Menarik! Ini 6 Pilihan Tempat untuk Belajar yang Nyaman - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Menarik! Ini 6 Pilihan Tempat untuk Belajar yang Nyaman

| 0 minute read
Menarik! Ini 6 Pilihan Tempat untuk Belajar yang Nyaman image

Selain belajar di sekolah atau tempat les, ada kalanya siswa memerlukan tempat belajar lainnya untuk sekedar mengulang materi pelajaran. Namun, sayangnya kadang beberapa siswa tidak terlalu memperhatikan kenyamanan tempat untuk belajar.


Padahal meskipun terlihat sederhana, faktanya belajar di tempat yang nyaman ternyata bisa bermanfaat untuk memudahkanmu dalam memahami materi pelajaran lho. Karena belajar di tempat yang nyaman akan membuat tubuh lebih rileks dan pikiran lebih fokus, sehingga memudahkan otak untuk memahami materi pelajaran dengan lebih baik.


Pilihan Tempat untuk Belajar Nyaman

Selain membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, pada dasarnya belajar di tempat yang nyaman juga bermanfaat untuk mencegah kamu mengalami stres dan memudahkanmu mempelajari materi pelajaran yang sulit. Jadi, kamu bisa selalu semangat dan maksimal dalam belajar. Beberapa pilihan tempat untuk belajar yang nyaman dan bisa menjadi pilihanmu, yaitu:


1.Perpustakaan

Kalau kamu ingin belajar di tempat yang tenang, nyaman, dan jauh dari hiruk pikuk, perpustakaan bisa menjadi tempat yang ideal untukmu. Karena di perpustakaan semua pengunjung dilarang untuk berbicara dan mengobrol dengan suara kencang. Jadi kamu bisa belajar tanpa terganggu oleh suara bising yang kadang bisa mengganggu konsentrasi.


Menariknya lagi, di perpustakaan ada berbagai pilihan buku pelajaran yang bisa dengan bebas kamu baca. Jadi, ketika ada materi pelajaran yang tergolong sulit, kamu bisa langsung mencari materi pelajaran di perpustakaan.


Namun, sayangnya perpustakaan bukan tempat yang ideal untuk kamu yang senang belajar sambil makan atau minum. Karena biasanya semua pengunjung perpustakaan dilarang untuk membawa makanan atau minuman di ruang perpustakaan. Salah satu perpustakaan yang paling ideal untuk menjadi tempat untuk belajar adalah perpustakaan pusat yang ada di pusat kota.


2. Toko buku

Seperti perpustakaan, toko buku juga bisa menjadi tempat belajar yang ideal untuk kamu lho. Karena di toko buku, kadang kamu bisa membaca buku pelajaran yang sudah terbuka tanpa perlu membelinya. Selain itu, sama halnya seperti di perpustakaan, suasana di toko buku biasanya sangat tenang dan jauh dari kebisingan.


Namun, untuk kamu yang senang belajar bersama teman-teman, toko buku kurang cocok untuk menjadi tempat belajarmu. Karena di toko buku, semua pengunjung dilarang untuk mengobrol atau berbicara dengan nada yang terlalu keras.


Baca juga: 5 Cara Membuat Mind Mapping untuk Siswa


3. Kedai kopi

Tidak bisa dipungkiri memang, saat ini kedai kopi atau coffee shop merupakan salah satu tempat paling populer untuk belajar. Karena di kedai kopi kamu bisa belajar sambil minum kopi, mendengarkan musik, atau mengobrol dengan teman, sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran jadi lebih mudah memahami materi pelajaran.


Selain itu, sebagian besar kedai kopi saat ini memiliki fasilitas WiFi gratis. Jadi, kamu bisa lebih bebas mencari materi pelajaran di internet tanpa takut kuota internet habis. Menariknya lagi, di kedai kopi kamu bisa belajar sambil mengobrol dengan teman-teman. Jadi, kamu bisa saling berbagi ilmu sambil memahami materi pelajaran dengan baik.


Namun, di sisi lain kedai kopi memiliki kekurangan nih, yaitu ramai pengunjung dan biasanya cenderung berisik. Jadi, untuk kamu yang tidak bisa konsentrasi belajar di tempat yang ramai dan berisik, sebaiknya hindari belajar di kedai kopi.

 

4. Kafe atau restoran

Sama halnya seperti kedai kopi, saat ini kafe atau restoran merupakan salah satu tempat untuk belajar yang sedang populer, khususnya di kalangan siswa SMA. Karena di kafe atau restoran kamu juga bisa belajar sambil mengonsumsi makanan lezat yang mengenyangkan.


Selain itu, kafe atau restoran juga biasanya menyediakan meja dan kursi yang lebih nyaman digunakan untuk belajar dibandingkan dengan kedai kopi. Idealnya kalau kamu ingin belajar di kafe atau restoran, datanglah di waktu yang sedang tidak banyak pengunjung, misalnya sebelum jam 12 siang atau setelah jam 3 sore.

Karena di jam makan siang, pukul 12.00-14.00 kafe atau restoran biasanya akan sangat ramai oleh pengunjung, sehingga kamu akan cenderung kesulitan fokus untuk belajar.


Baca juga: 6 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tidak Disukai


5. Taman

Belajar di taman mungkin merupakan hal yang belum pernah terpikirkan sama sekali olehmu. Karena taman kota biasanya cenderung ramai oleh pengunjung dan berisik, sehingga bisa mengganggu konsentrasi belajar. Padahal faktanya saat ini banyak taman yang masih sepi pengunjung, sejuk karena banyak pohon, dan menyediakan banyak kursi serta meja untuk sekedar belajar dan makan.


Jadi, pada dasarnya taman juga merupakan salah satu tempat yang nyaman untuk belajar, khususnya jika kamu ingin belajar bersama teman-teman.


6. Kamar

Jika selama ini kamu berpikir bahwa kamar bukan tempat yang ideal untuk belajar, sekarang saatnya untuk membuang pikiran tersebut. Karena kamar tidur bisa menjadi tempat yang sangat nyaman untuk belajar. Caranya dengan membersihkan meja untuk belajar dari semua barang yang tidak akan menunjang proses belajar. Selain itu, bila perlu kamu juga bisa menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara agar udara kamar menjadi lebih segar.


Selain itu, idealnya saat memutuskan untuk belajar di kamar. kamu menonaktifkan semua gadget yang ada di kamar, mulai dari handphone, TV, hingga tablet. Jangan lupa juga untuk meminta kepada anggota keluarga untuk tidak berbicara dengan suara yang terlalu keras selama kamu belajar di kamar.


Baca juga: Waktu Belajar yang Baik itu Pagi atau Malam, Ya?

 

 _______________________________________

 

Nah, itu tadi beberapa pilihan tempat untuk belajar yang nyaman dan bisa menjadi pilihan kamu. Karena belajar di tempat yang nyaman bisa bermanfaat untuk memudahkanmu dalam memahami materi pelajaran dengan baik. Kalau kamu ingin belajar dengan cara yang lebih menyenangkan, yuk gunakan Pijar Belajar.


Pijar Belajar adalah aplikasi yang dirancang untuk siswa agar mendapatkan suplemen pembelajaran di sekolah yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu. Aplikasi Pijar Belajar dilengkapi oleh beragam fitur unggulan yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar lebih mudah dan lebih menarik.


Selain itu, menariknya lagi Pijar Belajar memiliki fitur latihan soal yang berbentuk seperti game di handphone. Jadi, kamu akan mendapatkan banyak ilmu tanpa merasa terbebani sama sekali. Menarik banget kan. Jadi, yuk gunakan aplikasi Pijar Belajar sekarang juga.



Referensi

https://myelearningworld.com/best-and-worst-places-to-study/

https://www.nursetheory.com/places-to-study/

 

 

 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image