pijarbelajar

Kimia

Panduan Keselamatan Kerja Di Laboratorium Kimia

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Panduan Keselamatan Kerja Di Laboratorium Kimia image

Pembelajaran kimia merupakan salah satu metode belajar yang cukup rumit dan nggak bisa dilakukan secara sembarangan. Ketika kita belajar kimia, nantinya kalian akan banyak bekerja dan bertugas di laboratorium. Tentunya, pembelajaran di laboratorium ini memiliki berbagai aturan dan tata tertib yang perlu kalian ketahui. Oleh karena itu, kita perlu tahu panduan keselamatan kerja di laboratorium kimia. 


Karena di laboratorium kimia terdapat berbagai zat dan alat-alat berbahaya, kamu harus hati-hati, ya, Sobat Pijar! Yuk, simak panduan keselamatan kerja di laboratorium kimia berikut ini. 


Baca juga: Materi Larutan Asam Basa: Teori, Ciri-ciri, Indikator, Derajat pH, dan Contoh Soalnya


Tata Tertib Laboratorium

Nah sebelum melakukan kegiatan berkaitan dengan kimia di laboratorium, tentunya kita harus mengetahui tata tertibnya. Berikut tata tertib di laboratorium kimia yang perlu dipahami dan diikuti.

  1. Pengguna laboratorium wajib menggunakan jas laboratorium serta Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.
  2. Mengisi buku kunjungan laboratorium.
  3. Mengetahui fasilitas laboratorium, mengenal dan berkoordinasi dengan koordinator laboratorium.
  4. Menyimpan barang bawaan di dalam loker yang sudah disediakan.
  5. Tidak dibenarkan untuk membawa makanan dan minuman, merokok dan berhias di dalam laboratorium.
  6. Pengguna laboratorium tidak diperbolehkan bercanda selama praktikum.
  7. Apabila mengalami kondisi yang tidak aman dan memungkinkan seperti kecelakaan atau kerusakan alat segera melapor kepada petugas laboratorium.
  8. Ikut menjaga dan merawat fasilitas laboratorium.
  9. Jika terjadi kebakaran, singkirkan atau jauhkan semua bahan atau barang dari api dan gunakan alat pemadam kebakaran yang tersedia.
  10. Mematuhi dan memenuhi standar kerja di laboratorium.
  11. Mengetahui tindakan awal apabila terjadi keadaan darurat (emergency).
  12. Tidak diperkenankan berkeliaran di luar lingkungan laboratorium dengan mengenakan jas laboratorium dan membawa alat laboratorium tanpa izin.
  13. Jika mengalami kesulitan atau memerlukan konsultasi dapat menghubungi Koordinator Laboratorium.


Alat-Alat Laboratorium

Setelah mengetahui tata tertib dalam penggunaan laboratorium kimia, hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah mengetahui alat-alat laboratorium kimia. Tentunya banyak yang penasaran kan apa saja sih alat-alat yang ada di laboratorium kimia itu sendiri. Berikut adalah beberapa diantaranya yang banyak digunakan.

  1. Gelas Piala
  2. Gelas Ukur
  3. Corong Gelas
  4. Pengaduk Kaca
  5. Karet Penghisap
  6. Pipet Ukur
  7. Pipet Volume atau Pipet Gondok
  8. Pipet Tetes atau Dropping
  9. Labu Ukur atau Labu Takar
  10. Batang Pengaduk Ujung Spiral
  11. Spatula Stainless Steel
  12. Lampu Spiritus Logam
  13. Erlenmeyer
  14. Cawan Porselin
  15. Neraca Analitik
  16. Botol Semprot
  17. Mortar Pestle
  18. Klem Buret Bentuk X
  19. Statif
  20. Buret
  21. Kuvet dan Rak Kuvet
  22. Batang Ose Ujung Bulat dan Ose Ujung Lurus
  23. Tabung Reaksi dan Tabung Durham
  24. Pengaduk L
  25. Lampu Spiritus
  26. Rak Tabung Reaksi


Simbol Keselamatan Kerja Laboratorium

Nah dalam berkegiatan di laboratorium kimia, tahukah kalian bahwa terdapat juga simbol keselamatan yang beragam. Simbol keselamatan kerja di laboratorium kimia ini menjadi acuan agar kita selalu aman tanpa ada masalah berarti. Berikut adalah berbagai simbol keselamatan kerja di laboratorium kimia.


1. Flammable atau Mudah Terbakar


Simbol ini memiliki arti bahwa benda atau alat laboratorium berbahan dasar yang mudah terbakar. Jadi, kamu harus menjauhkan benda tersebut dari api, ya. Bahan kimia yang biasanya ditandai dengan simbol ini adalah gas etuna, keton, alkohol. Untuk menghindari potensi kebakaran atau ledakan, letakkan benda-benda mudah terbakar tersebut jauh dari sumber api atau logam yang dapat menghantarkan panas. Berlebih.


2. Harmful atau Berbahaya


Simbol harmful atau berbahaya ditandai dengan tanda silang berwarna hitam. Simbol ini ditujukan untuk menjelaskan bahwa bahan kimia tersebut, baik itu dalam bentuk padat, cair maupun gas, dapat menimbulkan bahaya. Bahaya yang ditimbulkan bermacam-macam, seperti beracun atau dapat menyebabkan iritasi kulit bila sampai terkena kulit Anda.


3. Corrosive atau Korosif


Simbol corrosive atau korosif digambarkan dengan cairan yang diteteskan pada benda dan tangan. Simbol ini untuk menandakan bahwa bahan kimia tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan dapat menyebabkan karat pada benda logam. Pastikan selalu menggunakan APD laboratorium agar terhindar dari cedera saat bersentuhan dengan bahan kimia seperti ini.


4. Poison atau Toxic


Simbol ini punya bentuk tengkorak yang memiliki arti bahwa zat kimia tersebut sangat beracun. Anda harus menggunakan APD yang tepat, karena kalian dapat terpapar zat kimia beracun baik dari udara maupun sentuhan. Zat kimia yang termasuk dalam kategori beracun adalah sianida, merkuri, gas asam sulfida, dan fenol.


5. Explosion atau Mudah Meledak


Simbol ini digambarkan dengan tanda ledakan. Simbol ini memiliki arti bahwa zat kimia tersebut mudah meledak. Jauhi zat kimia ini dari benda-benda yang bisa memancarkan api atau menghantarkan panas yang berlebih.


6. Biohazard


Simbol ini memiliki arti bahwa zat atau bahan kimia tersebut berasal dari organisme maupun bahan-bahan yang berasal dari organisme dan dapat membahayakan manusia. Sebisa mungkin menghindari kontak langsung terhadap zat kimia ini, karena dapat menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh Anda baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.


7. Oxider atau Pengoksidasi


Simbol ini digambarkan dengan bola yang memancarkan api. Arti dari simbol oxidizer adalah zat atau bahan kimia tersebut dapat melepaskan panas dan dapat memicu api ketika bereaksi terhadap zat kimia lainnya. Hati-hati ketika menggunakan zat kimia ini, agar jangan sampai menimbulkan kebakaran atau ledakan di laboratorium.


8. Radioaktif


Simbol yang satu ini digambarkan seperti kincir. Simbol ini memiliki arti bahwa bahan kimia tersebut bersifat radioaktif. Untuk penggunaan zat kimia yang memiliki simbol radioaktif, pastikan untuk menyimpannya dengan baik agar jangan sampai bocor dan terpapar di ruangan laboratorium.


Pertolongan Pertama Kecelakaan Kerja Di Laboratorium

Hal yang juga tak kalah penting ketika melakukan pekerjaan di laboratorium adalah mengetahui bagaimana pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan kerja.


Pertama, apabila terkena bahan kimia berbahaya, hal utama yang perlu dilakukan adalah bersikap tenang. Kemudian, cobalah untuk meminta bantuan kepada orang terdekat untuk membersihkan bagian tubuh yang mengalami kontak langsung dengan air bersih. Pastikan kamu juga tidak menggaruk kulit yang terkena bahan kimia agar tidak tersebar, ya. 


Kedua, apabila terjadi ledakan atau kebakaran, pastikan kamu tidak panik. Apabila api masih memungkinkan untuk dipadamkan maka ambillah fire hydrant dan padamkan api. , Kemudian, tutup pintu untuk menghambat api membesar dengan cepat namun dengan catatan pintu tersebut tidak boleh dikunci. Setelah itu, hubungi pemadam kebakaran dan hindari penggunaan lift.


_______________________________________


Baca juga: Materi Kimia Kelas 10 - Reaksi Redoks: Oksidasi dan Reduksi


Nah setelah mengetahui panduan keselamatan kerja di laboratorium dan beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan kimia, pastinya kalian sudah siap kan untuk terjun langsung ke laboratorium kimia. Kalau kamu mau pembelajaran kimia yang lebih lengkap lagi, kalian bisa belajar pakai aplikasi Pijar Belajar.


Melalui aplikasi ini, kalian bisa mendapatkan berbagai pembelajaran kimia baik dari contoh kasus, berbagai soal yang bisa dikerjakan, beserta penjelasan yang bisa bermafaat buat kalian. Jadi tunggu apalagi, langsung aja download aplikasi Pijar Belajar sekarang.



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved