Tips Belajar Matematika ala Jerome Polin - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Tips Belajar Matematika ala Jerome Polin

| 0 minute read
Tips Belajar Matematika ala Jerome Polin image

Siapa sih yang nggak kenal sosok Jerome Polin? Youtuber pintar matematika panutan semua siswa di Indonesia. Sebagai seorang yang mengambil jurusan Matematika Terapan di Waseda University, Jepang, ia kerap kali membagikan keseharian melalui vlog dan juga media sosialnya. Sekali-kali, Jerome juga membagikan kemampuannya menjawab soal matematika dalam waktu singkat! Lho, kok bisa?

Daripada penasaran, yuk baca tips dan trik Jerome Polin dalam belajar matematika berikut!


Tips Belajar Matematika ala Jerome Polin


1. Mempelajari Dasar-Dasar Terlebih Dahulu

Seperti menaiki tangga, seseorang tidak bisa sampai ke anak tangga ke-100 tanpa menaiki anak tangga ke-1 dan ke-2. Hal ini juga berlaku di pelajaran matematika lho, Sobat Pijar! Misalnya, sebelum belajar materi integral, pastikan kamu menguasai materi turunan terlebih dahulu. Untuk belajar materi turunan, kamu harus menguasai materi limit.


Untuk menguasai materi limit, kamu harus mengerti akar kuadrat. Nah, dari sini, kita bisa menyimpulkan bahwa mempelajari dasar-dasar matematika itu perlu untuk menunjang pemahaman materi yang lebih kompleks!


2. Buat Target!

Target yang kamu buat itu harus spesifik, realistis, bisa diukur, dan jelas. Misalnya, target ‘aku ingin menguasai materi integral’ lebih spesifik dan jelas daripada target ‘aku mau belajar matematika’. Juga dengan target ‘aku mau belajar UTBK 7 paket dalam waktu dua pekan’ lebih realistis daripada ‘aku mau belajar UTBK 40 paket dalam waktu dua pekan’ karena lebih masuk akal.


3. Buat List Belajar Harian!

Dalam proses belajar matematika, kamu bisa buat list belajar harian dan stick to it. Misalnya, hari senin belajar materi akar kuadrat, hari selasa belajar limit, hari rabu latihan soal akar kuadrat dan limit dari buku pelajaran atau Pijar Belajar, hingga hari-hari selanjutnya.


4. Kurangi Distraksi

Siapa disini yang habis belajar 10 menit buka instagramnya 30 menit, hayo ngaku? Nah, untuk menghilangkan distraksi ini perlu komitmen dan perjanjian dengan diri sendiri. Contohnya, ‘aku gak akan buka instagram dan scroll twitter sampai sesi belajar 2 jamku selesai’. Bahkan, menurut penelitian deep learning tanpa distraksi sama sekali selama 30 menit itu lebih efektif daripada belajar selama satu jam tapi diselingi dengan distraksi lain.


5. Buat Grup Online

Ngambis bareng, why not? Jika kamu berada di lingkungan yang sama-sama ingin belajar matematika, kamu akan terpacu juga untuk menjadi sebaik teman-temanmu yang lain. Ini sangat bermanfaat juga lho, Sobat Pijar! Ketika kebetulan ada materi yang tidak kamu pahami, teman-temanmu juga bisa membantumu untuk menguasai materi susah tersebut!


6. Ikut Tryout dan Lomba

Selain mengukur kemampuan di bidang matematika, tryout dan lomba juga bisa meningkatkan jiwa kompetitifmu nih, Sobat Pijar! Tentunya ini bisa menjadi pegangan yang bagus buat kamu yang akan mengikuti UTBK atupun Ujian Masuk perguruan tinggi.


Dengan mengikuti try out, kamu bisa membandingkan kemampuanmu dengan orang lain. Selain itu, kamu juga akan terpapar dengan jenis-jenis soal baru yang akan menambah wawasanmu dalam mengerjakan soal matematika!


Baca juga: Cara Menghitung Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran

_________________________________________________


Nah gimana tips dan trik Jerome Polin diatas? Semoga bisa bermanfaat ya dalam proses pembelajaran matematikamu! Good luck~ 


Jika ingin belajar Matematika biar lebih paham lagi, Pijar Belajar cocok banget buatmu! Ada ratusan video pembahasan disertai dengan contoh dan latihan soal yang bisa kamu gunakan untuk menguji kemampuan menghitung, lho!


Tunggu apa lagi? Unduh Pijar Belajar di ponselmu sekarang juga!


Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=ufGMGFhqycQ&t=59s

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image