pijarbelajar

Biologi

Kromosom: Pengertian, Fungsi, Struktur, Jenis, dan Jumlahnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Kromosom: Pengertian, Fungsi, Struktur, Jenis, dan Jumlahnya image

Ibaratnya sebuah google drive yang menyimpan data, tubuh kita juga punya alat yang sama nih, Sobat Pijar! Alat dalam tubuh kita ini disebut sebagai kromosom. 


Wah, kok bisa ya, alat ini membawa informasi data tentang identitas kita? Daripada bingung lama-lama, yuk baca artikel ini sampai habis!


Baca juga: Gen : Pengertian, Sifat, Fungsi, Ekspresi, Simbol, dan Contohnya


Pengertian Kromosom

Kromosom adalah struktur berbentuk benang yang terdapat dalam inti sel suatu organisme, seperti manusia atau hewan lainnya. Kromosom mengandung informasi genetik dalam bentuk DNA (asam deoksiribonukleat), yang berperan dalam instruksi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi tubuh.


Setiap spesies memiliki jumlah kromosom yang khas dalam sel mereka, dan manusia, misalnya, memiliki 46 kromosom (23 pasang), yang terdiri dari 22 pasang kromosom autosom dan 1 pasang kromosom seks. Kromosom memainkan peran penting dalam pewarisan sifat-sifat genetik dari satu generasi ke generasi berikutnya.


Apa Fungsi Kromosom?

Penasaran nggak, sih, apa fungsi kromosom dalam tubuh kita itu? Nah, simple-nya, fungsi kromosom adalah membawa informasi genetik pada tubuh kita. Untuk lebih jelasnya yuk simak beberapa fungsi kromosom berikut ini.

  1. Kromosom membawa DNA yang mengandung informasi genetik. Saat organisme berkembang biak, kromosom memastikan bahwa informasi genetik diturunkan dari orangtua ke keturunan.
  2. Kromosom mengandung gen yang bertugas untuk mengkode protein dan molekul lain. Protein ini mengatur berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan organisme, seperti pembentukan jaringan, organ, dan sistem tubuh.
  3. Kromosom mengandung gen-gen yang menentukan ciri fisik dan sifat spesifik dari individu. Misalnya warna mata, jenis rambut, dan faktor-faktor lain yang membedakan satu individu dari individu lainnya.
  4. Kromosom berperan dalam proses-proses dalam sel yang penting seperti replikasi DNA, transkripsi genetik, dan sintesis protein. Ini berarti kromosom memainkan peran dalam menjaga keberlanjutan kehidupan sel dan organisme.
  5. Melalui mekanisme seperti rekombinasi genetik dan mutasi, kromosom dapat menyebabkan variasi genetik di antara individu-individu dalam populasi. Ini penting untuk evolusi dan adaptasi terhadap lingkungan yang berubah.
  6. Kromosom seks (misalnya, kromosom X dan Y pada manusia) menentukan jenis kelamin individu. Perbedaan dalam kombinasi kromosom seks akan mengarah pada perkembangan menjadi laki-laki atau perempuan.



Apa Saja Struktur Kromosom?

Sebagai sebuah struktur yang berada dalam inti sel, kromosom tentu terbentuk dari berbagai struktur lainnya, ya. Struktur-struktur kromosom ini nantinya akan saling berkaitan mendukung kerja kromosom dalam pewarisan sifat atau genetik. Berikut ini beberapa struktur kromosom dan fungsinya:


Kromatid

Kromatid adalah salah satu dari dua benang identik yang terbentuk saat kromosom mereplikasi diri. Kromatid berfungsi dalam penyimpanan dan pemisahan informasi genetik selama pembelahan sel (mitosis dan meiosis) untuk menjaga kestabilan genetik dan pewarisan sifat-sifat.


Kromomer

Kromomer adalah penebalan yang tampak pada kromosom selama tahap-tahap tertentu dari siklus sel. Kromomer berfungsi untuk membantu mengatur struktur kromosom, memisahkan bagian yang berbeda dari kromosom selama pembelahan, dan memastikan distribusi yang merata dari materi genetik ke dalam sel-sel anak.


Sentromer

Sentromer merupakan bagian kromosom yang berfungsi untuk mencegah penempelan antar lengan kromosom. Fungsi sentromer adalah untuk memfasilitasi pemisahan kromatid dengan membantu mengarahkan pergerakan kromosom ke kutub sel yang berlawanan selama proses pembelahan sel.


Satelit Kromosom

Satelit kromosom adalah segmen pendek pada kromosom yang terletak di dekat sentromer. Satelit kromosom berfungsi sebagai bahan identifikasi pada proses analisis kromosom. Pada pita satelit, terdapat sejumlah besar DNA repetitif yang tidak mengandung banyak informasi genetik.


Telomer

Telomer adalah bagian ujung kromosom mengandung banyak DNA berulang. DNA ini memiliki peran dalam melindungi kromosom dan mencegah hilangnya informasi genetik selama proses replikasi DNA.


Jenis Kromosom

Nah, setelah kita mengenal pengertian, fungsi, dan strukturnya, sekarang saatnya kita kenalan dengan berbagai jenis kromosom. Jenis kromosom terbagi menjadi dua, yaitu kromosom badan dan kelamin. Hm... seperti apa kedua jenis kromosom tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.


Kromosom Badan

Kromosom badan (juga dikenal sebagai kromosom autosom) adalah jenis kromosom yang berperan dalam menentukan sifat-sifat non-kelamin suatu individu. Manusia memiliki total 22 pasang kromosom badan (44 kromosom badan) yang mengandung informasi genetik yang mengontrol berbagai ciri-ciri tubuh seperti warna kulit, warna mata, dan banyak ciri-ciri fisik serta fisiologis lainnya.


Kromosom Kelamin

Kromosom kelamin (juga dikenal sebagai kromosom seks) bertanggung jawab untuk menentukan jenis kelamin suatu individu. Pada manusia, ada dua jenis kromosom kelamin: kromosom X dan kromosom Y.


Individu dengan pasangan kromosom XX adalah perempuan, sementara individu dengan pasangan kromosom XY adalah laki-laki. Kromosom kelamin ini membawa gen-gen yang mengendalikan perkembangan seksual dan sifat-sifat tertentu yang berkaitan dengan jenis kelamin.


Berapa Jumlah Kromosom Makhluk Hidup?

Jumlah kromosom setiap jenis makhluk hidup bersifat tetap. Manusia memiliki jumlah kromosom yang spesifik, yaitu 46 kromosom. Dari jumlah tersebut, ada 44 kromosom badan (22 pasang) dan 2 kromosom kelamin (XX pada perempuan dan XY pada laki-laki). Jumlah kromosom ini menjadi ciri khas manusia yang membedakan kita dari spesies lain.


Berikut adalah contoh tabel jumlah kromosom makhluk hidup:



_________________________________________

Baca juga: Gametogenesis: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya


Perlu dicatat juga nih Sobat Pijar, jumlah kromosom yang dimiliki tiap spesies itu berbeda satu sama lain. Jumlah kromosom adalah salah satu ciri genetik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mempelajari berbagai jenis makhluk hidup.


Sobat Pijar, belajar materi Kromosom jangan sampai berhenti di sini aja ya! Kamu bisa eksplorasi lebih jauh lagi mengenai materi ini di aplikasi Pijar Belajar, lho! Ada rangkuman, video materi, mini quiz, hingga latihan soal yang bisa kamu akses hanya dalam satu aplikasi saja. Wah, keren ya?


Yuk, unduh Pijar Belajar biar bisa ngambis di mana aja!




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved