliki oleh banyak orang. 


Untuk mengatasi hal tersebut, Jack Kilby, salah seorang ilmuwan di bidang kelistrikkan, menciptakan mikrochip atau integrated circuit pertama di dunia pada 12 September 1958. Mikrochip merupakan rangkaian listrik yang keseluruhan komponennya terjalin hanya dalam satu chip berukuran setengah klik kerta. 


Penemuan ini pun mempengaruhi perkembangan komputer yang sebelumnya membutuhkan rangkaian listrik yang besar kini berganti hanya dengan chip saja. Oleh karena itu, ukuran komputer pun mulai ramping dan semakin mudah untuk digunakan. 


7. Personal Computer (PC)

Perkembangan komputer selanjutnya adalah terciptanya personal computer (PC) yang membuat masyarakat bisa memiliki komputer sendiri di rumah. 


Ide komputer PC sebenarnya sudah mulai tercetus pada 1956 oleh Stan Frankel, namun pada saat itu PC masih butuh banyak perkembangan, salah satunya adalah karena bentuknya yang masih sangat besar dan bisa memakan satu ruangan (Komputer Analog). 


Barulah pada 1973 tercipta PC dengan ukuran yang lebih kecil yang diperkenalkan oleh Kenbak Corporation. Namun, mereka tidak menjual banyak produk PC. Akhirnya, IBM pun mengembangkan kembali PC tersebut dan memperkenalkan SCAMP (Special Computer APL Machine Portable), komputer PC IBM pertama pada 1981. 


8. Komputer dan Internet

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi pun semakin canggih, begitu pula komputer. Penemuan komputer PC pun membuat banyak masyarakat membeli komputer untuk digunakan di rumah. 


Kemudian, pada tahun 1969, internet pun pertama kali ditemukan. Penelitian internet pertama kali dilakukan untuk kepentingan militer dan universitas. Namun, seiring berjalannya waktu, peran internet yang melekat pada sistem komputer pun semakin berkembang hingga dapat digunakan masyarakat hingga saat ini. 


Pada tahun 1970–1980-an, game komputer pun mulai diluncurkan, yaitu Asteroids dan Lunar Lander yang menjadi cikal bakal video games pertama. Pada era tersebut, Toshiba pun membuat laptop pertama di dunia. 


Lalu, pada tahun 1990-an, sejarah perkembangan komputer pun sudah semakin canggih berkat internet. Berbagai website pun mulai diluncurkan, seperti e-mail dan Google. 


9. Komputer Masa Kini

Saat ini, peran komputer dalam kehidupan kita pun semakin besar. Hampir seluruh keseharian masyarakat kini menggunakan komputer, baik untuk bekerja, sekolah, maupun hanya untuk bermain. 


Terlebih pandemi Covid-19 lalu membuat aktivitas masyarakat beralih ke ranah virtual yang membuat kebutuhan akan komputer semakin besar. Banyaknya jenis produk gawai seperti laptop, ponsel pintar, dan tablet juga menjadi opsi yang bisa digunakan selain komputer. 


Baca juga: Biografi Isaac Newton Sang Penemu Hukum Newton dan Gravitasi


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Itu dia Sobat Pijar, sejarah perkembangan komputer yang perlu kamu tahu. Kira-kira kamu menggunakan komputer untuk apa saja, nih? Kalau Sobat Pijar pasti pake komputer untuk akses video pembelajaran Pijar Belajar, dong!


Bukan hanya video pembelajaran saja, Pijar Belajar juga punya banyak materi, latihan soal, dan juga pembahasannya yang bisa kamu simak. Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Pijar Belajar sekarang! 



Referensi

Jack St Clair Kilby : Mestinya Komputer Sebesar Gedung, Yohanes Surya, http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1100396694, 2002. 

https://www.ibm.com/id-en

Timeline of Computer History, Computer History Museum, https://www.computerhistory.org/timeline/computers/, 2022. 

History of Computers, University of Rhode Island, https://homepage.cs.uri.edu/faculty/wolfe/book/Readings/Reading03.htm

A Brief History of Computers - Where did these beasties come from?, https://www.cs.uah.edu/~rcoleman/Common/History/History.html

The Modern History of Computing, Stanford Encyclopedia of Philosophy, https://plato.stanford.edu/entries/computing-history/, 2006.

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image