pijarbelajar

Geografi

Pembagian Waktu di Indonesia - WIT, WIB dan WITA

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Pembagian Waktu di Indonesia  - WIT, WIB dan WITA image

Tahukah kamu, ternyata beberapa wilayah di Indonesia memiliki perbedaan waktu, lho. Coba tebak, pembagian waktu di Indonesia ada berapa? Yup, bener banget! Ada tiga pembagian waktu di Indonesia, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Kira-kira kenapa bisa ada pembagian waktu tersebut, ya? 


Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu, Pijar Belajar mau ajak kamu belajar tentang pembagian waktu di Indonesia. Yuk, kita bahas pembagian waktu di Indonesia beserta daerahnya


Baca juga: Klasifikasi Iklim Global dan Penjelasannya


Kenapa Indonesia Dibagi Menjadi 3 Waktu?

Untuk mengetahui pembagian waktu di Indonesia, kamu perlu memahami dulu alasan atau penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi. Jawaban sederhananya adalah karena adanya garis lintang dan garis bujur. Ada yang tahu apa itu garis lintang dan garis bujur? 


Garis lintang dan garis bujur merupakan garis khayal yang melingkari bumi. Garis lintang melingkari bumi secara horizontal, sedangkan garis bujur melingkari secara vertikal. Nah, garis lintang ini digunakan untuk mengukur waktu penyinaran matahari dan garis bujur untuk mengukur pembagian waktu di bumi.


Selain kedua garis tersebut, pembagian waktu di Indonesia juga dipengaruhi oleh garis Meridian Greenwich, yaitu garis bujur 0o yang sebelumnya sudah disepakati sejak tahun 1884 pada Kongres Meridian Internasional yang diselenggarakan di Washington, Amerika Serikat. Garis inilah yang menandai perhitungan waktu di tiap wilayah di bumi. 


Jadi, nggak cuma Indonesia saja, tiap wilayah di bumi juga memiliki perbedaan waktu, ya. Adapun, secara khusus pembagian waktu di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa hal berikut. 


Letak Wilayah Indonesia

Jika didasarkan pada garis lintang, maka wilayah Indonesia berada di antara 6o Lintang Utara (LU) dan 11o Lintang Selatan (LS) dan memiliki jarak lintang 17o. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia terletak di belahan bumi bagian selatan.


Sementara jika didasarkan pada garis bujur, maka diketahui bahwa wilayah Indonesia berada di antara 95o Bujur Timur (BT) dan 141o Bujur Barat (BB) dan memiliki jarak bujur 46o. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa wilayah Indonesia berada di belahan bumi bagian timur.


Perbedaan Garis Bujur

Dengan adanya perbedaan garis bujur tersebut maka wilayah Indonesia memiliki pembagian waktu yang berbeda, yaitu terdiri dari Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT)


Masing-masing zona waktu tersebut, yaitu WIB, WITA dan WIT memiliki selisih atau perbedaan waktu 1 jam. Kondisi ini terjadi karena didasarkan pada hasil bagi gerak rotasi bumi dalam sehari yaitu 360o atau 24 jam sebesar 15o. Artinya dalam setiap rotasi 15o maka dibutuhkan waktu selama 1 jam.


Adanya pembagian waktu WIB WITA WIT wilayah Indonesia tersebut kemudian disahkan dalam Keputusan Presiden No. 41 tahun 1987. Nah, sekarang sudah tahu kan alasannya mengapa Indonesia dibagi menjadi 3 zona waktu?


Apa Saja Pembagian Waktu di Indonesia?

Setelah mengetahui apa penyebab pembagian waktu di Indonesia, sekarang kita akan membahas lebih jauh dengan WITA, WIB dan WIT. 


1. Waktu Indonesia Tengah

Penentuan Waktu Indonesia Tengah (WITA) didasarkan pada meridian pangkal 120o Bujur Timur (BT) dan memiliki selisih 8 jam dari waktu Greenwich. 


Nah, daerah apa saja yang termasuk dalam pembagian waktu WITA? Wilayah yang masuk dalam zona Waktu Indonesia Tengah (WITA) adalah Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur, Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, serta Gorontalo.


2. Waktu Indonesia Barat

Penentuan Waktu Indonesia Barat (WIB) didasarkan pada meridian pangkal 105o Bujur Timur (BT) dan selisihnya adalah 7 jam lebih awal dari waktu Greenwich. Pembagian WIB daerah mana saja, ya? 


Nah, yang termasuk dalam zona Waktu Indonesia Barat (WIB) adalah Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.


3. Waktu Indonesia Timur

Penentuan Waktu Indonesia Timur (WIT) didasarkan pada meridian pangkal 135o Bujur Timur dan memiliki selisih 9 jam dari waktu Greenwich. 


Adapun wilayah yang termasuk dalam zona Waktu Indonesia Timur adalah Maluku dan Maluku Utara, seluruh wilayah yang ada di Provinsi Papua, dan Papua Barat.


Berdasarkan penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa zona waktu Indonesia GMT (Greenwich Mean Time) memiliki selisih beberapa jam. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak tabel pembagian waktu di Indonesia berikut ini:


Zona Waktu

Tolok Ukur

Garis Bujur

Wilayah 

Waktu Indonesia Barat (WIB)

GMT + 7 jam

105o BT

Daerah Tingkat I Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat

Waktu Indonesia Tengah (WITA)

GMT + 8 jam

120o BT

Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara dan Sulawesi

Waktu Indonesia Timur (WIT)

GMT + 9 jam

135o BT

Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat


Adapun, pembagian waktu di Indonesia pagi siang sore malam yaitu:


Pagi 

Pukul 03.00 – 10.00

Siang 

Pukul 10.00 – 15.00

Sore 

Pukul 15.00 – 18.00

Petang 

Pukul 18.00 – 19.00

Malam 

Pukul 19.00 – 24.00

Pukul 00.00 – 03.00


_________________________________________________________________


Baca juga: Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim – Materi Kelas 10


Kesimpulannya adalah pembagian waktu di Indonesia terdiri dari 3 zona yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Masing-masing zona waktu tersebut memiliki selisih 1 jam. Nah, kalau daerah kamu termasuk zona waktu yang mana?


Yuk, belajar lebih banyak tentang pembagian waktu dan materi Geografi lainnya bareng Pijar Belajar! Kamu bisa banget mengakses banyak konten pembelajaran di Aplikasi Pijar Belajar, mulai dari rangkuman, video materi, mini quiz, hingga latihan soal dan pembahasannya. Tenang, semua itu bisa kamu akses kapan aja dan dimana aja, kok


Download Pijar Belajar dan rasakan keseruan belajarnya sekarang! 


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved