pijarbelajar

Sejarah

Historiografi Modern - Pengertian, Ciri, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Historiografi Modern - Pengertian, Ciri, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan image

Sejak era kerajaan Hindu Budha hingga era setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia mengenal tiga jenis historiografi, yakni historiografi tradisional, kolonial dan modern. Dalam artikel kali ini, Pijar Belajar mau ajak kamu kenalan sama historiografi modern. 


Historiografi modern adalah masa penulisan sejarah yang dimulai semenjak Indonesia meraih kemerdekaannya. Historiografi nasional atau modern memiliki ciri yang berbeda dengan historiografi lainnya. Historiografi ini ditulis berdasarkan fakta dan tidak memiliki unsur-unsur mitos di dalamnya seperti historiografi tradisional.


Historiografi ini juga berbeda dari jenis historiografi kolonial yang ditulis berdasar sudut pandang Belanda. Agar kamu lebih memahami apa itu historiografi modern, di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian, ciri-ciri hingga kelebihan dan kekurangan historiografi nasional atau modern.


Baca juga: Pengertian, Ciri, dan Contoh Historiografi Kolonial


Pengertian Historiografi Modern

Historiografi modern adalah penyusunan sejarah Indonesia yang dilakukan oleh sejarawan tanah air setelah Indonesia merdeka dengan tujuan untuk membentuk karakter kebangsaan sesuai visi misi negara. Oleh karena itu, sifat dari historiografi ini Indonesia sentris yakni bangsa Indonesia sebagai pelaku utama.


Taufik Abdullah di dalam jurnalnya tahun 2016 berjudul Historiografi dalam Denyut Sejarah Bangsa menyatakan bahwa historiografi modern dirumuskan secara resmi di tahun 14-18 Desember 1957 pada pertemuan Seminar Sejarah Nasional di Universitas Gadjah Mada.


Momen Seminar Nasional Sejarah I tahun 1957 ini dijadikan sebagai momen kebangkitan penulisan sejarah Indonesia. Seminar ini dihadiri oleh sejarawan, ilmuwan, arkeolog, cendekiawan dan tenaga pendidik. 


Sudut pandang yang digunakan di dalam penyusunan historiografi modern menggunakan sudut pandang orang Indonesia, tidak melalui sudut pandang penguasa (Raja) maupun bangsa kolonial penjajah. Untuk menyusun historiografi nasional atau modern maka ditetapkan kaidah ilmiah dan metode kritis.


Peristiwa sejarah yang diceritakan di dalam historiografi modern bukan hanya tentang kehidupan tokoh besar atau para raja, namun kehidupan masyarakat secara umum. Sumber sejarah untuk menyusun historiografi modern lebih lengkap serta menerapkan berbagai disiplin ilmu atau multi dimensional.


Lantas, apa yang menjadi faktor pendorong tumbuhnya historiografi modern? Jawabannya adalah untuk mendapatkan pemahaman sejarah yang lengkap (komprehensif) dan objektif mengenai berbagai peristiwa sejarah di tanah air.


Meskipun ketiga jenis historiografi berbeda dari segi cara penyusunan dan isi, namun ketiga historiografi ini juga memiliki persamaan. Persamaan historiografi tradisional, kolonial dan modern adalah sama-sama mengisahkan kehidupan manusia dari satu masa ke masa yang lain menggunakan sudut pandang tertentu dan mempunyai tujuan yang ingin diraih.


Ciri-Ciri Historiografi Modern

Historiografi nasional dan modern adalah bentuk historiografi yang masih diterapkan hingga hari ini. Sebagai bentuk pencatatan sejarah yang berkembang setelah era kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa ciri-ciri historiografi nasional yang membedakannya dari jenis historiografi yang lain:

  • Historiografi modern menggunakan sudut pandang Indonesia sentris, yakni membahas sejarah dengan fokus utama dilihat dari kehidupan masyarakat Indonesia secara umum
  • Historiografi ini tidak hanya berfokus pada tokoh besar, pemimpin, pahlawan atau negara saja, melainkan lebih mengangkat aspek kemanusiaan
  • Penulis historiografi nasional berasal dari kalangan orang kritis atau akademisi di bidang sejarah, kepurbakalaan, kesusastraan dan bahasa
  • Sumber penulisan historiografi lebih luas dan digali dari berbagai sumber baik sumber lokal maupun sumber catatan kolonial 
  • Ketika mengangkat suatu peristiwa sejarah tidak hanya melihat dari satu sudut pandang yang sempit melainkan berusaha untuk melihatnya dari banyak sudut pandang. 
  • Sifat historiografi modern lebih objektif karena memang berusaha menjauhkan bias sudut pandang dan menggunakan lebih banyak sumber 
  • Peran bangsa Indonesia lebih ditonjolkan
  • Di berbagai contoh historiografi nasional memaparkan bagaimana dinamika masyarakat dilihat dari berbagai aspek kehidupan sehingga sejarah Indonesia yang disusun lebih kaya dari segi isi


Kelebihan dan Kekurangan Historiografi Indonesia Modern

Historiografi nasional sebagaimana bentuk historiografi lainnya memiliki kelebihan maupun kekurangan dari segi isi maupun cara penyajiannya. Agar Sobat Pijar bisa lebih memahami perbedaan historiografi nasional dan modern dibandingkan historiografi lain, berikut adalah kelebihan dan kekurangannya:


Kelebihan Historiografi Modern

Historiografi modern merupakan karya tulis yang dibuat oleh orang Indonesia asli yang mengangkat mengenai kehidupan masyarakat Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan. Historiografi ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan bentuk historiografi lainnya.

  • Sejarah ditulis secara kritis dan mengutamakan objektivitas dibandingkan subyektivitas tidak seperti historiografi kolonial
  • Pengungkapan peristiwa sejarah menggunakan pendekatan multidimensi yang melihat dari berbagai sudut pandang
  • Pandangan kosmologis dan religiomagis yang percaya akan hal-hal gaib atau mistis diubah menjadi cara pandang dari segi ilmiah
  • Beberapa contoh historiografi modern dan penjelasannya bertujuan untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia
  • Hal yang dibahas berfokus kepada dinamika berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia


Kekurangan Historiografi Modern

Meskipun para penulis baik dari kalangan sejarawan maupun sastrawan sudah berusaha menyusun buku historiografi modern secara lebih objektif, namun sebagai sebuah karya tentu masih memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • Sifat historiografi modern umumnya kurang fleksibel dalam hal penggalian dan pemaparan karena harus berpedoman berdasarkan metode ilmiah
  • Kurang dapat memaparkan peristiwa sejarah secara maksimal dari berbagai sisi
  • Beberapa historiografi modern tidak dibuat untuk meningkatkan rasa nasionalisme melainkan lebih kepada akademis
  • Ada kalanya beberapa penulis sejarah menggambarkan sosok sejarah nasional secara berlebihan atau hiperbola
  • Historiografi modern bisa dipakai oleh penguasa untuk melakukan aktivitas propaganda di tengah masyarakat


Contoh Historiografi Modern

Ada banyak contoh buku historiografi modern yang dihasilkan sejak era kemerdekaan Indonesia hingga hari ini. Buku historiografi tersebut sangat beragam dan juga menjadi bahan rujukan untuk buku pelajaran Sejarah di sekolah. Berikut daftarnya:

  • Buku karya R. Moh. Ali berjudul "Peranan Bangsa Indonesia dalam Sejarah Asia Tenggara"
  • Buku karya A.H. Nasution berjudul "Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia" jidil I sampai XI
  • Contoh karya historiografi modern oleh Sartono Kartodirdjo berjudul "Pemberontakan Petani Banten 1888" 
  • Buku editor Sartono Kartodirdjo berjudul "Sejarah Nasional Indonesia" jilid I sampai jilid VI 
  • Buku editor Sartono Kartodirdjo berjudul "Sejarah Perlawanan-Perlawanan terhadap Kolonialisme dan Imperialisme"
  • Buku karya Benedict Anderson berjudul "Revolusi Pemuda"


_________________________________________________________________________


Baca juga: Peradaban Awal Dunia: Mesopotamia, Mesir Kuno, dan Yunani Kuno


Nah, berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa historiografi modern merupakan pemaparan sejarah yang dilakukan oleh orang Indonesia sejak era proklamasi kemerdekaan dengan cara pandang Indonesia sentris. Historiografi ini dibuat berdasarkan pedoman ilmiah sehingga analisis masalah lebih kritis dan juga menerapkan berbagai bidang ilmu.


Pelajari lebih banyak seputar historiografi modern bareng Pijar Belajar, yuk! Lewat Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan konten pembelajaran terkait materi sejarah ini, lho. Nggak cuma itu aja, Pijar Belajar juga punya materi belajar terkait mata pelajaran SD, SMP, dan SMA lainnya!


Download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk merasakan kemudahan belajar kapan aja dan dimana aja sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved