pijarbelajar

Biologi

Jaringan Otot pada Hewan: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Strukturnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Jaringan Otot pada Hewan: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Strukturnya image

Sobat Pijar pernah kepikiran gak, kenapa kucing bisa lincah banget, atau kenapa burung bisa terbang dengan bebas? Ternyata yang bisa bikin semua itu karena hewan ini memiliki jaringan otot di dalam tubuhnya yang bisa mengendalikan semua gerakan hewan.


Sebenarnya, apa aja sih fungsi jaringan otot itu? Terus, jenis-jenis jaringan otot pada hewan tuh ada apa aja ya? Daripada bingung, yuk lanjutkan baca artikel ini hingga selesai, Sobat Pijar!


Baca juga: Animalia: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Klasifikasinya


Pengertian Jaringan Otot Pada Hewan

Jaringan otot pada hewan adalah sekumpulan sel-sel otot yang bekerja bersama untuk menghasilkan gerakan atau kontraksi dalam tubuh hewan. Ada tiga jenis utama jaringan otot: otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Jaringan otot memungkinkan hewan untuk bergerak, menjalankan fungsi internal, dan mempertahankan kelangsungan hidup.


Fungsi Jaringan Otot Pada Hewan

Nah, berikut beberapa fungsi jaringan otot polos pada hewan yang wajib Sobat Pijar ketahui:

  1. Menggerakkan Rangka (Tulang). Otot rangka bertanggung jawab untuk menghasilkan gerakan pada tubuh, seperti berjalan, berlari, dan angkat benda.
  2. Menggerakkan Organ Pencernaan. Otot polos dalam saluran pencernaan membantu menggerakkan makanan dan cairan melalui sistem pencernaan, seperti kontraksi peristaltik pada usus.
  3. Menggerakan Jantung. Otot jantung (otot kardiak) menggerakkan jantung, memompa darah ke seluruh tubuh dan mengatur aliran darah.
  4. Menahan Tekanan. Otot-otot tubuh, terutama otot-otot rangka, membantu menjaga postur tubuh dan menopang tekanan fisik, seperti saat berdiri atau mengangkat beban.
  5. Memelihara Postur Tubuh. Menjaga tegaknya postur tubuh, kontraksi dan relaksasi otot-otot rangka berperan dalam mempertahankan posisi yang tegap bagi tubuh, baik ketika sedang berdiri maupun duduk.
  6. Menghasilkan Panas. Kontraksi otot bisa menghasilkan panas guna menjaga suhu tubuh, misalnya saat mengalami kedinginan, otot akan mengalami gemetaran untuk menghasilkan panas.


Ciri-ciri Jaringan Otot Pada Hewan

Jaringan otot tentunya memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jaringan-jaringan hewan lainnya. Berikut ciri-ciri jaringan otot pada hewan:

  1. Sel otot memiliki bentuk memanjang dengan ujung-ujung yang meruncing.
  2. Setiap sel otot memiliki satu nukleus yang terletak di pusat sel.
  3. Tidak ada pola serat yang terlihat pada jaringan otot hewan.
  4. Otot ini bekerja tanpa kesadaran dan kontrol sadar dari individu, sehingga diklasifikasikan sebagai otot involunter.
  5. Walaupun merespons dengan lambat, otot jaringan pada hewan dapat bekerja tanpa lelah dalam jangka waktu yang lama.


Jenis-jenis Jaringan Otot Pada Hewan

Jaringan Otot Polos

Otot polos merupakan jenis jaringan otot yang tersusun oleh sel-sel berbentuk kumparan dengan inti tunggal terletak di pusatnya. Karena sarkoplasma mengandung filamen-filamen yang tersusun secara acak, struktur serat tidak terlihat teratur pada otot polos ini. Ketika miofilamen mengalami penyusutan, terjadi kontraksi pada otot ini.


Kontraksi otot polos ini berlangsung tanpa disadari, dan pergerakannya dapat berlangsung secara terus-menerus. Meskipun gerakannya lambat, otot ini memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kelelahan. Jaringan otot polos dapat ditemukan pada dinding pembuluh darah, saluran pencernaan, dan saluran telur. Tidak hanya terbatas pada hewan vertebrata, jenis otot ini juga ada pada hewan invertebrata.


Jaringan Otot Lurik

Otot lurik adalah jenis jaringan otot yang tersusun dari serat-serat otot atau sel-sel otot dan memiliki beberapa inti yang terletak di sepanjang tepinya. Karena otot berstrip terikat pada rangka atau tulang, ini juga dikenal sebagai otot rangka. Miofilamen pada otot berstrip memiliki susunan teratur yang membentuk pola garis-garis gelap dan terang.


Karenanya, otot rangka juga disebut sebagai otot serat lintang (otot lurik). Serat-serat otot yang berkelompok membentuk fasikulus, yang kemudian bergabung bersama untuk membentuk otot atau jaringan otot. 


Sama seperti otot polos, kontraksi otot lurik juga terjadi di bawah kendali bawah sadar, namun berlangsung dengan cepat dan kuat. 


Jaringan Otot Jantung

Otot jantung merupakan jenis jaringan otot yang terletak di dalam jantung, di mana sel-selnya memiliki bentuk cabang yang saling berhubungan. Struktur miofilamen pada otot jantung menyerupai yang ada pada otot lurik. Masing-masing sel otot jantung memiliki satu inti yang terletak di bagian tengah.


Koneksi antar sel otot jantung dibentuk oleh struktur yang disebut keping interkalar. Seperti pada jenis otot lainnya, kontraksi otot jantung juga berlangsung tanpa disadari. Kontraksi ini terjadi secara teratur dan berirama, dengan kecepatan yang lebih lambat. 


Otot jantung memiliki periode istirahat yang cukup panjang, yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kontraksi berlebihan. Sesuai dengan namanya, otot jantung hanya terdapat dalam jantung.


Struktur Jaringan Otot pada Hewan

  1. Sarkolema yang merupakan lapisan membran yang melapisi setiap sel otot, berperan dalam melindungi sel otot.
  2. Sarkoplasma, sebuah cairan dalam sel otot yang menyediakan ruang untuk miofibril dan miofilamen, tempat utama proses kontraksi terjadi.
  3. Miofibril yang merupakan serat-serat panjang yang membentuk inti dari struktur otot, berisi serangkaian unit kontraksi yang disebut sarkomer.
  4. Miofilamen yang merupakan benang-benang halus yang terdapat di dalam miofibril, terlibat dalam proses kontraksi otot. Terdapat dua jenis miofilamen: miofilamen aktin (yang lebih tipis) dan miofilamen miosin (yang lebih tebal).


___________________________________________

Baca juga: Mamalia: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Tubuh, dan Jenis-Jenisnya


Nah, sekarang Sobat Pijar jadi tahu banyak nih mengenai jaringan otot pada hewan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!


Eits, tapi kalau belum paham juga, gimana dong? Jangan khawatir! Kamu bisa masih bisa belajar di aplikasi Pijar Belajar, lho. Ada rangkuman, video materi, mini quiz, hingga latihan soal yang dapat kamu akses di mana aja dan kapan aja!


Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang juga!




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved