Rumus Luas Permukaan Tabung, Cara Menghitung & Contoh Soalnya - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Rumus Luas Permukaan Tabung, Cara Menghitung & Contoh Soalnya

| 0 minute read
Rumus Luas Permukaan Tabung, Cara Menghitung & Contoh Soalnya image

Sobat Pijar tentunya sudah familiar dengan tabung, bukan? Tabung sangat umum kita temui dalam benda sehari-hari, lho, contohnya seperti botol, pipa, hingga toples kue. Tapi, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara menghitung luas permukaan tabung?


Banyaknya penerapan bangun ruang tabung dalam keseharian kita membuat pemahaman rumus luas permukaan tabung dan cara menghitungnya penting dikuasai. Makanya, sekarang Pijar Belajar mau ajak kamu untuk memahami rumus luas permukaan tabung dan cara menghitung bersama-sama. 


Yuk, siapkan konsentrasimu dan simak penjelasan lengkap seputar rumus luas tabung dan contoh soalnya berikut ini! 


Baca juga: Pengertian Matriks, Jenis, dan Transpose Matriks


Pengertian Tabung

Sebelum kita membahas rumus dan contoh soalnya, kamu perlu memahami dulu, nih, apa itu tabung? Tabung adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki alas lingkaran, 3 sisi dan 2 rusuk. Nah, supaya kamu lebih tergambarkan seperti apa tabung itu, coba lihat gambar berikut, ya. 



Tahukah kamu, tabung memiliki sifat-sifatnya tersendiri, lho! Berikut adalah sifat-sifat tabung yang perlu kamu tahu. 

  • Sisi alas dan sisi tutup sejajar.
  • Tidak ada titik sudut.
  • Mempunyai 3 sisi yaitu alas, atap, dan selimut.
  • Terdapat 2 rusuk yang merupakan sisi lingkaran alas dan atap.
  • Sisi alas dan sisi atap berbentuk lingkaran yang memiliki besaran yang sama.


Penerapan tabung dalam keseharian kita pun sangat beragam, mulai dari gelas minum, botol minum, pipa, kardus susu, hingga bangunan. 


Rumus Luas Tabung

Sebelumnya, kita sudah memahami apa itu tabung dan penerapannya dalam benda-benda di sekitar kita. Nah, selanjutnya kita akan mulai masuk pada pembahasan rumus luas tabung. 


Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, tabung terdiri sisi alas, selimut, dan atas. Sisi alas dan atas tabung berbentuk lingkaran, sedangkan sisi selimutnya berbentuk persegi panjang. Kalau kita bongkar tabung, maka terlihat kerangka tabung seperti berikut ini. 

 

Gambar Jaring-Jaring Tabung


Nah, kalau Sobat Pijar perhatikan, terdapat 3 bangun datar yang membentuk tabung, yaitu 2 lingkaran dan 1 persegi panjang. Ketiga sisi tersebutlah yang membentuk tinggi tabung dan jari-jari tabung. 


Jari-jari pada lingkaran alas dan atas menjadi jari-jari tabung, sedangkan tinggi persegi panjang pada sisi selimut menjadi tinggi tabung. 


Lalu, bagaimana cara menghitung luas permukaan tabung? Untuk menghitung luas permukaan tabung, kita harus menggunakan rumus luas permukaan tabung berikut ini. 


Keterangan:

L = Luas permukaan tabung

= 3,14 atau 22/7 (pilih salah satu)


r = Jari-jari lingkaran (alas/atap tabung)

t = Tinggi tabung


Lalu, bagaimana jika kamu bertemu soal dengan keterangan diameter? Tenang, kamu hanya tinggal membagi dua saja, kok, karena jari-jari merupakan ½ diameter. 


Contoh Soal Menghitung Luas Permukaan Tabung

Supaya pemahamanmu semakin terasah, coba terapkan rumus luas permukaan tabung dalam contoh soal berikut ini, yuk. 


Soal 1: 

Ayah memiliki botol minum berukuran tabung tertutup dengan jari-jari 10 cm dan tinggi 20 cm. Tentukanlah luas permukaan tabung tersebut!


Diketahui: 

r = 10 cm

t = 20 cm


Jawab: 


Soal 2:

Jika Tika memiliki tabung dengan luas permukaan 1.386 cm2 dengan jari-jari 7 cm dan tinggi yaitu 28 cm. Tentukanlah luas selimut tabung!


Diketahui:

L = 1.388 cm2 

r = 7 cm

t = 28 cm


Jawab:

Luas selimut tabung adalah keliling dari lingkaran alas tabung. Sehingga, rumus luas selimut tabung adalah:


Rumus Luas Tabung Tanpa Alas

Seperti pada penjelasan sebelumnya, tabung memiliki tiga sisi, yaitu sisi alas, sisi tegak, dan sisi selimut. Tapi, tahukah kamu, ternyata ada juga, lho, tabung yang tidak memiliki atap atau alas. 


Wah, contoh tabung tanpa tutup itu seperti apa, ya? Contohnya seperti kolam ikan, gelas tanpa tutup, dan tabung lainnya yang tidak memiliki tutup. Tentunya, perhitungan luas permukaan tabung dengan tutup dan tanpa tutup pasti berbeda.


Lalu, bagaimana cara menghitungnya? Tipsnya mudah sekali, kamu hanya perlu mengetahui luas selimut tabung dan luas alas tabung.


Berikut rumusnya luas permukaan tabung tanpa tutup:



Keterangan:

L = Luas permukaan tabung

= 3,14 atau 22/7 (pilih salah satu)


r = Jari-jari lingkaran (alas/atap tabung)

t = Tinggi tabung


Gimana? Apakah kamu sudah mengerti rumus luas permukaan tabung tanpa tutup? Jika ya, good job! Sekarang waktunya kamu menguji kemampuanmu dalam contoh soal luas permukaan tabung tanpa tutup berikut ini. 


Soal: 

Diketahui diameter alas suatu tabung adalah 14 cm dengan tinggi sekitar 28 cm. Tentukanlah luas permukaan tabung tanpa tutup!


Diketahui:

d = 14 cm

t = 28 cm


Jawab:

Pertama tentukan r alas tabung:


Rumus luas permukaan tabung tanpa tutup:


Baca juga: Rumus Limas - Luas Permukaan dan Volume

____________________________________________________


Bagaimana? Apakah sekarang kamu paham dengan sifat-sifat tabung, rumus luas permukaan tabung dengan tutup dan tanpa tutup? Jika kamu masih kurang paham, kamu bisa coba latihan mengerjakan soal-soalnya di rumah, lho. 


Tentunya, Pijar Belajar selalu siap sedia untuk jadi teman belajarmu dimanapun dan kapanpun. Nggak cuma materi luas tabung aja, Pijar Belajar juga menyediakan banyak latihan soal dan pembahasannya untuk mata pelajaran lainnya, lho


Tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image