pijarbelajar

Geografi

Ruang Lingkup Geografi, Prinsip, dan Pendekatan

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Ruang Lingkup Geografi, Prinsip, dan Pendekatan image

Sobat Pijar tahu nggak ternyata ilmu geografi tidak hanya bicara soal permukaan bumi dan tanah saja lho. Dalam ilmu geografi, Sobat Pijar bisa mendapatkan pengetahuan tentang semua yang terjadi di bumi. Lalu, apa saja ya ruang lingkup geografi itu?


Ternyata ruang lingkup geografi cukup luas. Tidak hanya berkaitan dengan tanah, tetapi juga meliputi proses alam, atmosfer, sampai berkaitan dengan manusia. Mari kita simak beberapa hal dasar tentang geografi yang bisa dipelajari di bangku SMA. 


Baca juga: Komponen SIG, Subsistem,beserta Keunggulan dan Kelemahannya


Pengertian Geografi Menurut Para Ahli 

Tak kenal maka tak sayang. Makanya, sebelum kita mengenal geografi secara lebih dalam, ada baiknya kamu memahami definisinya dulu, nih. Beberapa ahli geografi sendiri sudah banyak mendefinisikan geografi. Diantaranya sebagai berikut.


1. Pengertian Geografi Menurut Bintarto 

Menurut Bintarto, geografi adalah ilmu pengetahuan yang menerangkan tentang sifat bumi, menganalisis gejala alam yang terjadi, sampai kepada penduduk dan mempelajari corak khas tentang kehidupan. 


Dikatakan juga bahwa geografi ini akan berusaha mencari fungsi dari setiap unsur yang ada di bumi dalam ruang dan waktu. 


2. Pengertian Geografi Menurut IGI 

Menurut Ikatan Geografi Indonesia, geografi adalah ilmu tentang persamaan dan perbedaan dari gejala geosfer dengan melihat sisi kewilayahan atau kelingkungan dalam menggunakan konteks keruangan. 


3. Pengertian Geografi Menurut Erastothenes 

Menurut Erathosthenes , geografi adalah penulisan tentang bumi. 


4. Pengertian Geografi Menurut Immanuel Kant 

Menurut Immanuel Kant, geografi adalah ilmu dan objek studi yang terdiri dari benda,hal atau gejala yang ada di permukaan bumi ini. 


5. Pengertian Geografi Menurut Klaudius Ptolemaeus 

Klaudius Ptolemaeus, seorang ahli astronomi dan matematika, menyebut bahwa geografi adalah penyajian peta dari sebagian atau seluruh muka bumi. 


Nah, berdasarkan pengertian geografi di atas, dapat disimpulkan bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari lokasi serta persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia yang terjadi di atas permukaan bumi. 


Ruang Lingkup Geografi 

Selanjutnya, apa ruang lingkup ilmu geografi itu? Untuk mengetahui kajiannya, Para ahli mengelompokkannya ke dalam 4 ruang lingkup geografi, yaitu sebagai berikut: 


1. Geografi Umum 

Ruang lingkup geografi secara umum adalah cabang geografi yang mempelajari tentang hal-hal umum di permukaan bumi. Pokok pokok ruang lingkup studi ilmu geografi ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: 

  • Terrestrial: pengetahuan yang berhubungan dengan daratan atau bumi, termasuk juga bentuk dan ukuran. 
  • Astronomis: pengetahuan yang berhubungan dengan benda langit dan bintang. 
  • Komparatif: pengetahuan yang lengkap tentang bumi, tempat, dan letak suatu objek di permukaan. Kajian ini bersifat detail. 


2. Geografi Khusus 

Ruang lingkup pengetahuan geografi selanjutnya adalah geografi khusus atau geografi sosialis. Jenis ilmu ini dilakukan dengan meneliti aktivitas atau perilaku manusia serta bagaimana interaksinya dengan lingkungan. 

Jadi, Sobat Pijar bisa tahu deh bagaimana dampak dari kejadian di suatu permukaan bumi bagi manusia. Nah, lingkup geografi khusus ini mempelajari atmosfer (langit), litosfer (tanah), dan manusia. 


3. Geografi Fisik 

Ruang lingkup fisik berkaitan dengan fenomena atmosfer, hidrosfer, litosfer, dan biosfer. Ruang lingkup ini termasuk dalam keadaan fisik atau alam atau berkaitan dengan gejala alam di bumi, seperti relief, iklim, bentuk, air, udara, tanah, dsb. 


4. Geografi Regional 

Ruang lingkup geografi yang terakhir adalah geografi regional. Nah, sesuai dengan namanya, geografi regional melingkupi ilmu tentang wilayah tertentu. 


Secara sederhana geografi regional membahas tentang aspek fisik dan manusia yang dihubungkan dengan suatu ruang atau wilayah. 


Prinsip Geografi 

Sama halnya dengan ruang lingkup geografi, terdapat 4 prinsip geografi yang perlu kamu tahu. Keempat prinsip ini adalah deskripsi, interelasi, distribusi, dan korologi. Simak prinsip geografi dan contohnya berikut ini: 


1. Prinsip Deskripsi 

Prinsip ini berisi penjelasan atau gambaran yang lebih detail terkait dengan fenomena dalam lingkup geografi. Prinsip ini juga menjelaskan tentang sebab-sebab interaksi dan interelasi antara gejala satu dengan gejala lainnya.


Contohnya adalah penjelasan tentang persebaran curah hujan di Indonesia atau tentang penyebab tsunami oleh pergerakan lempeng. 


2. Prinsip Interelasi 

Prinsip interelasi adalah prinsip yang menjelaskan adanya saling keterkaitan antara gejala satu dengan gejala lainnya dalam suatu ruang. Contoh dari prinsip interelasi adalah tanaman teh tumbuh subur di daerah puncak. 


Contoh lainnya adalah kehidupan di desa dengan jenis mata pencaharian, dsb. 


3. Prinsip Distribusi 

Kemudian ada prinsip distribusi. Prinsip distribusi mengkaji gejala dan fenomena geografi di permukaan bumi yang tersebar tidak merata antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. 


Contoh prinsip distribusi ini adalah persebaran flora dan fauna di wilayah Indonesia, persebaran curah hujan di Indonesia. Untuk mengkaji prinsip ini, biasanya dibantu oleh sarana peta. 


4. Prinsip Korologi 

Prinsip geografi yang terakhir adalah prinsip korologi. Apa ya maksud dari prinsip korologi itu? Menariknya, prinsip ini adalah perpaduan dari prinsip lainnya. Contohnya adalah tentang analisis masalah hujan. 


Maka, yang perlu diteliti adalah persebaran curah hujan yang ada di Indonesia, penyebab kenapa ada perbedaan curah hujan di setiap wilayah, sampai kepada dampak yang mungkin terjadi dari tingginya curah hujan tersebut. 



Pendekatan Geografi 

Pembahasan terakhir terkait dengan pendekatan geografi. Pendekatan geografi adalah metode yang digunakan untuk memahami gejala dan fenomena yang ada di permukaan bumi sampai kepada interaksi manusia dengan lingkungannya. 


Yuk, Sobat Pijar perhatikan pendekatan geografi dan contohnya berikut ini. 


1. Pendekatan Keruangan 

Pendekatan geografi yang pertama adalah pendekatan keruangan. Mengapa pendekatan keruangan menjadi metode khas geografi? Alasannya karena ruang adalah bagian dari permukaan bumi yang merupakan tempat hidup tumbuhan, hewan, dan manusia. 


Jadi, tidak heran jika ruang adalah bagian yang tidak terpisahkan dari ilmu geografi. Pendekatan keruangan ini akan menganalisis gejala atau fenomena geosfer berdasarkan penyebarannya dalam ruang. 


Pendekatan keruangan ini bermanfaat untuk kebutuhan perkebunan dan mata pencaharian petani. Contohnya yaitu untuk pembukaan lahan sawah. 


Untuk melakukan hal ini, Sobat Pijar perlu memperhatikan pendekatan ruang dengan mempertimbangkan bentuk relief wilayah, ketinggian tempat, kemiringan lerengnya, dan faktor lain yang mempengaruhi perkembangan sawah. Nah, hal ini bisa dilakukan melalui pendekatan keruangan.  


2. Pendekatan Ekologi 

Berikutnya adalah pendekatan ekologi, yaitu pendekatan dengan melihat interaksi dan ketergantungan manusia dengan lingkungan fisiknya. Contohnya adalah menganalisis banjir dengan pendekatan ekologi. 


Dengan pendekatan ekologi ini, kamu bisa melihat sikap perilaku masyarakat yang menyebabkan banjir, dampak yang ditimbulkan setelah terjadi banjir, dsb. Contoh lainnya yaitu keterkaitan manusia dengan lingkungan untuk mencari mata pencaharian. 


Sobat Pijar pasti sudah tahu nih kalau manusia yang tinggal di pantai punya aktivitas mata pencaharian yang berbeda dibandingkan dengan manusia yang ada di daerah pegunungan. Nah, hal ini bisa dilakukan dengan pendekatan ekologi. 


3. Pendekatan Kompleks Wilayah 

Terakhir, adalah pendekatan kompleks wilayah. Pemakaian pendekatan ini terjadi untuk menganalisis gejala geografi menggunakan kombinasi antara analisis keruangan dan analisis ekologi. 


Contohnya adalah analisis tentang wilayah pedesaan yang melakukan interaksi di perkotaan guna mendapatkan kebutuhan sekunder dan tersier.


_________________________________________________________________


Baca juga: Bonus Demografi Indonesia - Pengertian, Dampak, dan Faktor Penyebabnya


Ruang lingkup geografi, prinsip, dan pendekatan adalah dasar dalam mempelajari geografi sehingga Sobat Pijar perlu mengetahuinya. Pemahaman Sobat Pijar tentang geografi akan menjadi lebih luas sehingga mudah untuk mengetahui apa saja cakupan dari ilmu ini.


Pastinya Pijar Belajar bakalan selalu siap membantu kamu belajar, ya! Nggak cuma Geografi aja, Pijar Belajar juga punya segudang latihan soal lengkap dengan video pembahasannya untuk mata pelajaran lainnya.


Tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved