pijarbelajar

Universitas

Jalur Pendaftaran Universitas Negeri Semarang

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Jalur Pendaftaran Universitas Negeri Semarang image

Setiap tahunnya, UNNES akan menerima kurang lebih 11.000 mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan tinggi lho, Sobat Pijar. Semua mahasiswa tersebut masuk melalui dua jalur, yakni Seleksi Nasional dan Seleksi Mandiri.


Untuk kamu yang ingin mencari tahu lebih dalam mengenai Jalur Pendaftaran Universitas Negeri Semarang, yuk baca artikel ini hingga selesai!


Baca juga: Yuk, Intip Biaya Kuliah Universitas Negeri Semarang!


Seleksi Nasional Universitas Negeri Semarang

Seleksi Nasional atau yang biasa disebut SNPMB adalah proses seleksi untuk menerima mahasiswa baru secara nasional. Dalam SNPMB, terdapat dua bentuk seleksi, yakni SNBP yang berfokus pada prestasi, dan SNBT yang berfokus pada ujian.


Berikut penjelasan mengenai Seleksi Nasional Universitas Negeri Semarang ya, Sobat Pijar!


SNBP

SNBP adalah seleksi yang didasarkan pada evaluasi prestasi akademik dengan mempertimbangkan nilai rapor dan catatan prestasi akademik. Penilaian menggunakan rapor dari semester satu hingga semester lima (untuk SMA/SMK/MA dengan masa studi tiga tahun) atau semester satu hingga semester tujuh (untuk SMK dengan masa studi empat tahun). 


Sekolah yang ingin mengikutkan siswanya dalam SNBP harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisi dengan lengkap dan akurat data prestasi siswa di PDSS. Calon siswa yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi ini adalah yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi yang mencolok, dan memiliki catatan prestasi akademik di PDSS. 


Nah, untuk Sobat Pijar yang ingin mendaftar melalui jalur ini kamu bisa membaca informasi yang tersedia di situs web resmi Universitas Negeri Semarang untuk memahami ketentuan penerimaan mahasiswa baru di institusi tersebut.


SNBT

SNBT adalah seleksi tes berbasis komputer yang diadakan untuk menjaring calon-calon mahasiswa baru untuk masuk di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, termasuk Universitas Negeri Semarang.


SNBT sendiri terdiri dari tiga jenis tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.


TPS terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Ini juga mencakup aspek Pengetahuan Matematika Dasar. 


Selanjutnya Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang mengukur kemampuan individu untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merenungkan berbagai jenis teks dengan tujuan pemecahan masalah dan pengembangan kapasitas. 


Terakhir, Penalaran Matematika yang menilai kemampuan individu dalam berpikir menggunakan konsep matematika, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk mengatasi tantangan sehari-hari dalam berbagai konteks yang relevan untuk warga negara Indonesia dan dunia.



Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang adalah penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Sarjana atau S1 dan juga D3 atau Diploma yang dilaksanakan secara mandiri oleh UNNES. Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang terdiri dari beberapa jalur, yakni:

  1. S1 PROGRAM STUDI STATISTIKA DAN SAINS DATA
  2. S1 PROGRAM STUDI KEDOKTERAN
  3. S1 KELAS INTERNASIONAL (SMBTKI)
  4. S1 JALUR MANDIRI REGULER
  5. JALUR SELEKSI MANDIRI UTBK
  6. JALUR SELEKSI MANDIRI RAPOR
  7. S1 JALUR PRESTASI
  8. S1 PGSD UNGGULAN
  9. S1 KELAS INTERNASIONAL


Untuk mengetahui selengkapnya mengenai pendaftaran, jadwal, hingga pelaksanaan Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang, klik tautan ini.


____________________________________


Baca juga: Daya Tampung Universitas Negeri Semarang 2023: SNBP, SNBT, dan Mandiri


Nah, itulah materi mengenai jalur pendaftaran di Universitas Negeri Semarang ya, Sobat Pijar! Semoga kamu makin mantap untuk menentukan jalur yang kamu ingin lalui untuk masuk di perguruan tinggi tersebut!


Oh iya, jika Sobat Pijar ingin mempersiapkan diri dengan berlatih soal-soal untuk SNBT ataupun Ujian Mandiri, kamu bisa mengaksesnya di Pijar Belajar, lho! Dengan berlangganan Pijar Belajar, kamu akan punya kesempatan untuk belajar sesuai dengan gaya belajarmu kapan aja dan di mana aja!


Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang dan rasakan pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved