pijarbelajar

Fisika

Rumus Energi Kinetik, Alat Ukur, Contoh, dan Contoh Soalnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Rumus Energi Kinetik, Alat Ukur, Contoh, dan Contoh Soalnya image

Sobat Pijar sudah tahu belum rumus energi kinetik seperti apa? Dengan rumus energi kinetik, kita bisa mengetahui seberapa besar energi gerak dari suatu benda. Nah, sebelum mencari tahu rumusnya, simak penjelasan seputar energi kinetik di bawah ini, yuk!


Baca juga: Rumus Energi Mekanik, Hukum Kekekalan, dan Contoh Soalnya


Apa Itu Energi Kinetik?

Energi kinetik adalah energi yang dihasilkan oleh benda yang sedang bergerak. Karena itu, energi kinetik disebut juga sebagai energi gerak. Setelah bergerak, energi kinetik bisa menimbulkan munculnya energi lain. Energi kinetik suatu benda sama dengan usaha yang diperlukan untuk bergerak dari keadaan diam. 


Energi kinetik merupakan bagian dari energi mekanik. Karena energi tersebut baru muncul karena sifatnya yang dapat bergerak. Cara menghitung energi gerak adalah dengan mengetahui massa benda dan kecepatannya pada koordinat tertentu. Satuan energi kinetik adalah Joule. 


Ciri-Ciri Energi Kinetik

Apa ciri ciri energi kinetik? Energi gerak memiliki 3 ciri-ciri, yaitu:

  1. Energi kinetik cuma bisa dimiliki oleh benda yang bergerak. 
  2. Pergerakan setiap benda arahnya berbeda-beda. 
  3. Besar atau kecilnya energi kinetik setiap benda tergantung dari laju atau kecepatan benda tersebut dan juga bobot atau massa bendanya. 


Energi Apa Saja Yang Termasuk dalam Energi Kinetik?

Ternyata ada beberapa energi yang termasuk ke dalam energi kinetik. Energi apa saja yang termasuk dalam energi kinetik? Berikut ini beberapa di antaranya:


1. Energi Mekanik

Energi mekanik merupakan sebuah kekuatan yang tersimpan di dalam benda tertentu. Saat diam, energi mekanik tidak keluar. Tapi begitu bergerak, maka energi mekaniknya keluar. Saat benda tersebut bergerak dengan cepat, artinya energi mekanik yang dihasilkan besar. 


Contoh energi mekanik adalah saat kita mengayuh sepeda. Semakin cepat kita mengayuh pedalnya, maka energi mekanik yang dihasilkan semakin besar dan kecepatan sepeda juga makin cepat. 


2. Energi Bunyi

Bunyi atau suara juga merupakan energi kinetik. Suara menghasilkan gerakan dari getaran barang tertentu. Misalnya udara yang bergerak, lalu menimbulkan suara hembusan angin. Selain itu, air yang mengalir juga menimbulkan suara. Bunyi yang ditimbulkan alat musik juga menimbulkan getaran. 


Suara dihasilkan dari benda yang bergetar. Dari getaran tersebutlah muncul gelombang suara, sehingga energi bunyi pun terbentuk. Semakin besar energi bunyi, maka manusia bisa mendengarkannya. 


Saat getaran yang dihasilkan lambat, maka nadanya lebih rendah dan gelombang suaranya lebih panjang. Sebaliknya, saat getaran yang dihasilkan cepat maka gelombang suara yang dihasilkan lebih pendek dan nadanya tinggi. 


3. Energi Radiasi

Yang ketiga ada energi radiasi yang juga disebut sebagai energi elektromagnetik. Energi radiasi dapat dilepaskan atau berpindah dalam bentuk sinar maupun partikel. Radiasi harus dipindahkan dalam jumlah yang tepat, karena kalau tidak bisa berbahaya dampaknya bagi manusia. 


4. Energi Panas

Energi panas termasuk ke dalam energi kinetik karena memiliki atom dan molekul yang dapat mempengaruhi gerakan benda. Saat atom dan molekul saling bergesek, maka benda akan bergerak dan akhirnya muncullah energi panas. 


Contohnya saat berada di dekat api, maka kita akan merasakan hangat atau panasnya. Atom atau molekul yang ada di dalam api bergerak hingga akhirnya menghasilkan energi panas yang kita rasakan. 


5. Energi Cahaya

Terbentuk dari partikel cahaya yang dinamakan foton. Foton mampu membawa energi kinetik yang kemudian membuat cahaya bergerak. Meski begitu, foton sebenarnya tidak memiliki massa. 


Dimensi Energi Kinetik

Dimensi energi kinetik bisa dicari dengan melihat satuan dimensinya. Satuan dimensi energi kinetik adalah [M][L]²[T]⁻². Satuan dimensi tersebut didapatkan dari rumus energi kinetik. Berikut ini penjabarannya:


Energi kinetik = ½ massa x kecepatan²

Ek = ½ massa x (jarak/waktu)²

Ek = [M] x (L/T)²

Ek = [M} x L²/T²

Ek = [M][L]²[T]⁻²


Alat Ukur Energi Kinetik

Alat ukur energi kinetik adalah RPM meter atau sering juga disebut sebagai takometer. Alat ini biasa digunakan untuk mengukur putaran mesin, sering kali digunakan pada alat-alat yang ada di kendaraan bermotor. Takometer di kendaraan dipasang supaya pengendaranya bisa menggunakan mesin dengan efisien. Alat ini dibuat oleh Diedrich Uhlhorn, insinyur asal Jerman, di tahun 1817. 


Rumus Energi Kinetik

Apa rumus dari energi kinetik? Berikut ini rumusnya:


Ek = ½ m.v²


Keterangan:

Ek = energi kinetik (Joule)

m = massa (kg)

v = kecepatan (m/s)


Contoh Energi Kinetik

Apa saja contoh energi kinetik? Energi kinetik pasti kita temui setiap hari di sekitar kita, bahkan kita pun menyebabkan energi gerak terjadi. Beberapa contoh energi kinetik adalah sepeda yang diam tidak memiliki energi kinetik. Tapi begitu dikayuh, maka akan mengeluarkan energi gerak. Saat pedal dikayuh, maka roda sepeda akan bergerak dan sepeda pun melaju ke depan, arahnya tergantung dari kendali pengendaranya. 


Lalu, saat barang jatuh, maka energi kinetiknya tergantung dari massa atau bobot benda tersebut. Gelas plastik dan gelas kaca yang jatuh tentu energinya berbeda. Gelas kaca energi kinetiknya lebih besar dan jatuhnya lebih cepat karena massanya lebih berat. 


Contoh Soal Energi Kinetik

Berikut ini contoh soal energi kinetik:


1. Jika sebuah benda memiliki bobot 2 kg yang berada di ketinggian 10 meter. Benda tersebut awalnya diam, lalu jatuh sampai ke tanah. Jika percepatan gravitasinya adalah 10 m/s², maka berapa energi kinetik benda tersebut dari ketinggian 5 meter?


Jawaban:


Diketahui: 

m = 2 kg

h1 = 10 m

h2 = 5 m

g = 10 m/s²


Ditanya: Ek saat h2


Maka:

Em1 = Em2

Ep1 + Ek1 = Ep2 + Ek2

m.g.h + ½ m.v² = m.g.h + Ek2

2 kg x 10 m/s² x 10 m + 0 = 2 kg x 10 m/s² x 5 m + Ek2

200 J = 100 J + Ek

Ek = 200 – 100

Ek = 100 Joule.


____________________________________________________________


Baca juga: Rumus Usaha dan Energi yang Perlu Kamu Tahu


Sekarang Sobat Pijar sudah tahu kan rumus energi kinetik, contohnya dalam kehidupan sehari-hari, dan juga contoh soalnya? Kalau masih penasaran, yuk kunjungi website Pijar Belajar dan temukan topik yang ingin kamu pelajari. Di Pijar Belajar topik yang tersedia lengkap!


Ayo download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved